Ada Peluang Baru Bagi Content Creator di IDN Live, Jadi Streamer dan Raih Penghasilan

Satu dekade lalu mungkin profesi sebagai content creator tak umum, bahkan tak dilirik. Orang tua juga mungkin bingung jika anaknya memilih menjadi content creator. Berbeda dengan masa kini di mana profesi content creator menjanjikan, baik sebagai pekerjaan sampingan maupun sebagai pekerjaan utama. Kini siapapun bisa jadi content creator asal punya konten yang menarik dan kreatif. Nah bagi yang ingin menjajal jadi content creator kalian bisa coba nih menjadi streamer di IDN Live.

Apa sih content creator? Seperti namanya content creator adalah penghasil konten yang bisa diakses oleh netizen melalui akses internet. Konten di sini bisa berupa teks, gambar, audio, dan video.

Dulu content creator identik dengan blogger, yang menghasilkan konten berupa artikel, ulas berbagai hal, juga cerita fiksi. Namun seiring perkembangan jaman, jenis konten makin beragam. Melalui beragam platform media sosial, kalian bisa membagikan konten berupa gambar seperti foto, gambar buatan kalian atau ilustrasi, infografik, dan komik; audio seperti lagu dan podcast; dan video.

Oleh karena akses internet makin cepat dan merata, maka kebutuhan konten semakin meningkat. Tak heran bila kini kebutuhan akan profesi content creator makin meningkat, baik sebagai blogger maupun sebagai penghasil konten di platform media sosial lainnya. Tak sedikit yang berhasil dan mendapatkan pundi-pundi yang lumayan dari profesi mereka sebagai content creator baik berupa pendapatan dari iklan, jumlah penonton/pembaca, maupun dari jasa endorsement.

Berkenalan dengan Streamer
Di antara content creator tersebut ada yang disebut sebagai streamer. Profesi ini meningkat dengan munculnya kebiasaan kalangan milenial dan gen Z untuk live streaming, baik streaming lagu, podcast, film, webinar, maupun menyaksikan tayangan live lainnya.

Streamer sendiri adalah sebutan bagi mereka yang merekam dirinya ketika melakukan aktivitas live. Awalnya streamer lebih merujuk ke aktivitas game. Tapi kini aktivitas streamer meluas. Aktivitas live di sini bisa berupa saat kalian sedang bernyanyi, memasak, membagikan tips, melakukan hobi, dan lainnya.

Seperti content creator lainnya, menjadi streamer bisa mendapatkan manfaat. Selain melatih kepercayaan diri dan mengasah otak untuk terus kreatif, menjadi streamer bisa mendatangkan pundi-pundi uang.

Namun tentunya perlu wadah untuk menjadi streamer. Kalian bisa melirik IDN App untuk mencoba peluang menjadi streamer. Di aplikasi IDN ini kini ada fitur IDN Live di mana kalian bisa menyaksikan konten para streamer atau malah kalian yang menjadi streamer dengan adanya program Streamer Fund 50 M.

Steamer fund 50M adalah program pendanaan sebesar Rp50 Miliar sebagai reward bagi para streamer IDN Live atas dedikasinya dalam membuat konten streaming yang menarik.

Caranya mudah, kalian tinggal unduh aplikasi IDN App. Lalu kemudian daftar sebagai anggota di aplikasi tersebut. Selanjutnya kalian tinggal mendaftar sebagai streamer.

Namun ada syarat untuk mendaftar sebagai streamer yang perlu kalian penuhi terlebih dahulu. Yang pertama usia di atas 18 tahun, memiliki minimal 100 follower di IDN Apps, konsisten melakukan streaming setiap hari di IDN Live, menyebarkan konten yang positif, kreatif dan unik, juga tentunya taat terhadap ketentuan komunitas IDN Live.

IDN live

Selain berpotensi mendapatkan penghasilan dari jumlah viewer, waktu streaming, dan engagement, kalian juga akan mendapat training dari para mentor dan media coverage,  juga berkesempatan mendapatkan sponsor dari brand dan menggunakan studio profesional milik IDN Media.

Review Fitur IDN Live di IDN App:
Aku sudah mencoba menyaksikan aksi streamer di IDN Live. Menurutku fitur baru di IDN App ini cocok bagi mereka yang suka nonton aktivitas para streamer atau ingin jadi streamer. Saat ini baru ada kategori e-sport dan hiburan, tapi ke depan bisa jadi kategorinya bertambah.

Saat ini jumlah streamer masih terbatas karena fitur ini masih baru. Alhasil ini jadi peluang besar bagi kalian sebagai streamer. Oleh karena platform ini mempertemukan streamer dan komunitasnya maka konten kalian akan lebih mudah dicari dan ditemukan. 

Di sini para netizen juga bisa berinteraksi dengan para streamer. Sehingga kalian bisa ngobrol dan mengomentari streamer favorit kalian.  Bagi para streamer hal ini akan menguntungkan karena hubungan kalian dengan penonton kalian akan lebih erat. Kalian bisa tahu mana konten yang disukai penonton kalian sehingga kalian bisa meningkatkan kualitas diri.

IDN live

Gambar dari playstore, IG IDN Live, dan tangkapan layar IDN Live

~ oleh dewipuspasari pada Mei 10, 2022.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: