Pesta Seafood di Borneo Timur

tumis sayuran-udang

Yang paling seru saat berlibur selain menikmati keindahan panorama alam adalah makan enak. Nah di Borneo Timur, pecinta seafood akan benar-benar dimanjakan. Karena di sinilah makanan laut dari beragam ikan aneka kerang, hingga kepiting bisa disantap dengan sepuas-puasnya.

Rupanya pemilik penginapan sekaligus pemilik tempat makan di Derawan tahu betul memanjakan para tamunya. Selama kami menginap, kami disuguhi beragam makanan sari laut. Yang membuat kami takjub, setiap orang mendapatkan ikan goreng utuh.

ikan goreng

Tiap Orang Mendapat Jatah Satu Ikan Besar

Saya merasa senang sekaligus was-was. Ikan goreng yang seperti ikan baronang itu memang gurih dan nikmat, namun disantap seorang diri???

Akhirnya saya putuskan bersantap siang tanpa nasi. Dengan gagah saya menghabiskan jatah ikan goreng dan masih sempat untuk menikmati tumis kerang yang kenyal dan liat. Kerangnya tidak pernah saya lihat. Tidak seperti kerang dara, kerang susu, atau kerang bambu. Yang penting enak meski beberapa di antaranya ada yang begitu liat.

tumis kerang

Kerangnya Agak Liat Tapi Enak..Manis Kenyal

Selama berhari-hari kami puas bersantap ikan laut dan kerang. Cocok dengan liburan kami yang bertema wisata bahari. Anehnya kok tidak ada kepiting? Rupanya kepiting lagi tidak musim di Derawan. Tapi tak apalah, kami puas berpesta kepiting kenari. Ada beragam varian olahan kepiting yang belum pernah saya cicipi sebelumnya, seperti kepiting saus mentega dan kepiting panggang. Dan rasanya? Hemmmm kepiting panggang juara banget.

Asyiknya Wisata Bahari Plus Wisata Kuliner

Asyiknya Wisata Bahari Plus Wisata Kuliner

Aroma kepiting dan dagingnya yang gurih juga manis lebih menonjol ketika dipanggang. Memang dagingnya lebih menempel di cangkangnya, tapi tak mengapa karena betul-betul nikmat. Kepiting mentega memiliki rasa yang lebih lembut. Sedangkan kepiting saus tiram dan lada hitamnya mirip dengan yang ada di Jakarta, cuma bumbunya lebih berani dan lebih kental. Karena pesawat transit di Balikpapan, saya memilih membeli kepiting di sini agar tidak keburu basi disantap di Jakarta.

kepiting enak

Kepiting dan Kepiting

Bagi penggemar seafood, tidak salahnya berpesta makanan laut selama di Kalimantan Timur. Baik di Derawan, Tarakan, dan Balikpapan semuanya menawarkan makanan laut yang berlimpah dan tentunya juga nikmat.

Tentang Foodpanda
Berlibur dan bersantap hidangan setempat memang menyenangkan. Namun jika seharian penuh melakukan aktivitas fisik selama berlibur tentu saat malam hari perlu beristirahat, sebelum keesokan harinya kembali mengeksplorasi obyek wisata lainnya. Solusinya, kenapa tidak mencoba menggunakan aplikasi Foodpanda untuk pesan antar makanan.

Aplikasi ini sederhana dan praktis Cara menggunakanya pun mudah. Tinggal unduh aplikasi di playstore lalu install dan tunggu beberapa saat. Setelah itu tinggal memilih tempat tinggal dan pilih restoran yang ada di sekeliling tempat tinggal dan yang melayani pesan antar.

foodpanda3

Foodpanda telah hadir di berbagai kota, termasuk kota dan provinsi yang menjadi destinasi wisata. Di antaranya Bali, Medan, Makassar, Bandung, dan tentunya Jabodetabek. Sayang waktu ke Borneo Timur, belum bisa menggunakan aplikasi ini. Semoga jaringan foodpanda makin luas hingga ke seluruh kota di Indonesia. Sehingga jika lapar dan sudah malas bergerak, tinggal klik foodpanda untuk pesan antar makanan.

foodpanda

Artikel ini diikutkan dalam kontes blogger foodpanda. Jika ingin ikutan bisa langsung ke homepage foodpanda.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 21, 2015.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: