Ost X Files Movie: Soundtrack yang Digarap Maksimal

x files (2)

Salah satu alasan kenapa saya sangat menyukai film X-Files adalah opening dan closing theme-nya yang super keren. Musik yang dingin dan menggiring penonton ke dunia yang muram nan sunyi. Dan dua jempol kembali saya berikan ke musik-musik yang terbalut dalam soundtrack film layar lebarnya, terutama film X-Files pertamanya, Fight The Future.

Soundtrack film Fight The Future memang top mulai dari More Than This-nya The Cure, Black-nya Sarah Mclahlan, dan Hunter-nya Bjork. Fuih keren!

Theme song di serial teve yang keren juga masuk dalam album soundtrack tersebut. Musik yang dibidani oleh Mark Snow ini dikemas ulang oleh The Dust Brother lebih panjang daripada yang biasa kita dengar waktu jadi pembuka film versi televisi. Jika Anda biasa berimajinasi, Anda akan seolah tersedot waktu menuju dunia ciptaan Chris Carter, menjadi tahanan makhluk berwarna hijau atau berada di kutub utara sendiri, atau bisa jadi saksi mata sebuah ritual aneh. Hiihhh seram.

Total ada 14 lagu dalam album ini. Musisi yang mengisi album ini banyak di antaranya musisi terkenal. Sebut saja Foo Fighters, Sarah McLachlan, Bjork, The Cure, Noel Gallagher, The Cardigans, dan Sting. Tujuh musisi lainnya yakni Better Than Ezra, The Dust Brother, Tonic, Ween, Filter, Soul Coughing, dan X.

Dari 14 lagu tersebut sebenarnya hanya lagu dari X bertajuk  Crystal Ship yang muncul di film, dua lagu lainnya milik Foo Fighters “Walking After You” dan Teotihuacan karya Noel G ada di penghujung film.

Tapi lagu yang paling populer dan yang mengenalkan film ini ke calon penonton adalah Walking After You-nya The Foo Fighters. Meski video klipnya payah, musiknya layak diacungi jempol. Musik yang lembut, jauh dari hingar bingar ala Foo Fighters. Dan menurut saya ini lagu terbaik Foo Fighters selain “Hero”. Lagu dengan lirik romantis tanpa berkesan murahan.
if you’d accept surrender
I’ll give up some more
weren’t you adored
I cannot be without you
matter of fact
I’m on your back

Lagu ini cocok menjelaskan hubungan Mulder dan Scully, apakah mereka benar saling menyukai? Sekedar selingan, saya masih ingat ketika kali pertama Scully bertemu Mulder. Scully dengan dandanan yang masih culun begitu bernafsu untuk mematahkan segala teori Mulder tentang kejadian aneh dan segala kejadian terkait dengan alien. Lambat naun Scully akhirnya mengagumi Mulder dan beberapa kali nampak cemburu jika Mulder dekat dengan agen FBI wanita lainnya. Mulder sendiri terlihat biasa-biasa saja terhadap Scully, hanya ia sangat perhatian terhadap keselamatan patnernya tersebut.

the cureLagu berikutnya yang menarik perhatian saya  adalah More Than This-nya The Cure. Durasinya cukup lama, yaitu 5:10′. Pendengar seolah bertemu dengan sebuah pesawat luar angkasa lalu diajak menuju ke sebuah tempat yang damai dan kemudian menonton aksi band ini (jadinya band angkasa luar dong hehehe). Lagu ini mengajak pendengar untuk membuka hati dan pikiran akan sebuah hal-hal yang tidak umum.
“make believe in magic
make believe in dreams
make beliee impossible
nothing as it seems
never really understand what anything means”

Nah, berikutnya silakan mencicipi musik “One More Mulder”-nya Better than Ezra. Band beraliran alternatif ini memang namanya kurang terdengar di Indonesia tapi musik-musik mereka menarik disimak. Suara vokalisnya yang mirip band alternatif ala Inggris dan bentotan basnya yang khas membuat lagu ini tidak mudah dilupakan. Bagian 2/3 dari lagu merupakan bagian terbaik dari lagu ini, mengajak pendengar menyelami misteri pembunuhan di sebuah kota.

sarah

Jika suka dengan musisi dan pencipta lagu Sarah Mclachlan, cobalah mendengarkan “Black”. Versi kaset/cd dan versi yang beredar di youtube agak berbeda, versi youtube lebih kelam dan lebih saya sukai. Musik tiupnya aneh, begitu pula dengan gaya bernyanyi Sarah yang seolah-olah mengandung misteri. Musik ala youtube ini lebih kaya dengan musik tiup dan musik gesek yang membuat nuansa misterinya lebih terasa.

Musik terakhir yang menarik dalam album ini yakni musiknya Bjork dalam Hunter. Video klipnya benar-benar juara, keren. Dan musiknya…saya baru kenal Bjork dalam lagu ini dan saya terpana dengan lagunya yang tiada duanya, aneh…aneh banget  dan tidak biasa. Saya merasa agak sesak nafas ketika mendengar lagunya seolah dikejar-kejar oleh sesuatu yang asing.

Ada satu lagi lagu yang tidak masuk dalam album soundtrack ini, namun terinspirasi dari ketenaran film ini, yakni lagu Mulder and Scully yang dipopulerkan oleh band Catatonia. Lagu ini bercerita tentang kegelisahan seorang gadis akan hubungannya dengan orang yang disukainya yang ngambang, ia mengibaratkannya seperti hubungan Mulder dan Scully.
Things are getting strange, I’m starting to worry
em>This could be a case for Mulder and Scully
Things are getting strange, now I can’t sleep alone

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 23, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: