Rumor Mistik di Banyuwangi

Camera 360Banyuwangi adalah daerah yang kental dengan dunia magis. Itulah yang saya dengar dari cerita-cerita orang tua dan mereka yang pernah tinggal di daerah tersebut. Ilmu hitam dan ilmu putih kerap bertarung. Waktu saya SD, saya juga pernah mendengar kisah tentang pasukan ninja asal Banyuwangi yang meneror sejumlah tempat pesantren dan warga. Ternyata rumor tentang praktik mistik di kalangan warga Banyuwangi masih eksis hingga kini. Waktu bermalam di sana, penduduk tengah gelisah dengan serangan makhluk jadi-jadian yang menewaskan belasan kambing milik warga.Jika Anda tidak mengenal budaya atau kisah-kisah dari masyarakat ini sebelumnya, maka mungkin Anda hanya menganggapnya omong kosong belaka. Di jaman modern gini masih ada praktik ilmu gaib? Hemmm rasanya muskil. Tapi itulah yang terjadi. Saya ikutan asyik membahas peristiwa di sini bersama tetangga dan pemilik penginapan.

Akhir September lalu, hampir tiap malam kambing warga tewas. Yang bikin warga was-was, kambing itu tidak dimakan seperti layaknya jika diburu oleh hewan liar, tapi cuma dihisap darahnya. Karena kejadiannya beruntun, maka warga tiap malam pun bergantian berjaga dan meminta bantuan polisi. Tapi tetap saja ada kambing yang tewas. Akhirnya mereka meminta bantuan sejumlah orang ‘pintar’.

Kata salah seorang tetangga yang juga berprofesi sebagai penambang belerang, ia pernah tidak sengaja bertemu makhluk jejadian tersebut. Makhluk tersebut berbulu lebat dan berjalan dengan dua kaki seperti manusia. Ia berhasil melukai makhluk tersebut dan yang membuat ia geram, setelah beberapa hari kemudian ada warga yang meninggal. Masyarakat kemudian menduga-duga jika warga tersebutlah yang mempraktikan ilmu hitam karena setelah itu desa tersebut aman dari serangan makhluk jejadian.

Wah-wah-wah  saya merasa prihatin dengan nasib para pemilik kambing tersebut. Mereka seharusnya akan mendapatkan hasil dari jerih payah mereka beternak kambing karena saat itu menjelang hari raya kurban. Tapi harapan mereka musnah.

Sebulan setelah itu saya menanyakan perkembangan terbaru tentang peristiwa tersebut, rupanya masih belum ketahuan siapa pelakunya. Mudah-mudahan peristiwa seperti itu  tidak terjadi lagi karena merugikan warga.

 

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 12, 2013.

5 Tanggapan to “Rumor Mistik di Banyuwangi”

  1. Setiap daerah pasti punya kisah mistis masing-masing

  2. […] Rupanya hal-hal mistis, seperti yang saya tulis di blog  “Kisah-kisah Mistis di Banyuwangi” (https://dewipuspasari.wordpress.com/2013/12/12/rumor-mistik-di-banyuwangi/) masih kental mewarnai masyarakat-masyarakat pedesaan di Banyuwangi. Meskipun penduduknya sudah […]

  3. Cerita-cerita gini ih yang bikin film horornga indonesia juara banget. Hehehe
    Di film aja serem ya, apalagi kejadiannyata..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: