Berpiknik itu Asyik

rame

Coba ingat-ingat, kapan terakhir kali Anda berpiknik? Berpiknik di alam terbuka sambil menyantap bekal itu sangat menyenangkan. Apalagi jika berpiknik bersama keluarga atau sahabat. Sederhana, hangat, dan berkesan.

Saya dan suami sama-sama suka jalan-jalan, baik hanya berdua ataupun beramai-ramai bersama keluarga dan kawan-kawan. Piknik terakhir kali yang kami lakukan adalah bersantai ria menikmati bekal sambil menikmati panorama alam di Coban Randa, Malang.

Hawa yang sejuk dan panorama alam berupa air terjun yang mengguyur deras membuat mata terasa dimanjakan oleh keindahan alam di sekeliling kami. Saya dan keluarga beramai-ramai ke sini, ada lima dewasa dan tiga anak-anak. Meriah bukan?!

Coban Randa yang Segar

Coban Randa yang Segar

Kedua anak yang masih berusia empat dan enam tahun pun kontan berlari ke sungai untuk bermain air. Kedua orang tuanya pun segera menyusul dan mengawasi. Sedangkan kami bertiga lebih suka merasakan cipratan air terjun sambil berfoto-foto. Alya yang masih bayi lebih suka tidur pulas. Setelah puas menikmati kesegaran air terjun, kami pun menggelar bekal kami. Kedua anak kecil yang kedinginan setelah bermain air pun langsung merasa lapar. Kue-kue bekal kami pun segera ludes.

Asyiknya Bermain Air

Asyiknya Bermain Air

Rupanya bukan hanya pengunjung manusia yang doyan piknik. Penghuni Coban Randa juga ingin ikut berpiknik. Tiba-tiba dari pepohonan di seberang nampak serombongan monyet. Ada yang menggendong anaknya. Tujuan monyet-monyet itu sama. Sudah waktunya ikut piknik bersama pengunjung. Kami tertawa-tawa meskipun juga was-was monyet tersebut bakal ganas. Kedua keponakan ketakutan dan minta gendong. Dan pengunjung lainnya yang masih asyik berpiknik kontan bubar, gelaran piknik digantikan monyet-monyet yang telah lapar tersebut. Kami lapar dan kami juga ingin ikut piknik, mungkin itu yang ada di benak para monyet tersebut.

Meski ada kejutan di piknik Coban Randa, kami berdua tidak takut atau sedih, melainkan tertawa-tawa ada sesuatu yang berkesan di acara piknik terakhir.

Sebelum Coban Randa, lokasi-lokasi yang pernah kami kunjungi untuk piknik, di antaranya taman di sekeliling Monas, Situ Cikaret dan Situ Pedongkelan yang terletak di Cimanggis dan Depok, pantai di Ancol, Kampoeng Rawa di Ambarawa, pantai Drini di Yogyakarta, bendungan Jatiluhur di Purwakarta, Kebun Raya Bogor, juga di Pulau Onrust dan pulau Kelor di Kepulauan Seribu.

Kami suka berpiknik. Ada dua plusnya. Yang pertama kami suka menikmati panorama alam dan menyesapi hawa yang segar. Berikutnya, berpiknik itu membuat kami berbagi tugas dan makanan, apalagi jika ramai-ramai. Ada yang kebagian membawa tikar untuk alas duduk, air minum, membawa naik, lauk-pauk, kue, dan juga alas makan.

Biasanya kami cari alas makanan yang praktis, sehingga bisa kami buang di tempat sampah tempat wisata tersebut atau terpaksa kami bawa pulang lagi jika tempat sampah sulit ditemukan. Pantang bagi kami berdua untuk ikut menimbun sampah. Selain membuat lingkungan tidak sedap dipandang mata, juga akan membawa bibit penyakit karena akan mendatangkan lalat.

Benteng Martello di Kelor

Benteng Martello di Kelor

Selain Coban Randa, piknik yang berkesan yakni di Pulau Kelor dan Pulau Onrust. Kedua pulau ini masuk Kepulauan Seribu. Saya bersama teman-teman berangkat dari Muara Kamal dan tidak sampai satu jam sudah tiba di Pulau Kelor.

Ada Gazebo Bisa untuk Piknik

Ada Gazebo Bisa untuk Piknik

Pulaunya kecil, setengah jam juga selesai dikelilingi. Yang menarik di sini adalah keberadaan sisa benteng Mortello yang cantik. Ada juga pengunjung yang asyik bermain air dan memancing. Setelah puas berfoto, saya ikut teman-teman piknik di gazebo sambil menyantap kue dan mereguk air. Hawanya sangat terik sehingga membuat mudah kehausan. Di perhentian berikutnya, yakni Pulau Onrust, baru kami menyantap bekal makanan berupa nasi kotak. Makan bersama-sama dengan kawan yang baru dikenal rupanya juga tak kalah menyenangkan. Saya dapat cerita baru dan teman baru.

Selamat Datang di Pulau Onrust

Selamat Datang di Pulau Onrust

D antara tempat-tempat berpiknik, salah satu favorit adalah daerah Bogor. Selain lokasinya tak jauh dari Jakarta dan bisa ditempuh dengan mobil pribadi ataupun kereta, Bogor juga memiliki berbagai tempat wisata yang asyik dikunjungi dan berhawa sejuk. Ada Kebun Raya Bogor yang populer, ada Kebun Teh di Puncak, Taman Safari Cisarua, Kawasan Taman Nasional Gunung Gede, Kawasan Wisata Gunung Bunder, dan masih banyak lagi. Semuanya indah, berhawa sejuk, dan asyik untuk dikunjungi berdua ataupun beramai-ramai.

Kebun Raya Bogor juga Asyik untuk Piknik

Kebun Raya Bogor juga Asyik untuk Piknik

Jika ada kesempatan ke Bogor, saya ingin berkunjung ke Kawasan Wisata Gunung Bunder. Oleh karena pada kunjungan pertama sudah terlalu sore sehingga tidak banyak air terjun yang bisa diekplorasi saat itu. Saya juga ingin ke Kebun Teh di Puncak untuk menikmati hawa Bogor yang segar. Menginapnya saat liburan di Bogor dan jika ada rejeki lebih bisa ke Hotel Padjadjaran yang terkenal nyaman dan berfasilitas lengkap. Hemmm… cuaca Jakarta yang terik membuat saya jadi ingin berpiknik di alam pegunungan.

Menambah Pengetahuan dan Menenangkan Pikiran

Menambah Pengetahuan dan Menenangkan Pikiran

Artikel ini diikutkan dalam Lomba Blog Piknik itu Penting.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada September 7, 2015.

5 Tanggapan to “Berpiknik itu Asyik”

  1. memang piknikitu asyik mbak haha , tapi yg gak asyik itu uangnya hihi 😀
    salam kenal
    sutopo blogger jogja

    • Yang gratisan juga lumayan banyak Pak Sutopo sekarang:)
      Bisa piknik di hutan kota Cijantung, Situ Cikaret,dan taman kota seperti Taman Honda Tebet dan Taman Gas yang luas, bersih, dan asri.

  2. main di curug bareng monyet?? uwaduh.. berarti masih hutan alami banget ya mbak curugnya! sayang tempatnya jauh dari daerahku :DDD

    • Wah saya malah lebih senang waktu monyetnya belum ada. Saya takut dengan monyet karena pernah makanan direbut monyek dan bahu pernah jadi sandaran monyet.

      Monyet ini kayaknya limpahan dari Air Terjun Kakek Bodo yang monyetnya juga melimpah, juga dari tempat wisata air Wendit.

  3. Terimakasih partisipasinya. Pengumuman diundur tgl 20 okt. goodluck.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: