Tembang-tembang Soundtrack yang Masuk Nominasi Oscar

Laura pausini

Berbicara tentang Oscar yang akan dihelat pada 25 April waktu Amrik pastinya tidak bisa dipisahkan dengan membahas soundtrack film alias best music (original song). Ada lima tembang yang masuk dalam nominasi kategori ini. Kira-kira mana yang unggul?

Kelima nominasi best original song itu adalah “Io si (Seen)” – Laura Pausini dan Diana Warren (“Life a Head”), “Hear My Voice” – Celeste, Daniel Pemberton (“The Trial of the Chicago 7”), “Husavik (My Hometown)” – Savan Kotecha, Rickard Göransson, Fat Max Gsus (“Eurovision”), “Fight for You” – H.E.R., Tiara Thomas, D’Mile (“Judas and The Black Messiah”), dan “Speak Now” – Leslie Odom Jr., Sam Ashworth (“One Night in Miami”).

Yuk bahas satu-persatu.

“Io si (Seen)” – Laura Pausini dan Diana Warren
Tembang ini hadir dalam film “The Life A head”). Lagunya emosional, dari lirik dan penjiwaan penyanyinya. Suara Laura sendiri tak perlu disangsikan. Ia merdu dan powerful.

Laura Pausini sendiri dikenal kerap membawakan lagu soundtrack. Lagunya yang beken adalah “It’s Not Goodbye” dan “One More Time”.

Tembang “Io Si” salah satu kandidat kuat pemenang Oscar. Memang lagunya tak sebagus dan seramah di telinga ala “One More Time”. Namun liriknya kuat, membahas tentang keberagaman dan anti diskiriminasi. Lagu ini juga telah meraih best original song di ajang Golden Globe 2021. Laura membawakannya dalam beberapa bahasa, Inggris, Prancis, Italia, dan Portugis.

Those who love each other know
Charm and reality are useful
Sometimes what the life ahead gives
Is enough


Husavik (My Hometown)” – Savan Kotecha, Rickard Göransson, Fat Max Gsus
Lagu ini muncul dalam momen penting dalam film “Eurovision Song Contest: The Story of Fire Saga”). Lagu ini tampil di atas panggung dibawakan Sigrid yang diperankan Rachel McAdams, namun suara aslinya adalah Molly Sanden.

Ia megah dan indah bak lagu-lagu dalam sebuah kontes. Yang menarik dalam lagu ini adalah penggunaan bahasa Islandia di satu baitnya. Husavic sendiri adalah nama kota di Islandia. Ia juga memiliki peluang pemenang kategori ini, video musiknya paling banyak ditonton.

Vera með þér, með þér
Í Húsavík við Skjálfanda
Í heimabærinn minn

Speak Now” – Leslie Odom Jr., Sam Ashworth (“One Night in Miami”)
Lagu ini adem dibawakan Leslie Odom. Ia masuk sebagai tembang OST. “One Night in Miami”. Suara Leslie lembut, nyaman didengar.

Lagu ini selaras dengan tema dalam filmnya yaitu mulai bergeraknya kulit hitam di Amrik pada tahun 60-an. Mulailah berani untuk mengungkapkan pendapat.

Listen
Brothers and sisters
Listen, listen, listen
I swear we’ll never find a way to where we’re going, all alone
Don’t take your eyes off the road

Can you hear the bells ring out?
Speak now

Fight for You” – H.E.R., Tiara Thomas, D’Mile (“Judas and The Black Messiah”)
H.E.R sedang naik daun. Gaya bernyanyinya menarik, nampak santai. Ada soul dari cara bernyanyinya. Lagu ini pesannya agak mirip dengan “Speak Now” dan “Hear My Voice” karena tema filmnya juga menurutku mirip-mirip.

Freedom for my brothers
Freedom ’cause they judge us
Freedom from the others


Hear My Voice” – Celeste, Daniel Pemberton
Tembang soundtrack dalam film “The Trial of the Chicago 7” ini paling sedikit ditonton. Padahal suara Celeste itu unik sekali.

Lagu ini juga pas dengan tema film tentang persidangan karena demo berakhir kerusuhan dan juga diskriminasi terhadap salah satu terdakwa berkulit hitam yang tak punya pengacara.

Hear my voice
Hear my dreams
Let us make a world
In which we believe

Lagu yang paling kusuka adalah “Io si” disusul “Speak Now” dan “Husavic”. Tapi siapa tahu ada kejutan besok.

~ oleh dewipuspasari pada April 25, 2021.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: