The Red Suitcase, Film Pendek tentang Nikah Paksa

Red suitcase

Seorang gadis remaja 16 tahun dari Iran nampak ketakutan. Perangainya yang gugup membuat petugas bandara mencurigainya dan memeriksa isi koper merahnya. Ia nampak makin gugup ketika melihat ke pintu ke luar. Itulah awal kisah dari film pendek The Red Suitcase (La Valise Rough) yang masuk dalam nominasi Oscar untuk kategori film pendek.

Selama 18 menit penonton diajak ikut tegang dan was-was. Sebenarnya apa yang ditakutkan gadis tersebut?

Rupanya ada seorang pria tua di luar membawa buket bunga. Ia dibeli dari keluarganya untuk menikah dengan pria tua itu di Luxembourg. Ia tak ingin dan berupaya melarikan diri, bagaimana caranya?

Film ini mengangkat tema yang biasa hadir di sekitar kita dan masih ada di berbagai belahan dunia. Tentang nikah paksa, pernikahan dini, dan hal-hal yang memboikot perempuan. Jika melihat pernyataan sutradara, Cyrus Neshvad, ia ingin mendukung sikap perempuan Iran yang sedang berjuang menuntut haknya.

The red suitcase
Film ini dibintangi Nawelle Evad, Sarkaw Gorani, Céline Camara, Denis Jousselin, Anne Klein, dan Jérôme Funk. Film ini mendapat berbagai penghargaan. Di antaranya San Diego International Film Festival 2022 dan New York Shorts International Film Festival 2022.

Skor: 7/10
Gambar dari Award Daily dan IMDb

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Februari 17, 2023.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: