Rajin Berolah Raga Pikiran pun Damai

fitness-girl-running-gym-young-sporty-woman-run-machine-41675458

Sejak SD saya dan Kalian pasti mengenal slogan berolah raga Mens Sana in Corpore Sano yang bermakna di dalam tubuh yang kuat terdapat jiwa yang sehat. Slogan ini memberikan semangat agar sejak kanak-kanak terbiasa dengan olah raga. Namun, bagaimana dengan saat ini dimana kesibukan menyita waktu dan perhatian?

Dengan semakin banyaknya aktivitas, sementara di satu sisi ada banyak gadget dan media sosial yang membuat orang terdistraksi, banyak pihak yang pesimis terhadap kebiasaan olah raga kaum masyarakat modern. Memang masih banyak kalangan yang malas bergerak atau porsi kegiatan olah raganya kurang seperti saya hehehe, akan tetapi saat ini sedang tumbuh budaya hidup sehat di kalangan masyarakat modern, dimana salah satunya gemar berolah raga.

Jenis olah raga masyarakat perkotaan memang sebagian di antaranya mengikuti tren. Dulu sedang ada tren bersepeda hingga ada gerakan bike to work. Tapi lama-kelamaan gerakan bike to work khususnya di Jakarta meredup karena belum banyaknya jalur khusus bersepeda dan memiliki risiko tinggi terhadap kecelakaan. Saat ini olah raga favorit dan populer adalah lari. Sedangkan fitness masih banyak diminati karena olah raga ini bisa dilakukan di ruangan saat pulang kerja atau saat akhir pekan.

Saya dan suami memang masih belum memenuhi anjuran berolah raga selama 150 menit atau 30 menit selama lima hari dalam seminggu. Olah raga yang biasa saya lakukan adalah jalan kaki. Sedangkan jika di rumah saya suka melakukan senam dan peregangan. Sementara pasangan mulai menyukai fitness. Bahkan ia sudah memiliki kaus dan celana khusus senam juga memiliki stok suplemen fitness halal. Ternyata ada beragam suplemen untuk fitness, di antaranya suplemen EAS halal yang kaya protein. Kalau fitness sih, pilihan saya juga tak lepas dari treadmill dari jalan cepat hingga lari, atau sepeda statis.

Memang berolah raga itu perlu kemauan dan kedisplinan. Sebaiknya olah raga juga dimasukkan dalam rutinitas agar mudah diingat. Olah raga juga asyiknya dilakukan bersama orang terdekat atau ramai-ramai agar membuat diri kita bersemangat melakukannya.

Dengan adanya kesibukan terutama bagi blogger yang sering diundang ke acara ini itu dan kemudian berkutat dengan tulisan, olah raga seringkali sekedarnya. Saya dulu juga menganggap melakukan pekerjaan rumah tangga seperti mencuci pakaian, menyetrika, mengepel, dan mencabuti rumput sebagai bagian olah raga. Akan tetapi rupanya kegiatan tersebut hanya aktivitas fisik bukan dikategorikan berolah raga karena gerakannya tidak berulang dan kurang memacu seluruh anggota tubuh untuk bergerak.

Saya sendiri melihat kawan-kawan yang aktif berlari jadi tertarik untuk mulai rajin berolah raga. Apalagi dengan berolah raga berarti juga mencintai tubuh kita. Olah raga dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan penyakit degenaratif seperti pikun.

Jika tubuh sehat selain badan kuat dan prima, maka jiwa pun jadi sehat. Dalam jiwa yang sehat pikiran akan lebih damai dan tenang, dibandingkan saat sakit. Tidak perlu memikirkan penyakit juga memikirkan duit untuk biaya pengobatan.

Hal tersebutlah yang memacu saya untuk mulai mencintai aktivitas berolah raga. Olah raga juga bisa membuat seseorang jadi makin sportif dan mencintai alam sekitarnya.

Kalau bulan puasa begini sih sebaiknya berolah raga sore hari menjelang berbuka biar tidak kelelahan dan dehidrasi. Jadi tidak ada alasan sih tidak berolah raga saat berpuasa.

Selamat berolah raga ya:)

Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi blog Blogger Writing Competition 2016 bersama SFIDN.com. Isi dan tulisan dari artikel/blog post ini diluar tanggung jawab SFIDN.com.

sfidn

Gambar dari sini

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 24, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: