Berburu Produk Kerajinan dan Oleh-oleh Khas Lombok

Lombok-Tenun

Berlibur tanpa membawa buah tangan rasanya seperti makan tanpa garam. Apalagi Lombok kaya akan produk kerajinan tangan dan oleh-oleh yang khas. Mulai dari kerajinan tenun, lukis, gerabah, ukiran, hingga perhiasan dari mutiara.

Saya mulai dulu dari kerajinan tenun. Ada banyak tempat untuk mendapatkan kain tenun khas Lombok. Anda bisa membelinya di Desa Sade, pusat kerajinan tenun di Desa Sukarare, atau berburu kain tenun di butik

Kerajinan-Tenun-BelajarDi pusat kerajinan tenun Desa Sukarare dipajang berbagai kain tenun cantik dari berbagai pola dan tingkatan kualitas. Semakin berkualitas tentu harga kain tenunnya semakin mahal. Awalnya saya heran mengapa harganya mahal. Dan itu langsung terjawab ketika saya melihat langsung bagaimana mereka menenun dan sempat mencobanya sebentar.

 

Kerajinan-Tenun-Desa Sade

Wah ternyata menenun itu susah, perlu menghafal motif dan benang dan bikin pegal jika tidak terbiasa. Ooh makanya para penenun di sini dilatih sejak kecil sehingga mereka ahli setelah bertahun-tahun. Bukan suatu ketrampilan yang instant. Kerajinan-Lukisan

Di sini ada sebuah rumah besar yang dijadikan galeri kain tenun dan lukisan. Kain tenun beragam motif dan kualitas dipamerkan, begitu juga lukisan dari naturalisme hingga beraliran postmodernisme dipajang. Cantik tapi lumayan mahal. Eh pengunjung juga bisa lho menyewa pakaian adat suku Sasak dan berfoto. Lumayan untuk kenang-kenangan pernah berkunjung ke desa ini.

Kerajinan-Galeri dan Sewa pakaian Adat

Berikutnya kami menuju pusat kerajinan gerabah di Desa Banyumulek. Banyu berarti air dan mulek artinya menetap di situ-situ saja, maksudnya air yang dimasukkan ke dalam kendi tidak akan mengalir lagi.

Kerajinan-Gerabah2

Bagi pecinta kerajinan gerabah pasti langsung kalap mata. Cantik banget keramiknya. Guci-gucinya sangat cantik. Ada yang dilapis dengan kulit telur membuat penampilan lebih unik. Gerabah yang sudah jadi beberapa di antaranya dipercantik dengan dilukis.

Kerajinan-Buat Gerabah

Kerajinan gerabah ini bukan hanya guci-guci dengan ukuran beragam, namun ada juga tatakan gelas, kendi, hiasan dinding, celengan, vas bunga, tempat payung, dan beragam kegunaan lainnya. Saya membeli hiasan dinding untuk oleh-oleh bagi pasangan.

Kerajinan-Oleh-oleh

Di Lombok juga terkenal akan kualitas mutiaranya. Ada banyak toko terutama di Sekarbela yang menjual perhiasan berupa gelang, kalung, aksesoris, cincin, anting dengan mutiara. Penampilan Anda akan makin elegan dengan perhiasan mutiara. Saya pun tergoda membeli kalung untuk kakak perempuan saya. Eh di sini juga banyak ibu-ibu yang menjajakan kaus dengan tulisan dan gambar khas Lombok.

Kerajinan-Gerabah

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Oktober 30, 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: