Animasi “Serangan Kadet 1947” yang Juga Patut Diapresiasi

Serangan kadet 1947

Satu lagi animasi tentang perjuangan Indonesia mempertahankan kemerdekaan yang patut diapresiasi. Animasi tersebut berjudul “Serangan Kadet 1947”.

Aku terlambat mengetahui animasi ini. Baru belakangan ini ketika asyik mengeksplorasi animasi Indonesia, aku menemukan animasi ini. Apabila kalian sudah menyaksikan film “Kadet 1947” yang tayang di bioskop tahun lalu, maka film ini akan melengkapi ceritanya.

Film “Kadet 1947” sudah kutonton. Ulasannya bisa dibaca di sini. Menurutku film ini kurang promosi padahal filmnya sungguh bagus dan sarat akan sejarah karena sebagian besar ceritanya berdasarkan kisah nyata.

Demikian pula dengan animasi berdurasi 15 menitan ini. Ceritanya juga berlatar ketika Belanda dan sekutu melanggar perjanjian Linggarjati. Mereka menghancurkan pesawat yang dimiliki Indonesia, sehingga tinggal menyisakan tiga pesawat yang kurang layak terbang.

Serangan kadet 1947
Para kadet kemudian meminta ijin untuk melakukan serangan untuk membuktikan Indonesia masih ada. Mereka tidak dilarang namun juga tidak diijinkan secara resmi. Lalu mulailah mereka melakukan strategi dan aksi mereka yang terbilang nekat.

Animasi yang diproduksi oleh SSR Jakarta, Ametis Institute, dan Kampoong Monster Creative Labz ini mungkin relatif masih kaku. Namun, gambarnya sudah cukup bagus dan khas, tidak meniru anime ataupun coretan khas Hollywood dan Eropa.

Ada beberapa tokoh fiktif yang ditambahkan di sini. Juga ada catatan sejarah untuk menambah pengetahuan. Ceritanya sendiri sejalan dengan kisah dalam “Kadet 1947” dengan tambahan kisah tentang serangan balasan dari Belanda yang membuat kita kehilangan sosok perwira angkatan udara yang pemberani.

Film animasi ini ceritanya dibuat dan dibesut oleh Alfi Zachkyelle. Kalian perlu menyaksikannya karena film ini seharusnya perlu banyak publisitas karena ceritanya yang menambah wawasan sejarah.

 

Gambar dari Kampung Monster Creative dan bloganimasub

~ oleh dewipuspasari pada Maret 20, 2022.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: