Menyayangi Buku dengan Merawatnya

IMG_20150913_185203

Ketika saya bercerita ke salah satu grup di whats app jika saya masih punya buku-buku terbitan tahun 70-an dan 80-an, mereka terheran-heran. Buku itu masih dalam kondisi baik dan masih enak dibaca sampai saat ini karena saya sayang dan memeliharanya dengan seksama.

Kebiasaan saya sedari masih kecil hingga sekarang adalah merawat buku. Buku itu sahabat dan harta berharga sehingga saya ingin melindungi dan merawatnya. Untuk itu jika ada buku baru saya kontan ingin segera menyampuli bukunya.

Dulu uang saku saya terbatas. Sementara buku-buku koleksi ayah saya cukup banyak dan dalam kondisi kurang terawat. Akhirnya saya membeli plastik meteran. Dengan sabar saya memotong perlahan-lahan plastik meteran biar rapi.

Satu-persatu buku koleksi ayah saya sampuli dan saya beri pembatas buku dari pita meteran. Ada puluhan buku koleksi Karl May dari petualangan Odd Shaterhand dan Winnetou di Amerika hingga menjelajah Asia dan Afrika. Buku terbitan Pradnya Paramitha ini pun sampai sekarang masih terjajar rapi di perpustakaan pribadi di rumah bersama kisah Mahabharata, Gatotkaca Gugur, dan koleksi wayang lainnya.

Komik Tintin terbitan Indira tahun 80+an juga masih bisa dibaca dengan enak. Agar jauh dari ngengat, saya rajin memindah-mindahkan buku, mengelapnya dari debu, juga menaruh kapur barus dan beberapa kantong teh celup di rak buku.

Utang menyampuli buku saya masih banyak, suami membeli banyak komik dari pameran buku beberapa waktu lalu. Sudah waktunya membeli sampul plastik dan selotip bening untuk melindunginya sebelum jadi rebutan para keponakan.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada September 13, 2015.

4 Tanggapan to “Menyayangi Buku dengan Merawatnya”

  1. Kantong teh celup fungsinya apa y..

  2. Telaten banget Mbaknya. Kalau saya paling cuma ditaro di lemari terbuka biar warnanya enggak berubah jadi kuning-kuning. 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: