Joker dari Masa Ke Masa, yang Mana Favoritmu?

Joker adalah musuh bebuyutan Bruce Wayne alias Batman. Arthur, nama asli Joker, ini memang kerap menyulitkan Batman karena kesadisan dan juga kecerdikannya. Di luar film animasinya, Joker sudah beberapa kali dilayarlebarkan. Total sudah lima kali film ini diperankan oleh para aktor yang berbeda. Yang mana favoritmu?

Joker merupakan karakter antagonis yang diciptakan oleh trio Bill Finger, Bob Kane, dan Jerry Robinson. Debutnya dimulai tahun 1940. Sebagai musuh Batman, sebenarnya ia tak punya kekuatan inhuman, tapi ia sangat cerdas sehingga sering menjadi otak kejahatan. Ia juga ahli dalam hal senjata kimia dan racun. Ia juga seorang psikopat dan sadis.

Joker suka bekerja sendirian atau bersama musuh Batman lainnya. Ia pernah bekerja sama dengan Two-Face dan Penguin. Ia juga memiliki kekasih yang sama-sama ‘gila’ bernama Harley Quinn. Latar belakang Joker berbeda-beda. Ia punya banyak kisah tentang masa lalunya yang membuatnya seperti itu.

Nah, hingga saat ini sudah ada lima pemeran Joker. Penampilan pertama Joker pada film serial Batman yang tayang pada tahun 1960. Ia diperankan Cesar Romero.

Joker versi Cesar Romero itu gila. Ia seperti orang gila yang suka berbuat iseng tanpa memedulikan akibatnya. Dalam musim pertama, Joker berbedak tebal, berambut cokelat kepirangan dan berlipstik merah. Ia mengenakan pakaian mencolok yaitu kemeja hijau, jas ungu dan dasi hijau gelap.

Versi Jack Nicholson hadir dalam film “Batman”. Film ini dirilis tahun 1989 dengan Michael Keaton sebagai sosok Batman. Joker versi Jack Nicholson memiliki penampilan seperti dalam versi komik, yaitu rambut hijau, wajah putih, dan bibir merah karena ia terjatuh dalam larutan kimia. Ia mengenakan topi, jas panjang, dengan suara yang nampak kejam dan kelihatan bengis. Warna jasnya mirip dengan versi Cesar, yaitu ungu, dengan dalaman cokelat kemerahan.

Sosok Joker versi Jack itu kejam. Ia menembak dan membunuh dengan santai tanpa ada rasa penyesalan sama sekali.

Sementara Joker versi Heath Ledger itu lebih tepat sebagai psikopat yang aneh, ia memadukan kesadisan dan humor yang kering. Penampilannya bertahan dengan versi komik, dengan rambut kehijauan, kulit wajah rusak dengan warna putih, mata panda, dan bibir merah dan tambahan warna merah pada kedua ujungnya. Joker di sini lahir dari kekerasan yang diterima sejak kecil.

Penampilan yang kocak dari Joker versi Heath Ledger yaitu ketika ia menggunakan baju suster. Bagian ini berkesan dan berhasil membuat tertawa.

Joker versi Heath juga sadis dan menganggap hal-hal yang dilakukannya, yaitu meneror warga kota Gotham adalah kesenangan belaka. Ia cerdik dan beberapa kali mampu mengecoh Batman.

Sedangkan sosok Joker ala Jared Leto memiliki rambut hijau, mata cekung, dan sangat kurus. Giginya juga nampak aneh. Versi Jared, Joker seperti orang psikopat yang gila dan sadis. Sosok Jared Leto ini menurutku dari segi penampakan yang paling mirip dengan versi di animasinya. Kurus, jangkung, dan gila, serta susah ditebak. Sayangnya kemunculannya dalam film “Suicide Squad” tahun 2016 sedikit dan kurang menggigit. Ia jadi seperti Jim Carey dalam “The Mask” dengan versi lebih sadis.

Sementara Joker versi Joaquin Phoenix dalam “Joker” tahun 2019 itu unik. Film ini mengisahkan asal usul Joker yang hidupnya pedih hingga ia menjadi seperti itu. Saat menjadi Arthur ia berpenampilan biasa. Namun, ketika ia menjadi sosok ‘Joker’ ia mengenakan kostum dan make up seperti badut dengan make up dan kostum warna-warni.

Menurutku setiap Joker itu menarik. Tapi yang paling berkesan, membuat ngeri, merasai sadisnya dan cerdiknya, sekaligus jenaka dalam versi suram adalah versi Heath Ledger.

Gambar: IMDb

~ oleh dewipuspasari pada Oktober 8, 2019.

10 Tanggapan to “Joker dari Masa Ke Masa, yang Mana Favoritmu?”

  1. Oh iya nih aku juga udah nonton film Joker, awalnya abis selesai filmnya, sempet terdiam lama loh, udahannya mikir, bagus juga sih ini fotonya, bagi yang belum nonton Batman, jadi bisa di review darisisi apapun.

  2. Btw, kenapa film Joker jadi viral ya?

  3. serem ya ini karakter

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: