Tentang Sate

Buku sate

Malam ini aku membaca buku tentang aneka sate. Sebuah buku yang menarik dari Tempo Publishing. Judulnya adalah Sebaran Sate yang Populer di Bumi Nusantara. Kalian bisa membacanya cuma-cuma di perpustakaan digital seperti iJakarta.

Buku ini agak tipis hanya sekitar 100 halaman. Kalian bisa membacanya dalam waktu satu jaman. Isinya adalah aneka jenis sate yang populer di Indonesia.

Sebenarnya dari mana asalnya sate? Apalah ia kuliner asli Indonesia? Ataukah dari China atau dari Arab? Tak sedikit yang menduga sate merupakan bentuk lain dari kebab tapi kemudian mengalami perkembangan, disesuaikan dengan budaya lokal dan kuliner khas daerah tersebut.

Bisa jadi iya. Sepertinya perlu riset tentang sate tersendiri dan ini bisa jadi kajian yang menarik karena sate nusantara beragam. Tiap daerah umumnya punya jenis sate tersendiri.

Yang paling umum adalah sate ayam yang berasal dari Madura. Sate ini disantap dengan bumbu kacang yang nikmat.

Tapi di Jawa Timur yang populer tak hanya sate Madura. Ada juga sate Ponorogo dengan bumbu dan teknik memasak yang sedikit berbeda, dengan sayatan dan daging ayam yang dibacem dulu. Lalu ada sate komoh dengan bumbu merah yang disebut dari Banyuwangi. Sate ini juga bisa ditemui di Malang.

Lalu masih ada sate kelapa di Surabaya yang gurih sedapsedap. Di Gresik ada sate blekok. Dan jangan lupa di Surabaya dan Madura juga ada sate laler dengan daging ayam yang kecil-kecil. Di Malang, Pasuruan, dan Surabaya juga ada sate kerang untuk menemani santap kupang. Wah aneka ragam ya.

Di Jakarta ada sate lembut dari daging sapi cincang. Sate ini makin jarang dijumpai. Di Purwakarta ada sate maranggi. Kemudian ada sate kalong dengan daging kerbau tipis dari Cirebon.

Masih banyak jenis sate lainnya. Ada sate ambal, sate padang, sate loso, sate tegal, sate pesut, sate klathak, sate lilit, sate bulayak, sate rembiga, sate tulang, dan sate ampet. Dari luar nusantara juta ada sate Afrika yang juga populer, yakitori, dan sate Taichan

Omong-omong kalian sudah coba yang mana saja?

Gambar dari iJakarta

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Januari 7, 2023.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: