Mana yang Jahat: Paus Atau Manusia?

Poster in the heart of the sea

Menyaksikan film In The Heart of The Sea membuat saya berada di posisi dilema. Mana dalam film ini yang antagonis, pauskah yang secara tidak langsung membunuh pemburu atau manusia yang tamak?

Minyak ikan paus untuk apa? Mengapa mahal? Ternyata masa itu minyak ikan paus diduga baik untuk kesehatan kulit dan tubuh. Ternak jadi sehat dengan mengkonsumsi minyak ikan paus. Karena kandungan omega 3-nya minyak ikan juga baik untuk menurunkan tekanan darah dan anti peradangan. Tapi kini minyak ikan paus diganti dengan jenis ikan lainnya.

Minyak ikan paus merupakan bisnis.besar di Inggris pada awal abad ke-19. Minyak ikan memang laris terutama di Eropa Utara sehingga di Inggris bermunculan firma yang mendorong perburuan paus besar-besaran.

Kisah perburuan paus oleh kapal The Essex konon mengilhami Herman Melville membuat novel terkenal yakni Moby Dick. Perburuan paus ini memakan banyak korban hingga hanya tersisa segelintir awak dan kapalnya pun karam.

Film ini berawal dari rasa ingin tahu Herman Melville terhadap kejadian sesungguhnya yang menimpa awak kapal The Essex. Kisah ini ditutup-tutupi sehingga yang terdengar hanya kapal tersebut karam oleh serangan paus, tapi seperti apa kejadiannya tidak ada yang tahu persis. Hingga Nickerson yang saat itu masih remaja bersedia bercerita karena sangat memerlukan uang untuk biaya hidup.

Dikisahkan oleh Nickerson, kapal yang dinahkodai oleh George Pollard dan wakil kapten Owen Chase kesulitan mencari paus di Samudera Atlantik hingga mereka memutuskan untuk meneruskan pelayaran ke Samudera Pasific yang terkenal sebagai laut yang dalam.

Awak kapal sudah lelah dan ingin pulang. Akan tetapi melihat kerumunan paus mereka berubah pikiran hingga sebuah paus raksasa membuat nasib mereka berubah total.

Film ini adalah sebuah kisah tragedi. Kasihan para awak kapalnya dan ketakutan yang menghinggapi mereka. Mereka juga harus menghadapi ketakutan lainnya akan kekurangan air tawar dan makanan. Bagaimana mereka bisa hidup dengan terombang-ambing di lautan.

Dari segi visualisasi, filmnya bagus. Akting Chris Hemsworth, Cilian Murphy, dan Ben Whishaw juga apik. Penggambaran laut yang luas, misterius dan juga berbahaya terlihat jelas di film ini. Yang bikin kurang pas di film ini mungkin temanya karena sekarang masyarakat sadar untuk mencintai paus dan hiu sebagai predator utama lautan. Paus juga punya hak hidup bukan jika tak mengganggu?

Detail Film
Judul: In The Heart of The Sea
Sutradara: Ron Howard
Pemain: Chris Hemsworth, Cilian Murphy, dan Ben Whishaw
Genre : Petualangan
Rating: 7,6/10
Gambar dari website intheheartofthesea

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Februari 3, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: