PTNNT: Penerapan Green dan Sustainable Mining

pantai kertasari

Pertambangan memiliki stigma negatif perusak lingkungan. Karenanya Kementerian Lingkungan Hidup menggalakkan aktivitas pertambangan yang ramah lingkungan dan berkelanjutan (green dan sustainable mining). Apakah PT Newmont Nusa Tenggara (PTNNT) masuk kriteria tersebut?

Aktivitas pertambangan memiliki output limbah bahan berbahaya yang berpotensi mencemari dan merusak lingkungan di sekitarnya jika tak terkelola dengan baik. Karena itu, tiap tahun KLH menilai industri dalam menaati peraturan lingkungan hidup (PROPER) yang meliputi AMDAL, pengendalian pencemaran air dan udara, pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun, serta reklamasi. Kategori PROPER terdiri dari hitam, merah hijau, biru, dan emas.

Status hitam adalah kategori terburuk dimana industri terbukti melakukan pencemaran berat dan akan dikenai sanksi. Sedangkan perusahaan penerima status biru telah memenuhi standar pengelolaan lingkungan.

PTNNT yang beroperasi di tambang Batu Hijau ini telah menerima PROPER hijau 6 kali, namun status menurun menjadi biru pada 2012-2015. Hal ini perlu menjadi perhatian PTNNT untuk memperbaiki aktivitas terkait pengelolaan lingkungan agar kembali mendapatkan PROPER hijau.

PTNNT juga meraih penghargaan Aditama Emas dari Kementerian ESDM atas komitmen terhadap pengelolaan lingkungan pada 2012. Tidak merusaknya pertambangan tembaga dan emas di Sumbawa terhadap lingkungan sekitar terlihat dari bersihnya pantai-pantai yang terletak tak jauh dari lokasi pertambangan. Akan tetapi masih ada tanda tanya mengapa peringkat PROPER PTNNT menurun. Hal ini bisa ditanyakan dan dilihat langsung oleh masyarakat umum dalam Bootcamp yang rutin dihelat PTNNT.

gambar dari sini

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Januari 22, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: