Buku Antologi

Proyek buku antologi

Hari ini dan kemarin ada yang bikin hepi. Satu-persatu proyek buku antologi jadi. Kemarin ada enam buku dan empat hari ini. Jadinya sudah lebih dari 30 buku antologi tahun ini kuikuti dan telah jadi.

Jika tahun lalu aku bikin tiga buku buku solo, tahun ini rasanya ingin mengaso. Tetap ingin punya buku juga tapi yang tak keluar banyak tenaga. Ikut proyek buku antologilah solusinya. 

Jika biasanya di proyek buku solo atau buku yang dikomandani aku melakukan banyak hal, dari cari pembuat desain cover, mengedit tulisan, menyusun layout dan mencari penerbitnya, maka ikut antologi aku tinggal duduk anteng. Tinggal setor tulisan lalu kirim uang untuk beli bukunya. Tak lama buku pun datang. Lebih mudah dan tak keluar banyak tenaga. 

Targetku tahun ini sebenarnya ikut 20 antologi. Eh ternyata malah lebih. Mungkin bisa sampai 5p buku, entahlah. Kita lihat saja nanti. Harapannya sebagian besar ber-ISBN karena mulai tahun ini Perpusnas makin ketat merilis ISBN. 

Teman-teman juga bisa punya buku dengan ikut proyek buku antologi. Di instagram ada banyak yang menawarkan kerja sama bikin buku keroyokan. Tinggal ikuti temanya dan panduannya. Jadi deh. 

~ oleh dewipuspasari pada Juli 3, 2022.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: