Musik Streaming: Cara Baru Menikmati Musik

musik itunes

Meski sudah memasang iTunes sekian tahun, baru hari ini saya iseng-iseng mengklik pilihan radio. Dan, saya terperanjat, ada sekian puluhan kanal radio yang melayani streaming. Dan, ketika saya memilih alternative rock ada 390 kanal. Temannya juga tidak mau, yakni 406 untuk classic rock, dan 234 untuk hard rock. Wow saya bakal tidak bosan untuk membaca jurnal dan artikel ilmiah karena musik  pengiringnya tidak main-main. Ada 311, Chinesse Man, Blur, Smashing Pumpkins, Three Days Grace, All American Reject, dan band-band pengusung musik cadas lainnya.

Musik rock bagi saya nomor satu, di atas musik new age atau musik klasik yang juga saya sukai. Musik ini bisa merangkum semua emosi, gembira, kemarahan, rasa penasaran, jatuh cinta, atau juga sekedar dorongan untuk berteriak-teriak. Komplit.

Dan hari ini yang saya awali dengan tidak baik, yakni dengan asap rokok yang terus-menerus menerpa indera penciuman selama naik angkutan umum, membuat saya merasa tidak mood seharian. Namun, setelah mendengar musik “Do You Think I’m Sexy” dari the Revolting Cocks irama tubuh saya mulai menyala. Lagu ini agak mirip dengan nuansa yang dibawakan Nine Inch Nail, rock industrial dengan kesan seksi. Vokalisnya tidak berteriak-teriak, melainkan menggunakan suara beratnya untuk bercerita. Irama pengiringnya lah yang menunjukkan musik ini masih masuk dalam rock alternatif. Tidak begitu buruk lagunya, masih mampu menarik perhatian saya. Musik berikutnya, juga berasal dari band yang asing di telinga saya, Stabbing Westward, dengan lagunya bertajuk “What do I Have to Do”. Masih mengusung musik  elektronika ala-ala Smashing Pumkins, musik ini kontan membuat saya jatuh hati. Sepertinya saya harus mencari musik ini untuk mengisi ipod mini saya. Band IKE dengan Welcome Home memberi angin segar untuk lagu-lagu rock yang lebih bergaya anak muda. Rasanya energi saya muncul setelah mendengar lagu-lagu ini, terbukti saya lancar menulis artikel ini dalam waktu tak kurang dari 10 menit.

Dengan adanya ratusan kanal ini terus terang membuat saya bingung. Ada  A1IndieRadio, A2RRock, Absolute Rockz, AceRadio-90s Alternative, Acoustic Alternative, Death.FM, Demonic Night Club, Dark Cloud Radio, Classic Rock Lounge, CKCK, dan masih banyak lagi. Akhirnya, saya pilih strategi mudah. Apabila radio tersebut memutar lagu yang menurut saya  kurang oke, langsung saya pindahkan ke radio lainnya. Dan yang paling menyenangkan di sini, rata-rata radionya tidak memasang jeda alias tidak ada iklan. Wow….telinga saya benar-benar dimanjakan.

Sensasi bermusik ini berbeda dengan yang ditawarkan oleh youtube.com. Di youtube, tawaran utamanya adalah video, sehingga lebih cocok digunakan apabila kita berniat untuk full time mendengarkan musik plus menonton video klipnya. Sedangkan di radio streaming yang disediakan iTunes kita bisa bekerja, makan siang, membaca, sambil ditemani musik-musikyang jumlahnya tak terhitung banyaknya.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 22, 2013.

2 Tanggapan to “Musik Streaming: Cara Baru Menikmati Musik”

  1. cara asyik untuk dengerin musik asyik yaaa :D…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: