Dark Comedy Penanganan Bencana dalam “Don’t Look Up”

Don't Look Up

Bagaimana bila kau dan rekanmu mengetahui bencana besar akan datang, namun pemerintah negaramu menganggapnya itu bukan sesuatu yang serius? Dark comedy tentang sebuah bencana yang bakal terjadi dan sikap masyarakat di sekeliling disampaikan dalam film berjudul “Don’t Look Up”.

Dalam film yang tayang di Netflix tersebut dikisahkan Kate Dibiasky (Jennifer Lawrence) memberitahu supervisornya, Dr. Randall Mindy (Leonardo diCaprio) bahwa ada komet berukuran besar yang akan jatuh ke bumi. Bila ia bertumbukan dengan bumi maka dipastikan akan terjadi bencana besar dj bumi. Kemungkinan manusia hidup dan makhluk hidup lainnya juga tipis.

Randall dan Kate ditemani perwakilan NASA, Dr. Teddy Oglethorpe (Rob Morgan)
mencoba menyampaikan penemuannya ke Presiden (Meryl Streep) dan kepala stafnya, Jason Orlean (Jonah Hill). Namun tanggapannya datar, bahkan keduanya diancam apabila menyebarkan kabar tersebut ke masyarakat luas.

Namun Kate dan Randall mendapat dukungan dari kolega sesama akademisi. Mereka pun kemudian hadir di sebuah talkshow dan menyampaikan penemuannya.
Reaksi masyarakat pun beragam terhadap kabar tersebut. Lantas apa yang kemudian dilakukan pemerintah?

Don't Look Up


Sebuah Satir yang Menarik
Premis cerita film yang dibesut Adam McKay ini menarik seolah-olah memberikan sindiran terhadap sebuah bencana dan sikap pemerintah dalam menanganinya. Dan hal ini memang terjadi di beberapa negara, di situasi bencana dan kekisruhan lainnya.


Sikap pemerintah di sini, di mana presiden dan stafnya yang diperankan oleh Meryl Streel Jonah Hill, berhasil membuat penonton merasa jengah dan kesal. Apalagi mereka melakukan perayaan seolah-olah agar masyarakat lupa dengan bencana yang akan terjadi alias sebuah pengalihan isu.

Belum lagi adanya sosok tiran, sosok kaya raya yang mampu mempengaruhi putusan orang nomor satu di Amerika di detik-detik terakhir. Ini seperti sebuah sindiran sekaligus parodi.


Jennifer Lawrence telah kembali. Sepertinya ia sudah lama vakum setelah filmnya, “Red Sparrow”, kurang berhasil di pasaran. Ia menjadi sosok ilmuwan yang eksentrik. Ia tampil kompak bersama Leonardo yang di sini menjadi atasannya, ilmuwan yang kurang percaya diri.


Ada kemunculan Timothee Calamet yang sayangnya di sini perannya kurang signifikan. Ia menjadi sosok pemuda yang mendukung upaya Kate. Lalu juga ada si Hellboy alias Ron Perlman yang menjadi sosok patriotis, pengemban misi penanganan komet. Juga ada penampilan Ariana Grande, Mark Rylance, Himesh Patel, dan Cate Blanchett.

Don't Look Up
Penutup kisah film ini menarik. Kontras dengan film-film bencana pada umumnya. Visualisasi dan CGI komet, proses penanggulangan, dan bencana yang diakibatkannya cukup rapi.


Sebuah cerita yang menarik tentang dark comedy sebuah penanganan bencana.

Omong-omong setelah menyaksikan film ini aku jadi ingat kabar meteor besar yang dulu pernah disebut-sebut akan datang ke bumi. Apakah berita ini benar atau hoaks? Jika benar, maka sebaiknya kita dan pemerintah juga bersiap-siap, demikian juga dengan peringatan adanya gempa besar, semoga pemerintah serius menanganinya.

Gambar dari Netflix

~ oleh dewipuspasari pada Januari 27, 2022.

2 Tanggapan to “Dark Comedy Penanganan Bencana dalam “Don’t Look Up””

  1. Nggak ada habisnya kalau bahas film ini. Jangankan mitigasi bencana komet, gempa saja masih panik rebutan turun di tangga darurat😅

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: