Wisata Seru: Berwisata Bahari dari Manado ke Sorong

bunaken2

Pengalaman ke Manado itu seru dan lucu. Meskipun sempat diawali dengan ketinggalan pesawat hingga ganti armada, namun pengalaman berwisata di Manado ini sungguh menyenangkan. Ada banyak wisata yang tak bisa dilewatkan, dari bermain air di Bunaken, menikmati wisata purbakala di waruga, dan berwisata kuliner dari tinutuan hingga. Usai dari Manado, saya berkeinginan menuju Sorong dimana wisatawan juga bakal puas bermain air dan menyantap hidangan laut.

Saya bersama suami ke Manado saat hujan masih rajin menyapa. Padahal sudah bulan April, namun hujan suka sekonyong-konyong tiba. Ketika tiba di bumi Manado, kami disambut hujan gerimis dimana membuat kami mengantuk dan tertidur. Perjalanan pagi membuat kami was-was. Sejak pukul 02.00 pagi kami bangun dan bersiap-siap berangkat takut terlambat seperti malam sebelumnya.

Akhirnya hari pertama di Manado kami puaskan dengan berjalan-jalan di pusat kota dan mencicipi hidangannya yang terkenal, yaitu tinutuan. Masakan berupa bubur ini komplit dan menyehatkan. Di dalamnya ada labu kuning, jagung, bayam, dan sayuran lainnya. Rasanya gurih, segar, dan rasa manis yang samar-samar.

Hari kedua kami puaskan dengan bermain air di Taman Laut Bunaken. Wah akhirnya bisa juga menikmati keindahan terumbu karang dan ikan warna-warni di Bunaken. Terumbu karangnya memang indah dimana karang penghalangnya cukup dalam. Saya terpukau memandangnya sekaligus merasa was-was karena sangat dalam sementara saya tak pandai berenang.

Keesokan harinya kami bersama teman baru kami, pasangan suami istri yang bertemu kami di Bunaken, menuju Tomohon untuk jelajah danau Linow dan jelajah budaya. Wah rupanya Manado ini juga memiliki peninggalan zaman megalitikum, yakni pemakaman batu di Waruga. Pemakamannya unik, dimana jenasah dimakamkan dalam batu besar yang telah dilubangi, kemudian ditutup dengan atap limas dari batu. Manado juga menjadi rumah terakhir bagi pejuang nasional, seperti panglima perang Pangeran Diponegoro dan Tuanku Imam Bonjol.

Pemakaman Kuno di Waruga

Hari terakhir di Manado kami akhiri dengan berbelanja oleh-oleh dan menyantap hidangan asal Manado, seperti ayam woku dan mie cakalang. Pedas dan nikmat. Wah liburan yang memuaskan di Manado.

Ketika kami tiba di bandara Sam Ratulangi, kami tidak langsung masuk untuk check in, melainkan duduk-duduk di halaman bandara yang banyak tempat duduknya. Nah di teras tersebut, kami duduk bersebelahan dengan seorang mahasiswi yang rupanya berasal dari Sorong. Ia berkuliah di Tomohon dan tiap liburan ia pulang ke Sorong.

Dari gadis tersebut saya mengetahui betapa indahnya Sorong. Cocok bagi mereka yang suka wisata pantai, jelajah pulau, dan bermain air. Di Sorong juga bisa puas menyantap ikan laut yang segar. Hemmm membayangkannya saja jadi ingin. Puas bermain air dan kenyang makan seafood. Mantap deh.

Raja Ampat (sumber: indonesia.travel)

Selain terkenal sebagai pintu menuju wisata bahari Raja Ampat, Sorong terkenal akan berbagai pantai dan pulau-pulau yang asyik dikunjungi. Daerah yang berada di kepala burung dan di sisi barat Papua ini juga memiliki taman wisata alam dimana merupakan habitat bagi beragam burung.

Ada beberapa tempat wisata yang harus dikunjungi di Sorong, selain tentunya Raja Ampat yang sudah termasyur di kalangan wisatawan mancanegara. Ada pantai Tanjung Kasuari yang mudah dijangkau dari pusat kota dan memiliki pasir yang cantik nan lembut. Ada juga Kawasan Taman Wisata Alam Km 14 di Klablim yang memiliki luas lebih dari 900 hektar.

Pantai Tanjung Kasuari

Pantai Tanjung Kasuari (sumber: beritadaerah.co.id)

Di taman wisata ini ada beragam jenis burung termasuk kakaktua dan nuri yang masuk satwa langka. Ada juga air terjun di kawasan taman wisata alam ini yang memiliki debit air deras. Asyik deh buat bermain air.

Yang juga patut dikunjungi adalah pulau Doom dan pulau Raam yang memiliki panorama pantai yang menawan. Ada pula tugu selamat datang dengan menggunakan bahasa tradisional suku asli Sorong, yaitu bahasa Moi yang terdapat di pulau Dofior. Wah jadi makin ingin ke Sorong untuk menyaksikan keindahan bahari Raja Ampat dan pulau-pulau tersebut yang sudah terkenal melalang buana. Masak orang Indonesia sendiri belum ke sini hehehe.

Airpaz Versi Mobile

Setelah itu saya browsing di airpaz.com, situs pemesanan tiket pesawat yang memiliki banyak rute perjalanan baik dalam negeri maupun luar negeri. Armadanya pun beragam di antaranya Garuda Indonesia, Batik Air, Citilink, Sriwijaya Air, Air Asia, dan Lion Air. Ada banyak promo tiket murah di sini.

Armada Dalam Negeri

Armada Perjalanan Udara Dalam Negeri

Saya mencoba memasukkan rute dari Manado ke Sorong pada bulan September. Wah rupanya ada armada pesawat yang tanpa transit langsung membawa penumpang dari Manado ke Sorong, yaitu Garuda Indonesia. Asyiknya harganya termasuk harga promo. Selain Garuda Indonesia, armada yang melayani rute Manado-Sorong adalah Lion Air dan Sriwijaya Air namun sayangnya dua armada tersebut transit dulu dan bukan penerbangan langsung.

Manado ke Sorong

Airpaz.com merupakan portal yang dimiliki PT ATNetwork yang memang bergerak khusus di perjalanan udara. Portal ini juga ramah diakses secara mobile melalui smartphone.

Promo Tiket

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 20, 2015.

2 Tanggapan to “Wisata Seru: Berwisata Bahari dari Manado ke Sorong”

1. Wah, pengalamannya bagus….Oh ya, itu back link ke websitenya tidak ditampilkan?