Ada Apa Saja di Boulevard Ijen?

Boulevard Ijen

Sejak dulu kota Malang terkenal akan jalan Ijennya. Jalanan yang rapi dengan pepohonan di kiri kanan yang rindang. Dulu suka banget jalan kaki dari rumah menuju jalan ini, menyeberangi sungai sehingga bisa lekas sampai. Sekarang seperti apakah jalan ini?

Sebelum menetap ke Jakarta saya masih ingat kawan SMA mengajak saya jalan-jalan menghadiri Malang Tempo Doeloe. Waktu itu acaranya dilaksanakan di Jalan Ijen. Saya dan kedua teman kompak mengenakan baju-baju lucu bernuansa jadul.

Saat ini jalan Ijen disebut Ijen Boeulevard. Tamannya tetap rapi sepetti dulu. Tetap ada monumen bunga keemasan. Bedanya sekarang ada bangku-bangku dan pengunjung bisa menikmati suasana sembari duduk-duduk. Biasanya ada saja wisatawan yang asyik berfoto-foto di area ini, baik wisatawan asing maupun lokal.

Jalan ijen

Jalan ijen

Di jalan Ijen ini terdapat dua bangunan istimewa, yaitu Museum Brawijaya dan Perpustakaan Kota Malang. Sebenarnya juga ada gereja di dekat sini dan tak jauh dari jalan Ijen ada hutan kota Malabar, tempat saya dulu dan kedua teman semasa SMP suka berlatih berolah raga sebelum Ebta.

Di perpustakaan kota ini pengunjung bisa membaca di tempat atau meminjamnya untuk dibawa pulang. Koleksi bacaannya untuk novel banyak yang baru. Jika disediakan fasilitas WIFI bagi pengunjung untuk menjelajah dunia maya.

Sedangkan di Museum Brawijaya pengunjung dapat melihat koleksi peninggalan Jenderal Soedirman juga menambah wawasan akan pertempuran untuk mempertahankan kemerdekaan di area Jawa Timur.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 14, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: