Spirited Away: Anime Ghibli Terbaik?

Spirited away

Anime produksi studio Ghibli bertajuk Spirited Away banyak dipuja-puji dan dikumandangkan sebagai anime terbaik Ghibli. Ceritanya memang unik dan bikin dag dig dug seperti Coraline, tapi menjadi terbaik, pantaskah?

Spirited Away sudah saya tonton bertahun-tahun silam tapi saya masih ingat jalan ceritanya. Ceritanya yang unik ala dark fantasy membuat saya terkesan.

Film ini mengisahkan petualangan gadis cilik yang kehilangan kedua orang tuanya. Alkisah Chihiro Ogino hendak pindah bersama kedua orang tuanya. Eh ayahnya salah jalan dan ketiganya pun keluar dari mobik untuk melemaskan badan.

Ayahnya penasaran dengan tempat tersebut dan menduga tempat tersebut adalah taman bermain yang sudah terlantar. Kemudian orang tuanya menemukan restoran yang kosong tapi penuh makanan. Keduanya tergiur dan mencicipinya tapi kemudian menjadi rakus.

Sedangkan Chihiro melihat-lihat lokasi di seberang jembatan dan bertemu anak sebayanya bernama Haku. Anak laki-laki tersebut memperingatkannya agar menjauh dari lokasi tersebut sebelum matahari terbenam.

Terlambat! Chihiro tidak menemukan kedua orang tuanya. Yang ada di restoran kosong itu hanya dua babi. Dan tempat tersebut menjadi aneh. Menakutkan. Chihiro sendirian dan ketakutan. Lantas makhluk aneh bermunculan.

Chihiro tidak sendiri. Haku lantas menyarankannya untuk bekerja di tempat tersebut, tempat yang menyeramkan, untuk membebaskan orang tuanya dari sihir.

Meskipun film ini segala umur, saya ikut merasa ketakutan lho..saya bisa bayangkan bagaimana Chihiro yang masih sepuluh tahun sendirian dan dikelilingi makhluk-makhluk aneh. Wah pasti rasanya seperti mimpi buruk.

Tapi film ini bukan film horor, lebih tepat dark fantasy atau film spirit-fantasy karena Chihiro masih dapat menemukan sahabat di antara lingkungan yang serba aneh.

Ceritanya memang agak absurd tapi orisinil. Hehehe lucu juga di dunia spirit ada usaha pemandian umum yang laris. Ada juga spirit yang kesepian dan kemudian menjadi sahabat Chihiro. Tentang Haku rupanya ia punya rahasia tersendiri bisa terjebak di dunia spirit.

Film anime ini unik dan orisinil. Tak salah jika mendapatkan Oscar untuk kategori animasi terbaik tahun 2002.

Apakah Spirited Away bisa disebut anime terbaik Ghibli? Hemmmm susah juga ya. Saya suka banyak film Ghibli. Dari segi coretan saya suka Princess Kaguya yang seperti lukisan cat air. Dari segi cerita saya menyukai My Neighbor Totoro. Ya cerita Ghibli memang banyak yang bagus dan favorit setiap orang bisa berbeda-beda.

Detail Film:
Judul: Spirited Away
Sutradara : Hayao Miyazaki
Genre : Anime, dark fantasy, petualangan, supernatural
Rating: 8,8/10
Gambar dari sini

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Januari 31, 2016.

3 Tanggapan to “Spirited Away: Anime Ghibli Terbaik?”

  1. […] blog ini: 1. Princess Mononoke 2. Ponyo 3. When Marnie was There 4. Howl’s Moving Castle 5. Spirited Away 6. Iblard Jikan 7. The Ocean Waves 8. Only Yesterday 9. Wolf […]

  2. dulu nonton ini saya kurang ngerti, iyalah dulu nontonnya pas pas bocah jd kurang ngerti
    tapi pas kemaren2 nonton ini, sumpah ini keren bgt filmnya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: