Berlibur Suka-suka di Lombok dan Sumbawa

NTB-feri

Berlibur ke Nusa Tenggara Barat lebih asyik bersama teman-teman dekat atau keluarga. Tidak perlu kuatir berbeda minat. Pasalnya NTB dengan dua pulau utama, Lombok dan Sumbawa, memiliki paket wisata lengkap. Mulai dari pantai, pemandangan bawah laut, air terjun, hingga pegunungan semuanya ada. Mau wisata budaya juga tersedia, apalagi wisata kuliner.

Pulau Lombok mulai dilirik wisatawan sejak satu dekade silam. Mereka yang bertujuan wisata ke Bali melihat Pulau Lombok sebagai destinasi dengan pantai-pantai yang tak kalah indah dan masih sepi pengunjung. Jarak Bali ke Lombok juga dekat. Kepopuleran Lombok pun semakin menjadi-jadi dan kini Lombok sudah disandingkan dengan daerah-daerah lain sebagai tujuan wisata favorit.

NTB-Tanjung Aan

Lombok sebagai pulau terbesar dan dikelilingi pulau-pulau kecil memiliki pantai-pantai cantik dan panorama bawah laut yang indah. Ada pantai Senggigi yang paling dekat dengan pusat kota; ada Kuta, Tanjung Aan, Selong Belanak di bagian selatan; dan pantai Tangsi dengan pasir pinknya di bagian timur. Belum lagi banyaknya gili atau pulau-pulau kecil di bagian perairan utara dan timur dari pulau Lombok yang cocok untuk snorkeling atau menyelam.

NTB-Malimbu

Selain wisata pantai, Lombok juga menawarkan wisata perbukitan dan Gunung Rinjani yang menjadi favorit para pendaki gunung. Sejumlah air terjun, Bukit Malimbu, dan Bukit Pusuk merupakan destinasi yang bisa dipilih bagi mereka yang menyukai hawa dingin.

NTB-Gunung

Apabila Anda menyukai budaya, Anda bisa berkeliling ke dusun wisata seperti Sade di Rambitan untuk melihat dari dekat keseharian suku Sasak. Lombok juga memiliki Museum Negeri NTB dengan 7 ribu koleksi. Kerajinan Lombok juga sudah diakui kualitasnya seperti kerajinan tenun, gerabah, ukiran, dan mutiara. Belum puas menikmati Lombok? Anda bisa menikmati sajian kulinernya yang lezat seperti sate bulayak, ayam taliwang, dan plecing kangkung.

NTB-kerajinan

Setelah Anda puas dengan berlibur di Lombok, cobalah menyeberangi Selat Alas menuju Sumbawa. Selama perjalanan dengan ferry, mata Anda akan termanjakan dengan pemandangan lautan yang dihiasi pulau-pulau kecil. Topografi Sumbawa yang unik akan membuat mata Anda takjub. Bukit-bukit gersang dipadu dengan pantai berpasir putih akan membuat Anda merasa tak puas mengabadikannya di dalam kamera.

NTB-Pelabuhan Poto Tano

NTB-Topografi

Sumbawa juga memiliki bukit-bukit hijau seperti kue pandan di Pulau Kenawa yang tak jauh dari Pelabuhan Poto Tano. Di sekitar pulau kecil adalah spot snorkeling yang menawarkan alam bawah laut yang indah.

NTB-bukit hijau kenawa

Pantai-pantai Sumbawa yang cantik seperti Pantai Mawun, Pantai Kencana, dan Pantai Ai Manis. Keindahan bawah laut selain di Pulau Kenawa juga ada Pulau Moyo yang populer di kalangan wisatawan asing.

NTB-Kenawa Pantai

Dari segi budaya, Sumbawa juga kaya. Ada dusun wisata Dusun Pamulung dan Desa Tepal. Ada pula Istana Dalam Loka yang sekarang lebih berfungsi sebagai museum.

Yuk lebih giat menabung untuk berlibur ke Lombok dan Sumbawa.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Oktober 31, 2014.

2 Tanggapan to “Berlibur Suka-suka di Lombok dan Sumbawa”

  1. huaaa. cantiknyaaaa…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: