Keju Nikmat dari Belanda

Kaas

Apa yang kuketahui tentang keju? Aku tidak begitu suka keju dan kurang tahan terhadap baunya yang menyengat. Duapuluh ton keju??? Hemmm bagaimana pula aku menyimpannya. Rumahku kecil dan kanan-kiriku adalah rumah tetangga yang pasti akan protes jika aku menyimpan ribuan bulatan keju dalam rumah. Tapi keju adalah sumber pundi-pundi uang yang bisa menyelamatkanku dari gaji yang kecil sebagai kerani.

Frans  Laarmans telah menandatangani kontrak tersebut. Kontraknya bersama Honstra, pengusaha keju di Amsterdam, akan mengubah hidupnya. Dan mungkin dalam beberapa tahun ke depan ia akan kaya raya sebagai distributor keju di Belgia.

Rupanya berdagang keju tidaklah mudah. Keju edam miliknya memang lezat tapi belum banyak dikenal. Mereka yang membeli juga umumnya enggan membeli satu bulatan penuh yang berukuran dua kilogram.

Mulailah Frans membuat kantor di rumahnya. Ia lalu membuka lowongan kerja bagi agen keju. Sayangnya tidak ada yang memenuhi kriterianya. Ia mulai berjualan keliling dan kurang berhasil. Frans mulai kebingungan. Duapuluh ton keju tersebut tidak akan bertahan lama di gudang. Ia juga perlu biaya untuk membayar sewa gudang. Ooh apakah lebih baik tetap bertahan sebagai kerani atau memperjuangkan nasib sebagai pedagang keju?

Novel berjudul Kaas atau Keju ini kocak dan satir. Pembaca akan tertawa melihat kecerobohan Frans yang begitu santai dan mudah menandatangani kontrak tanpa banyak berpikir. Tapi di satu sisi mungkin apabila kita menghadapi situasi yang sama seperti yang dialami Frans mungkin juga akan tergiur menjadi distributor dengan iming-iming gaji besar.

Keju edam memang nikmat dan cocok disantap begitu saja atau teman roti. Saya membayangkan menyantap keju yang lembut dan gurih sembari menuntaskan novel ini.

Buku ini bisa tersedia di toko buku online seperti bukupedia. Jika ingin langsung ke halaman buku tersebut bisa klik tautan berikut:http://www.bukupedia.com/id/book/id-32-31792/novel-fiksi-cerpen/kaas-keju.html

Detail Buku:
Judul         : Kaas (Keju)
Penulis     : Willem Elsschot
Penerbit     : Gramedia Pustaka Utama
Tahun Terbit    : 2010
Rating         : 7,5/10

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 31, 2015.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: