Peluang Menjadi Penulis Skenario

Losmen bu broto

Jika kita perhatikan nama-nama penulis skenario film Indonesia, maka namanya itu-itu saja. Ada Titien Wattimena yang rajin menerima penghargaan. Lalu ada juga pasutri Gina S. Noer dan Salman Aristo, Jeihan Angga, Budiyati Abiyoga, Nia Dinata, Joko Anwar, Robert Ronny, dan Alim Sudio. Lalu tak sedikit sutradara yang juga merangkap penulis naskah. Jumlah penulis naskah di Indonesia memang relatif masih terbatas.

Dengan jumlah film Indonesia yang tayang di bioskop mencapai 100 judul per film, belum lagi film yang tayang di platform OTT dan film jenis serial, baik sinetron di TV maupun serial di platform OTT dan webseries, maka bisa dibayangkan betapa besar peluang profesi ini, menjadi penulis naskah alias penulis skenario.

Tak heran bila belakangan ini bermunculan kelas-kelas penulisan skenario, misalnya kelas skenario yang diadakan oleh Ernest Prakasa dan kelas penulisan skenario oleh Indonesia Sinema Persada.

Minimnya penulis skenario di Indonesia menyebabkan timpangnya kualitas film. Ada beberapa film yang ceritanya bagus, namun tak sedikit yang ceritanya tipikal dan terkesan asal-asalan. Jumlah penulis skenario yang terbatas juga menghasilkan tak banyaknya naskah original, kebanyakan naskah adaptasi dari novel populer.

Aku sendiri juga tertarik menjadi penulis naskah. Ada tiga kelas yang pernah kuikuti, namun memang praktik itu adalah ilmu yang paling penting. Rata-rata yang diajarkan di dalam kelas tersebut adalah brainstroming tentang pembuatan premis, penyusunan sinopsis dan perancangan karakter. Inilah landasan dasarnya, baru kemudian dikembangkan menjadi kumpulan dialog dan tindakan dalam tiap adegan.

Arisan
Jika dulu kita pernah belajar membuat naskah drama jaman SMP atau SMA, maka sebenarnya mirip-mirip dengan itu. Hanya ada istilah-istilah teknisnya.

Aku sendiri juga masih belajar bagaimana membuat premis dan sinopsis yang baik. Rupanya tak mudah. Perlu banyak latihan agar menarik dan runtutan ceritanya logis.
Kawan-kawan juga bisa belajar menjadi penulis skenario.

Peluangnya saat ini terbuka lebar dengan makin banyaknya platform OTT dan webseries. Bahkan sepertinya saat ini siapapun bisa membuat film. Kalian juga bisa membuat skenario dalam hal yang sederhana misalnya membuat video pendek di reel IG atau video di akun YouTube kalian.

Sumber gambar: Paragon Pictures, Kalyana Shira Films

~ oleh dewipuspasari pada Maret 2, 2022.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: