7 Hari Bersama Sunpride: Nikmat dan Sehat

keluarga buah

Setelah memenuhi tantangan 7 hari bersama Sunpride pada awal Juli lalu, saya merasa ingin kembali bersantap buah Sunpride. Harganya memang sedikit di atas rata-rata, namun sebanding dengan kualitasnya. Alhasil saya kembali melakukan tantangan 7 hari bersama Sunpride pada 24-30 Juli. Buah-buahan Sunpride memang nikmat. Bonusnya badan pun makin terasa sehat dan tidak mudah lesu.

Golden melon, pisang cavendish dan apel Malang

Golden melon, pisang cavendish dan apel royal

Kamis, 23 Juli, suami membawa oleh-oleh aneka buah sepulang dari kantor. Buah-buahan tersebut berlabel Sunpride. Ada pisang cavendish, golden melon, dan apel royal. Wah lihat penampilan buahnya saja yang segar dan cantik, sudah bikin ingin untuk segera menyantapnya. Berikut menu harian buah Sunpride saya selama seminggu (My 7 Days Fruits Diary):
Hari I : pisang cavendish disantap biasa
Hari II : pisang cavendish disantap biasa
Hari III : pisang cavendish dengan corn flakes dan susu
Hari IV : apel royal disantap biasa dan golden melon disantap biasa Hari V : pisang dimasak dengan susu dan keju masak
Hari VI : Jus apel
Hari VII : Jus apel dimasak dengan kayu manis dan golden melon yang dipotong kecil-kecil

pisang-4

Sesisir Pisang Cavendish

pisang

Pisang Nikmat

Pada hari pertama tantangan tujuh hari bersama Sunpride, saya mengkonsumsi pisang cavendish. Pisang berwarna hijau kekuningan ini memang enak dan cocok sebagai sarapan. Setelah meminum segelas air putih, saya menyantap pisang secara perlahan. Pisang yang kaya akan vitamin B6 yang mendorong serotonin ini mampu menjaga mood saya tetap baik dan bersemangat. Saya merasa termotivasi untuk terus rajin menulis berbagai artikel.

pisang-2

Pisang Memberikan Energi dan Mood Baik

Selanjutnya, pada hari Sabtu (26/7) ada rasa malas karena masuk liburan akhir pekan. Rasanya masih ingin bermalasan. Namun setelah mandi air dingin serta minum segelas air dan sebuah pisang cavendish, rasanya badan mulai berenergi. Saya mulai aktivitas akhir pekan dengan berberes rumah dan sibuk dengan memperhatikan tanaman-tanaman di halaman rumah.

Oleh karena suami membelikan saya pisang cavendish sesisir maka persediaan pisang saya cukup banyak. Dari pengalaman saya, pisang tidak tahan lama disimpan di dalam kulkas, kulitnya berubah menjadi kehitaman. Lebih baik pisang ditaruh dalam suhu kamar. Sebaliknya, buah apel dan melon lebih tahan lama ditaruh di dalam lemari pendingin.

Lagi-lagi saya sarapan dengan pisang. Tapi saya belum bosan karena memang enak. Pisang memberikan energi yang yang cukup besar dan membuat saya awet kenyang karena indeks glikemiknya rendah. Kali ini menu untuk sarapan hari Minggu saya tambahkan pisang dengan corn flakes dan susu.

potongan pisang

Potongan Pisang

corn flakes

Corn Flakes dalam Semangkuk Susu

corn flakes2

Pisang dan Corn Flakes

Susu bubuk diseduh dengan air hangat dalam mangkuk bersih. Setelah itu corn flakes dimasukkkan. Pisang yang telah dipotong-potong pun dimasukkan ke dalam mangkuk. Corn flakes campur pisang itu enak. Perpaduan rasa gurih, asam, manis, dan segar. Juga termasuk sarapan yang mengenyangkan.

Hari minggu ini saya lewati dengan bersetrika setumpuk pakaian dan membuat hidangan makan siang yang maknyus. Sayur asem, sambal terasi, tempe dan tahu goreng, juga udang goreng telur.

Pada hari Senin (27/7) ada banyak hal yang rasanya membuat orang tergesa-gesa. Meskipun sudah bangun pagi, saya bergegas menyiapkan segelas teh manis buat suami, membersihkan halaman dan menyiram tanaman. Setelah suami berangkat sebelum pukul 06.00, barulah saya bisa bernafas lega.

Apel

Apel Merah Kekuningan

apel-potong

Segar dan Berairnya Apel

Di luar matahari masih belum bersinar terang. Saya menikmati perubahan hari menjadi terang dengan segelas teh dengan sedikit gula dan buah apel berwarna merah. Buah apelnya renyah, manis, dan berair banyak. Buah apel ini kaya kandungan vitamin C dan antioksidan. Ingat apel saya jadi ingat kampung halaman, yang terkenal sebagai kota penghasil apel. Padahal baru mudik, tapi rasanya ingin kembali menikmati suasana sejuk kota Malang.

golden melon

Golden Melon

potongan melon3

Daging Buah Golden Melon Berwarna Putih

Saat malam harinya saya menikmati buah golden melon. Golden melon memiliki warna kuning cerah, namun daging buahnya berwarna putih. Lebih putih daripada buah melon pada umumnya. Dan rasanya hemmm manis, segar dan berair. Buah yang pas sebagai pencuci mulut.

Hari kelima suasana hati saya agak buruk. Tiba-tiba saya terbangun pada tengah malam dan kemudian susah untuk kembali tidur. Rasanya badan jadi lemas. Akhirnya saya melongok kulkas dan masih ada pisang cavendish. Meski kulitnya sudah tidak secantik saat awal beli, dalamnya masih bagus, putih kekuningan.

Buah ini lalu saya masak dengan susu dan keju masak. Resep buatan saya sendiri ini bisa saya sebut Pisang Lautan Susu.

Berikut resepnya:
Resep Pisang Lautan Susu
Bahan:
pisang cavendish 1 buah
Susu bubuk satu sachet atau 30 gram
Air setengah gelas (110 cc)
Keju masak (keju yang mudah leleh kena panas) sesuai selera
Cara membuat:
1. Didihkan air, lalu masukkan susu dan aduk-aduk hingga larut.
2. Kupas pisang dan biarkan tetap utuh
3. Masukkan ke dalam larutan susu dalam panci
4. Tambahkan keju yang telah dipotong tipis-tipis.
5. Biarkan keju mencair dan larutan susu mengental
6. Sajikan saat hangat

masak pisang

Pisang dan Keju Dimasukkan dalam Susu yang Mendidih

pisang lautan susu

Pisang Lautan Susu yang Creammy dan Gurih

Resep ini mudah dibuat dan rasanya sedap. Pisang cavendish yang lembut, manis, dengan rasa masam samar-samar terasa gurih dan creammy. Tambahan kejunya membuat sajian ini makin gurih. Pisang kaya vitamin dan mineral. Sedangkan susu dan keju mengandung protein, vitamin A dan B, lemak, seng, fosfor, kalsium, potasium, dan magnesium. Gizi jadi semakin lengkap.

Selanjutnya pada hari keenam, saya ingin melakukan detoks pada tubuh. Detoks bertujuan mengeluarkan toksin dari dalam tubuh. Dan buah yang cocok untuk detoks salah satunya adalah apel. Mengapa apel? Karena apel kaya magnesium dimana dalam usus membantu menyingkirkan toksin. Saya buat jus apel untuk detoks sederhana.

blender

Apel Diblender

jus apel

Jus Apel

Satu buah apel saya jus dengan setengah gelas air hangat tanpa gula. Apel ini mudah berubah warna pada suhu ruangan. Saya lupa menaruh jeruk nipis yang bisa membantu memperlambat perubahan warna. Jus apel itu berubah kekuningan. Saya reguk sebelum warnanya makin berubah. Rasanya manis, segar, dan rasa asam samar-samar. Apel ini kaya serat sehingga membantu untuk memperlancar buang air besar dan bagus untuk diet.

ampas

Ampas Apel untuk Masker

Sisa ampas pada blender saya gunakan untuk masker wajah. Setelah masker apel mengering, saya cuci muka dengan air hangat. Wajah jadi terasa lebih segar.

Apel, Kayu Manis, dan Teh Celup

Apel, Kayu Manis, dan Teh Celup

Pada hari ketujuh atau Kamis (30 Juli), saya kembali bereksperimen dengan apel dan mengkonsumsi melon pada malam harinya. Jus apel ini saya masak dengan tambahan kayu manis dan teh celup. Hemmm hasilnya adalah teh apel rempah. Berikut resepnya:

Resep Teh Apel Rempah
Bahan :
Satu buah apel
Satu batang kayu manis
Satu kantung teh celup
Setengah gelas air
Cara membuat:
1. Kupas apel dan potong kecil-kecil lalu blender dengan setengah gelas air.
2. Didihkan jus apel dalam panci kecil. Lalu tambahkan satu batang kayu manis.
3. Rendam teh celup hingga campuran jus apel tersebut berubah warna menjadi kemerahan.
4. Siap disajikan

Jus Apel Dimasak dengan Kayu Manis

Jus Apel Dimasak dengan Kayu Manis

Minuman teh apel rempah ini tidak hanya nikmat, namun juga hangat di kerongkongan. Adanya kayu manis baik untuk kesehatan gigi dan juga membuat suasana hati menjadi baik.

Teh Apel Rempah

Teh Apel Rempah

Sebagai penutup tantangan 7 hari bersama Sunpride, malam harinya saya memotong melon dan menyantapnya bersama suami. Buah melon ini begitu kaya air dan rasanya manis meski berdekatan dengan bagian kulitnya. Penutup tantangan 7 hari bersama Sunpride yang nikmat.

melon2

Golden Melon dan Bijinya yang Sedikit

potongan melon2

Melon untuk Penutup Mulut

Oh iya mengapa kita perlu mengkonsumsi buah-buahan? Buah-buahan memiliki peran yang penting bagi tubuh. Tidak hanya nikmat disantap, buah juga kaya vitamin dan mineral yang membantu metabolisme dan menjaga kesehatan tubuh.

Buah-buahan Sunpride 100 persen buah nusantara. Memang Sunpride dari PT Sewu Segar Nusantara, juga menyediakan buah impor namun kuantitasnya tidak sebanyak buah lokal yang berasal dari kebun-kebun buah di Lampung. Buah lokal ini memiliki kualitas yang tak kalah dengan buah impor, baik dari segi rasa, ukuran buah, kandungan vitamin dan mineralnya, dan juga penampilan.

Dengan mengkonsumsi buah lokal, berarti juga menyejaterahkan petani buah lokal dan memajukan perekonomian bangsa. Dan tak kalah penting, buah akan membantu menjaga kesehatan tubuh sementara dalam tubuh sehat akan terdapat jiwa yang sehat (mens sana in corpore sano).

Living fun and healthy, dengan mengkonsumsi buah-buahan hidup akan lebih menyenangkan dan lebih sehat. Yuk sukseskan Fruit Summit 2015:)

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 31, 2015.

2 Tanggapan to “7 Hari Bersama Sunpride: Nikmat dan Sehat”

  1. Mantabbbbb segeernya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: