Nonton Gravity Makin Cinta Bumi

2-Gravity-Memperbaiki

Agak terlambat juga sih baru menonton Gravity bulan ini. Rencananya setelah Gravity baru menonton Interstellar yang temanya sama, yaitu penjelajahan luar angkasa. Setelah usai menyimak Gravity, makin mantap rasa sayang kepada bumi tercinta.

Film yang dibintangi aktor dan aktris kawakan, George Clooney dan Sandra Bullock ini mengisahkan tentang perjalanan menelusuri luar angkasa. Keduanya adalah astronot, Letnan Matt Kowalski (George Clooney) dan Dr Ryan Stone (Sandra Bullock) yang akan segera kembali ke bumi setelah menyelesaikan misinya untuk meng-upgrade teleskop Hubble Space.

gravity2

Konflik mulai timbul ketika mission control di Houston memperingatkan adanya serpihan hasil uji anti-satelit Rusia yang menyebabkan efek rantai badai sampah luar angkasa. Mereka berdua tidak sempat masuk ke kapal. Badai sampah luar angkasa itupun membuat keduanya terpisah. Ryan terapung-apung di luar angkasa.

Sendirian terapung-apung di luar angkasa membuat Ryan sempat panik. Apalagi oksigen dalam tabungnya berkurang dengan cepat. Mat terus menjalin komunikasi dengannya dan berupaya menenangkannya agar persediaan oksigennya tidak keburu habis. Ryan yang mulai tenang pun dapat memberitahukan posisinya dan menunggu bantuan menjemputnya.

Matt akhirnya dapat menemukannya. Berdua mereka hendak kembali ke pesawat ulang alik mereka, Explorer. Namun saat mereka tiba, Explorer telah rusak dan seluruh kru di dalamnya telah tewas. Mereka pun terpaksa kembali menjelajah untuk menemukan stasiun luar angkasa internasional hingga suatu ketika mereka berdua terpaksa berpisah.

Selama menonton Gravity, saya ikut-ikutan merasa tegang. Saya bisa merasakan kepanikan luar biasa Ryan ketika tubuhnya berputar-putar dan terapung di jagat luar angkasa yang luas. Atau saat persediaan oksigennya telah habis dan ia hampir pingsan karena menghirup CO2.

3-Gravity Pesawat

Sandra Bullock tampil berbeda di sini dengan rambut cepaknya. Ia tampak jauh lebih matang dan cocok memerankan seorang astronout yang hampir putus asa. Sedangkan George Clooney tetap tampil memikat dengan senyumnya yang khas menentramkan. Jika Ryan mudah panik, Matt bersikap tenang meskipun nyawanya terancam.

Dari segi plot, film ini banyak memberikan konflik demi konflik yang membuat saya sebagai penonton terus tegang dan penasaran hingga film berakhir. Ada banyak hal informatif tentang bagaimana kehidupan seorang astronout selama menjalankan misinya. Seorang astronout harus tetap tenang di segala situasi. Meskipun saat itu persediaan oksigennya habis atau pesawatnya kehabisan bahan bakar atau jika terjadi serangan badai luar angkasa. Seorang astronout juga harus mampu menenangkan depresinya ketika harus bekerja dan hidup seorang diri di luar angkasa tanpa teman.

4-Gravity-Sole Survivor

Memang banyak istilah-istilah asing di telinga saya namun hal itu tidak membuat film ini terlalu rumit untuk dinikmati. Atau banyak kritikus yang menganggap beberapa hal tidak sesuai dengan kondisi riil di perjalanan luar angkasa. Dan memang saya takjub bercampur keheranan menyaksikan Ryan mampu berpindah dari satu pesawat ke pesawat lainnya.

Sinematografinya cerdas dimana kamera seolah tak henti bergerak selama 90 menit. Penampakan bumi dari luar angkasa juga sangat indah baik saat terang maupun ketika matahari baru terbit.

5-Gravity-Sunrise

Setelah melihat perjuangan para astronout ini kembali ke bumi, saya jadi makin bersyukur hidup di bumi.

Detail Film:
Judul : Gravity
Sutradara: Alfonso Cuarón
Pemain : Sandra Bullock,  George Clooney
Rating : 8/10

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 8, 2014.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: