My Confession dan Lagu-lagu Josh Groban yang Membuat Melamun

bring him home

Josh Groban pada awal tahun 2000-an sangat populer. Saat itu ia masih muda tapi membawakan lagu-lagu ala opera yang segmennya terbatas. Tapi ia cerdik dengan membungkus lagu-lagunya tersebut dengan nuansa pop sehingga jangkauan pendengarnya lebih luas. Ada banyak lagu Josh Groban yang membuat saya bisa melamun membayangkan kisah dalam lagu tersebut. Lagu terfavorit adalah My Confession dimana saya seolah berada di negeri Spanyol.

Intro lagu My Confession dengan iringan gitar Spanyol yang khas langsung menarik perhatian pendengar. Lagu ini tentang seorang pria yang akhirnya menyadari perhatian dan cinta yang tulus dari seorang wanita. Liriknya sederhana dan tidak menggunakan bahasa simbolik alias lugas. Yang membuat lagu ini mewah adalah iringan musik dan cara Josh Groban membawakan lagu ini.

Saya menjadikan lagu ini sebagai salah satu lagu video pernikahan karena menurut saya lagu ini sangat romantis. Ketika lagi merindukan pasangan, mendengarkan lagu ini bisa menitikkan air mata lho hehehe. Outro lagu ini juga apik dengan petikan gitar Spanyol dan musik string.

That I feel myself surrender
Each time I see your face.
I am staggered by your beauty,
Your unassuming grace.
And I feel my heart is turning,
Falling into place.
I can’t hide it
Now hear my confession.

Saya ingat kawan dekat saya semasa kuliah memberikan dua album kaset Josh Groban untuk saya, album Josh Groban dan Closer.

Penyanyi kelahiran 27 Februari 1981 ini memang menarik perhatian sejak duetnya bersama Celine Dion menampilkan The Prayer. Lagu ini sebenarnya lebih dahulu dibawakan Celine bersama Andrea Bochelli. Tapi bersama Josh Groban pun terdengar enak. Ketika Josh kemudian menjadikan nomor ini menjadi salah satu tembang dalam album perdananya, ia mengajak biduan genre klasik yang saat itu juga sangat kondang, Charlote Church. Wah duet remaja penyanyi klasik ini benar-benar wow. Saya dulu juga suka Charlote dan punya album kasetnya bingkisan dari kawan yang sama-sama pecinta musik klasik.

josh

Album pertama Joshua Winslow Groban memiliki berbagai tembang yang asyik. Di antaranya Vincent (Starry, Starry Night), Canto Alla Vita (featuring The Corrs), dan To Where You Are. Kalau menurut saya selain The Prayer yang megah, lagu Canto Alla Vita begitu memikat.

Pada album Closer yang dirilis tahun 2003, Josh makin bersinar. Lagunya yang sangat beken adalah You Raise me Up. Lagu lainnya yang tak kalah menawan adalah Per Te, Never Let Go (featuring Deep Forest), Caruso, Broken Vow yang diciptakan Lara Fabian, dan My Confession.

Total ada tujuh album yang telah dirilis ada Josh Groban (2001), Closer (2003), Awake (2006), Noël (2007), Illuminations (2010), All That Echoes (2013), dan Stages (2015). Album-album setelah Closer memang tidak terlalu saya perhatikan dengan seksama, tapi masih ada lagunya yang hits dan asyik seperti You Are Loved (Don’t Give Up) pada album Awake dan She Moved Through the Fair pada album Echoes. Musik dari bagpipe yang menyuguhkan nuansa Skotlandia begitu kental, tapi entah kenapa saya lebih suka versi Boyzone yang benar-benar bisa membuat terharu sekaligus kagum akan musiknya. Ala Celtic Women juga keren.

Selain album solo, Josh juga piawai mengisi tembang soundtrack seperti Remember (OST Troy), Believe (OST Polar Express), Bring him Home (OST Les Miserable), dan For Always feat Lara Fabian (OST. Artificial Intelligence).

josh2

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Mei 13, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: