Kapal Nelayan atau Kapal Cepat ke Kepulauan Seribu

pulau bidadari

Ada berbagai cara menuju kepulauan Seribu. Yang paling murah tentunya dengan kapal nelayan dari Muara Angke atau Muara Kamal. Namun, jika ingin nyaman dengan durasi perjalanan lebih cepat, maka Anda bisa bertolak dari Dermaga Marina, Ancol. Di sini ada belasan pos dengan berbagai rute tujuan menuju kepulauan Seribu. Mau ke pulau Bidadari, pulau Pari, pulau Harapan dan sebagainya tinggal pilih.

Saat saya tiba di Dermaga Marina, sudah banyak kapal yang merapat siap untuk membawa penumpang menuju pulau tujuan mereka. Karena saya hendak menuju pulau Bidadari, saya menuju dermaga 15. Jika bingung dermaga mana yang akan membawa Anda ke pulau tujuan, sebaiknya mencari informasi terlebih dahulu atau bertanya ke petugas dermaga, demikian pula jadwalnya. Oleh karena tidak setiap rute memiliki jadwal perjalanan yang banyak dan serupa. Kan sedih jika sudah jauh-jauh ke Marina, eh ternyata terlambat dan tidak ada lagi kapal menuju pulau tersebut.

 Dermaga Marina, Ancol

Saya sudah pernah mencicipi pelabuhan Muara Angke dan Muara Kamal. Muara Angke lebih baik daripada Muara Kamal yang kotor, kumuh, dan tidak teratur. Waktu itu saya bertolak dari Muara Kamal menuju pulau Onrust, pulau Cipir, dan pulau Kelor. Sedangkan melalui Muara Angke saya menuju pulau Tidung. Di dermaga ini juga bisa menuju pulau Pramuka, pulau Pari, dan sebagainya.

Dari segi biaya memang lebih murah dengan kapal nelayan dibanding kapal cepat di Marina yang berkisar Rp 200 ribuan. Di Muara Angke rata-rata perjalanan memerlukan biaya Rp 35 ribu/orang. Sedangkan di Muara Kamal, sewa perahu untuk 20 orang berkisar Rp 600 ribu untuk seharian.

Kapal nelayan dari Muara Kamal

Kapal nelayan dari Muara Kamal

Jangan ditanya lebih nyaman mana antara kapal nelayan dan kapal cepat. Kapal nelayan jarang memikirkan keselamatan penumpang. Jika masih ada ruang, ya masih bisa dimasuki penumpang. Urusan life jacket itu urusan kesekian. Dari segi waktu perjalanan bisa mencapai 2-3 jam untuk perjalanan menuju pulau Pramuka dan pulau Tidung.

Tempat duduk yang nyaman di kapal cepat

Tempat duduk yang nyaman di kapal cepat

Sedangkan kapal cepat hanya memerlukan 20 menit menuju pulau Bidadari. Tempat duduknya pun nyaman.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Oktober 29, 2015.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: