Dia Tidak Pulang Saat Lebaran

Girl and cat

Dia tidak pulang saat lebaran. Begitu juga pada H+1 lebaran. Ia menikmatinya sendiri bersama kucingnya. Dia tidak apa-apa dan tidak merasa apa-apa dengan pilihannya.

Lebaran tahun ini berbeda dengan sebelumnya. Tidak ada kue kering dan tidak ada es podeng. Yang ada sebuah kopi hitam yang hangat dan kerupuk yang renyah. Gadis itu tak kecewa pada perbedaan tersebut. Ia yakin pria di benua berbeda merasakan hal yang sama dan mungkin lebih buruk daripada dirinya.

Ia merayakannya di rumahnya tetap dengan sukacita ala dia. Kopi hitam hangat cocok menyambut pagi yang syahdu. Sejak dini hari langit dihiasi oleh takbir. Subuh yang begitu syahdu

Lebaran adalah salah satu momen istimewa yang ditunggu umat Islam di Indonesia, tapi baginya seperti hari-hari biasa karena tak ada pria tersebut. Ia mengucapkan pesan kepada pria tersebut Juli masih hujan dan mungkin Jakarta takkan pernah kemarau tahun ini.

Awal Juli, hujan dan lebaran. Mendung, kelabu syahdu. Tidak ada sesuatu yang sama pada hidup. Setiap harinya unik dan ada istimewa. Begitu juga lebaran tahun ini, tak sesepi yang ia kira.

Mitha si gadis pengkhayal itu pulang pada malam natal. Ia mengejutkan pria teman masa kecilnya yang diam-diam merindukannya. Tapi gadis itu bukan Mitha. Ia tak wajib datang saat natal ataupun lebaran. Semesta pun tak mewajibkannya untuk pulang.

She came home for a christmas, seperti pada lagu milik Mew. But the other woman didn’t come home for Ied mubarak. 

Gadis itu tidak pulang lebaran kali ini. Begitu juga esok dan esok harinya. Tapi ia tetap akan pulang untuk menjenguk udara di kota yang pernah menghidupinya. Kapan ia pulang, Engkau akan mengetahuinya segera.

Gambar dari sini

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 6, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: