Mengenal e-Learning: #3. Perkembangan E-learning di Indonesia

3-online-indonesia

Di Indonesia, e-learning umumnya baru diselenggarakan di tiap institusi untuk para mahasiswanya atau yang biasa disebut pendidikan jarak jauh. Seperti Universitas Indonesia dengan Scele, ITS dengan share (http://share.its.ac.id), UGM dengan e-lisa (elisa.ugm.ac.id), dan ITS dengan http://kuliah.itb.ac.id

3-scele

Dalam perkembangannya, e-learning ini juga bukan hanya diperuntukkan di kalangan mahasiswa, namun institusi tingkat sekolah kini juga memilikinya. Di antaranya SMA 1 Pare (Elearning.sman1pare.sch.id), SMK Cikini (Elearning.Smkcikini.sch.id), dan SD Muhamadiyah Yogya (www3.jogjabelajar.org/sdmuhconcat).  Di sini siswa dapat berinteraksi dengan pengajar dan teman-temannya untuk berdiskusi, mengakses materi-materi pelajaran, mendengarkan audio/video rekaman guru saat mengajar, mengerjakan tugas/ujian, dan mengetahui nilai dan mengevaluasi kemampuannya.

Selain di ranah akademik, ada juga institusi yang memiliki e-learning untuk meningkatkan kemampuan SDM stafnya, seperti BPPK (bppk.depkeu.go.id/lms), Bank Riau, dan Bank Sinarmas. Untuk situs pendidikan maya seperti khanacademy, Indonesia baru pada tahap inisiasi seperti Ines Puspita, salah satu aktivis Coursera Indonesia yang membangun beberapa modul pembelajaran maya miliknya di prezi.com. ITB telah memiliki Icomlabs (Icomlabs.comlabs.itb.ac.id) dengan jumlah modul yang masih terbatas, misalnya modul e-Learning Menuju Corporate University. Dikti juga bekerja sama dengan UNESCO untuk melakukan penelitian terkait e-learning (UNESCO e-Learning).

3-trial-itb

Yang menarik adalah kursus online dari XL Axiata dengan XL Future Leaders (www.xlfutureleaders.com). Kursus online ini bertujuan untuk mencetak pemimpin-pemimpin masa depan, namun penggunanya bisa siapa saja, tidak terbatas pada kalangan muda. Informasi lebih lengkap akan saya ulas secara khusus di XL Future Leaders di blog ini.

e-learning xl

Sementara, bagi guru/dosen yang belum memiliki e-learning di sekolah/institusinya, banyak yang memanfaatkan blog dan wiki untuk berbagi ilmu ke siswa di sekolah khususnya, dan kalangan masyarakat, umumnya. Dan media ini rupanya banyak digunakan para guru sehingga diadakan penghargaan khusus bagi pengajar yang mampu memaksimalkan blog untuk media e-learning. Seperti yang dilakukan oleh Universitas Airlangga sejak 2012 dengan memberikan pelatihan dan penghargaan bagi blog guru, web-blog sekolah, dan guru penulis kreatif untuk merangsang peningkatan media online untuk berbagi ilmu pengetahuan.

3-web blog guru

Saat ini juga banyak situs yang menyediakan blog khusus e-learning yang dapat digunakan cuma-cuma oleh pendidik, contohnya web guru-indonesia.net yang merupakan salah satu subportal http://www.m.edukasi.web.id. Di sini pengajar dapat menyediakan materi, membuat soal ujian, dan mengetahui perkembangan siswanya. Caranya juga mudah cukup dengan mendaftar sebagai anggota situs dan mengikuti langkah-langkah pembuatan seperti yang pada buku panduan webguru. Webguru ini juga bisa dikolaborasikan dengan web siswa-indonesia.net. Sehingga, jika blog siswa tersebut didaftarkan sebagai murid pada blog guru maka pengajar blog guru dapat memantau perkembangan siswa tersebut dalam proses belajar dan dapat berdiskusi interaktif. Mereka juga dapat membuat artikel kolaborasi. Nah, menarik bukan?! Yuk ajak orang-orang sekitar Anda untuk menambah/berbagi ilmu di ranah maya.

3-siswa web

Referensi:

  • Ardika. AntaraNews. 2 Desember 2012 Guru SMAN 16 juarai Blog Guru 2012. [http://www.antaranews.com/berita/346489/guru-sman-16-juarai-blog-guru-2012]. Diakses pada 20 Desember 2013.
  • Bahtiar, Arief. 22 Juni 2012. Bank Riau Kepri, Mengembangkan Konten Pembelajaran Berbasiskan E-learning. [http://idelearning.com/bank-riau-kepri-mengembangkan-konten-pembelajaran-berbasiskan-e-learning/]. Diakses pada 20 Desember 2013.
  • Dewi Mustika, Maya. 11th April 2012. E-Learning Permudah Sistem Promosi di Bank Sinarmas. [http://idelearning.com/e-learning-permudah-sistem-promosi-di-bank-sinarmas/]. Diakses pada 21 Desember 2013.
  • Direktorat Sistem Informasi Universitas Airlangga. Penghargaan Website dan Blog Guru Terbaik 2013 [http://komunitas Indonesia.net]. Diakses pada 20 Desember 2013.
  • Perkembangan e-Learning di Indonesia. [http://wahyupur.wordpress.com/2009/10/19/perkembangan-e-learning-di-indonesia/]. Diakses pada 20 Desember 2013.
Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 24, 2013.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: