Kisah Nabi Elisa dan Raja Yoas

Elisa dan Yoas

Kisah kehidupan dan perjuangan para nabi memang menarik dan inspiratif. Dalam Islam ada beberapa nabi yang kurang disorot seperti Elisa atau Ilyasa. Nabi ini hidup semasa kejayaan Israel. Seperti apa kisahnya?

Elisa meneruskan kenabian Elijah (Ilyas) dan menyebarkan kebajikan dan kepercayaan kepada Tuhan semasa pemerintahan Yoram. Saat itu pemimpin Kerajaan Aram memusuhi Kerajaan Israel dan berniat menaklukannya juga menangkap Nabi Elisa. Serangan itu berkali kali gagal karena Tuhan melindungi bangsa Israel. Hingga suatu saat Nabi Elisa merasa Israel perlu pemimpin baru karena Yoram sering dipengaruhi ibunya, Izebel, yang lebih suka menyembah Dewa Baal.

Elisa menunjuk panglima Yehu sebagai pemimpin baru Israel. Sementara itu Kerajaan Yehuda pun kehilangan pemimpinnya karena saat itu pemimpinnya sedang berkunjung ke istana Yoram yang sedang dikudeta. Putranya, Yoas disembunyikan di bawah perlindungan Imam Yoyada. Ia pun kemudian dinobatkan menjadi raja.

baal

Sayang saat dewasa ia terpengaruh para anak buahnya dan kembali mungkar. Nabi Zakharia, putra Imam Yoyada, mengingatkannya namun Yoas malah hendak berniat membunuhnya. Sejak itu Yehuda tak pernah aman. Tentara Aram kembali membayang.

Meskipun saya tak begitu paham sejarah Israel tapi komik nabi ini menarik dan memberi gambaran masa itu dimana Israel tengah jaya dan kemudian mengalami masa pasang surut. Nabi Elisa rupanya sangat besar pengaruhnya, dimana raja masa itu memerlukan restunya agar Tuhan juga ikut memberkatinya. Sayang terkadang mereka seolah memanfaatkan para imam itu untuk mendongkrak pengaruhnya kepada rakyat dan musuhnya dan kembali mungkar saat iman mereka lemah.

Sayang komik ini masih bersambung dan tidak ada komik lanjutannya di lemari buku yang ada di Malang. Hemmm jadi penasaran dengan kisah Yoas dan Nabi Zakharia.

Detail Buku:
Judul Buku : Elisa dan Yoas
Pengarang : H.A Oppusung
Penerbit : BPK Gunung Mulia
Genre : sejarah, religi
Rating : 7,5/10

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 22, 2015.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: