Demonic yang Kurang Menggigit

demonic-youtube

James Wan mulai kondang sejak Insidious dan Conjuring meledak di pasaran. Siapa nyana dengan formula hantu yang muncul tak tertebak dan musik yang menyeramkan malah penonton merasa suka dan ketagihan. Tapi rupanya rumus tersebut tidak selalu sukses. Demonic yang menggunakan formula tersebut malah terkesan konyol.

Kali ini kisah horor yang diproduseri James Wan berpusat pada tragedi meninggalnya tiga remaja di rumah yang tak berpenghuni di Lousiana. Di rumah besar tersebut detektif Mark Lewis (Frank Grillo) menemukan mayat-mayat dan seorang pemuda yang nampak linglung bernama John (Dustin Milligan).

Mark menghubungi temannya seorang psikolog, Dr. Elizabeth Klein (Maria Bello) untuk menginvestigasi John yang masih trauma. Ia curiga John adalah dalang pembunuh teman-temannya tersebut dan menduga-duga masih ada korban selain tiga mayat yang telah ditemukan.

Film kemudian mundur pada saat John dan kelima remaja memasuki rumah tak berpenghuni tersebut karena penasaran akan kisah John yang merasa ada sesuatu misterius di rumah tersebut. Mereka dengan peralatan video menelusuri seisi rumah tak berpenghuni tersebut dan merekam peristiwa-peristiwa supranatural.

Tak memerlukan waktu lama hingga kejadian demi kejadian aneh membayangi gerak keenam remaja tersebut. Hingga kemudian membawa ke tragedi tersebut. Namun masih banyak hal yang sepertinya disembunyikan oleh John. Ada misteri apa sebenarnya di rumah tersebut dan siapa pelaku pembunuhan sebenarnya?

Sebenarnya Demonic memiliki premis ampuh untuk diolah sebagai kisah horor. Sudah ada rumah hantu dan juga ada grup remaja yang memiliki hobi aneh yaitu pemburu hantu. Bahan-bahan ini sebenarnya sudah sering digunakan di film horor dan umumnya masih sukses mendulang jejeritan penonton dan tentunya mendulang rupiah.

James Wan masih menggunakan rumus horornya, tambahkan latar suara dan kemunculan tiba-tiba yang membuat penonton kaget. Memang ada beberapa yang berhasil membuat terkejut meski sebenarnya bukan hal yang menyeramkan.

Yang membuat film ini gagal adalah performa akting pemainnya, terutama John sebagai tokoh sentral. Saya tidak merasa simpati sejak awal dengan karakter ini dan ekspresinya nampak kosong. Ceritanya juga kedodoran dan banyak bagian cerita yang seolah dipaksakan. Ada beberapa twist dalam film ini tapi tidak mengundang rasa terkejut atau rasa penasaran. Datar. Setelah filmnya berakhir tak ada kesan yang tertinggal.

Detail Film:
Judul : Demonic
Sutradara : Will Canon
Pemeran : Maria Bello, Frank Grillo, Megan Park, Cody Horn, Dustin Milligan
Genre : Horor
Rating : 6/10
Artikel ini pertama kali saya rilis di Kompasiana:
http://www.kompasiana.com/dewi_puspa/demonic-horor-james-wan-yang-gagal_5580edad03b0bd8d048b45bb

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 18, 2015.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: