Baca Berita dan Forum Tanya Jawab dalam Satu Aplikasi Bernama IDN App

Menulis dan membaca

Baca berita itu penting untuk tahu situasi kondisi terkini juga untuk tambah wawasan. Ikut forum tanya jawab juga seru karena ikut menjawab pertanyaan itu berlatih untuk melatih argumentasi dan berani menyampaikan pendapat. Aku sendiri suka aktivitas tersebut kedua-duanya, baca berita dan ikutan forum tanya jawab. Karenanya aku coba-coba gunakan IDN App.

IDN app merupakan aplikasi baca berita plus. Aplikasi ini kucek diperbarui terakhir pada 2 Mei 2021. Bagi kalian yang suka membaca berita IDN Times mungkin tak asing dengan aplikasi ini. Ya, IDN app adalah aplikasi dari IDN Times, sebuah situs tentang berita dan artikel yang menyasar kalangan muda, generasi Z dan kaum milenial.

Melalui aplikasi ini, pengguna bisa membaca berita terbaru. Topik untuk beritanya bisa dipilih, apakah berita Indonesia (‘News Indonesia’), atau juga berita/artikel lainya seperti ‘Tech-Gadget’, ‘Life-Women”, dan ‘Travel-Destination’. Juga ada berita politik, berita olah raga, dan sebagainya.

Bisa pilih topik

Dari pengalamanku menggunakan aplikasi baca berita ini pemilihan judulnya rata-rata lugas dan tak terlalu berlebihan (click bait). Beritanya juga langsung tampil secara keseluruhan bila diklik, tidak perlu klik-klik berikutnya melulu. Sehingga pengalaman membacanya lebih enak dan lebih nyaman.

Memang masih ada iklan di halaman beritanya. Tapi ukurannya kecil dan penempatannya tidak mengganggu proses baca.

Pengalaman dan kenyamanan membaca ini penting karena ketika berita ditampilkan hanya ditampilkan secuil-cuil atau terlalu banyak iklan di sana sini yang susah dihilangkan itu membuat pembaca malas untuk melanjutkan proses membaca. Yang terjadi malah kesal. Ingin baca untuk dapat informasi tapi malah dipersulit.

Tampilan IDN Times ini juga nyaman dan minimalis. Warna dominannya putih, sederhana tapi nyaman di mata.

IDN app

Tampilan IDN app (sumber: IDN app)


Beritanya ada pilihan terbaru dan yang sedang populer (trending). Berita yang penting di aplikasi ini bisa disebarkan di medsos. Bahasa tulisannya juga relatif aman dan bebas SARA karena sudah ada tim editorial untuk melakukan kurasi berita dan artikel terlebih dahulu, sebelum naik tayang di aplikasi tersebut.

Omong-omong aku tertarik dengan forum tanya jawabnya. Di sini pengguna bisa ikut bertanya apa saja dan membantu menjawab pertanyaan tersebut. Memang sih rata-rata pertanyaannya lebih cocok untuk generasi Z. Tapi tidak apa-apalah ikut bantu menjawabnya.

Di IDN app ini pengguna juga bisa ikut menulis artikel, topiknya bisa dipilih apalah olah raga, travel, dan sebagainya. Nantinya setiap artikel akan dikurasi terlebih dahulu. Yang dimuat bisa dapat poin yang nantinya poinnya bisa ditukar. Ada panduan buat penulis jika serius tertarik ikut menulis di sini.

Bisa dapat poin
Namanya aplikasi yang relatif masih anyar, wajar sih menurutku bila masih belum sempurna. Buat catatan perbaikan ke depannya, beberapa kali kutemui masih ada iklan yang bahasanya vulgar. Juga ada promo produk yang meresahkan memanfaatkan fitur tanya jawab. Judul-judul artikel yang ‘mengundang’ juga masih ada, mungkin bisa dikategorikan artikel dewasa, biar lebih nyaman, tidak langsung muncul di halaman depan. 

Ya secara umum IDN App sudah cukup bagus. Aplikasi baca berita ini pastinya disukai kaum milenial dan generasi Z karena topiknya rata-rata muda dan bersifat kekinian. Topik seputar idola dan film Korea juga sangat banyak di mana saat ini begitu banyak penggemar drama Korea baik remaja maupun kalangan dewasa, pria maupun wanita. 

Yuk baca berita biar tetap tahu situasi dan kondisi terkini dan tambah wawasan. 

Gambar cover dari Pixabay

~ oleh dewipuspasari pada Mei 8, 2021.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: