Ini yang Bakal Membuat Sumbawa Makin Hebat dan Bermartabat

pelabuhan sumbawa

Ketika menginjakkan kaki ke Sumbawa tiga tahun silam, rasanya itu pengalaman yang luar biasa. Bagaimana melihat salah satu pelabuhan yang indah di nusantara dengan latar belakang pulau-pulau dan senja. Salah satu pengalaman yang kukenang dan ingin terulang. Namun, Sumbawa akan lebih hebat dan bermartabat jika tidak hanya mengandalkan sektor wisata, melainkan juga meningkatkan kualitas pemuda dan olah raganya, juga memelihara warisan budayanya.

Satu kesan saat berkesempatan menikmati pemandangan alam Sumbawa adalah natural. Tempat wisatanya masih murni dan bersih dan terpelihara dengan baik. Tidak kalah dengan pulau tetangganya seperti Bali dan Lombok. Plusnya, tidak padat wisatawan sehingga bisa puas berliburan.

Belum banyak tempat wisata yang sempat saya nikmati keindahannya di Sumbawa karena pada saat itu perjalanannya hanya singkat. Waktu itu hanya sempat menjelajah sebagian kecil obyek wisata di Sumbawa Barat, yaitu Pulau Kenawa dan kawasan nelayan Poto Tano. Tapi jangan salah, saat saya bangun pagi dan berjalan menuju dermaga Poto Tano, saya sudah merasa takjub akan panoramanya. Sebuah panorama cuma-cuma yang menawan.

Ke pulau Kenawa saya seolah mendapat suguhan pulau cantik dengan selimut hijau. Hijau, membuat mata terasa segar. Bawah lautnya juga tak kalah menawan.

pulau kenawa

Ada banyak lagi tempat wisata menawan di Sumbawa, seperti pantai Maluk, pulau Moyo, gunung Tambora, Istana Dalam Loka, dan sebagainya. Belum lagi even wisata dan budayanya. Tak ketinggalan masakan istimewanya, Ayam Taliwang.

Pada tahun 2016 ini ada beragam festival dan even menarik lainnya. Untuk pariwisata, Pemkab Sumbawa mempromosikan pariwisata berkelanjutan dengan tiga unsur, budaya, alam, dan kreatif.

Apa saja even wisata-budaya-olah raga-pemuda yang menarik di Sumbawa?

Sumbawa memiliki keragaman suku dimana suku terbesar yaitu suku Sasak, Sumbawa, dan Mbojo. Ketiga suku ini membawa keragaman dan keunikan budaya di Sumbawa, dari segi kuliner, pertunjukan wayang, seni kerajinan, maupun ritual adat.

Festival wisata-budaya tersebut yang sering dihelat rutin di antaranya Silaturahmi kebudayaan tahun baru inlek dengan pertunjuan seni tari Tionghoa dan kolaborasi tarian daerah Sasak, Samawa dan Mbojo. Ada juga Pesta Rakyat Bau Nyale dengan ritual dan karnaval, Pawai Ogoh-Ogoh, Pagelaran Wayang Kulit Sasak, Tambora Menyapa Dunia, Festival Mbojo berupa pacuan kuda untuk anak-anak, Festival Taliwang, dan Festival Moyo.

Dari segi oleh raga, Pemkab Sumbawa juga berupaya meningkatkan kualitas atletnya dengan melakukan pembinaan dan memberikan perhatian akan kesejahteraannya. Saat ini cukup banyak atlet asal Sumbawa yang membawa harum nama Indonesia di kejuaraan dunia, sebagian besar dari cabang atletik, voli pantai, karate, dan Muay Thai. Para atlet tersebut di antaranya Iswandi, I Dewa Ayu Ita Ariyanti, dan Fadlin.

Untuk mempopulerkan olah raga di kalangan generasi muda maka juga terdapat even olah raga tahunan, termasuk yang berkelas nasional dan internasional. Agenda olah raganya keren-keren. Ada lari ultra marathon Lintas Sumbawa, Tambora Ultra berupa trail run di Gunung Tambora, dan Tambora Bike Camp, lomba surfing dunia yakni Festival Lakey, Sekongkang MTB Adventure, dan ASIAN Surfing Championship.

Untuk mendukung kualitas pendidikan dan kreativitas pemudanya, juga terdapat Gelar Seni Pelajar, Pagelaran Olah Seni, dan kelas inspirasi di bawah naungan Indonesia Mengajar. Acara semacam ini penting bagi generasi muda, oleh karena kualitas generasi muda bukan hanya dari kepandaian akademik, namun juga kreativitas, ketrampilan, dan pengembangan karakter yang baik.

Pada tahun 2016 Sumbawa juga menjadi tuan rumah ASEAN University Youth Summit yakni pertemuan mahasiswa se-ASEAN sebagai sarana diskusi dan pertukaran budaya. Sehingga diharapkan dengan adanya even pemuda bertaraf nasional dan internasional, maka pemikiran pemuda-pemudi Sumbawa menjadi terbuka dan tanggap terhadap dinamika di sekelilingnya juga dapat memberikan kontribusi kepada kemajuan daerahnya.

file_photo

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 19, 2016.

4 Tanggapan to “Ini yang Bakal Membuat Sumbawa Makin Hebat dan Bermartabat”

  1. Semoga kedepan kita semakin hebat dan bermartabat..Salam kenal mba salam jaya Blogger samawa http://imronfhatoni.blogspot.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: