[Resensi] Summer in Seoul:Kisah Penyanyi Korea dan Gadis Biasa

metropop-summer-in-seoul

Saya memang agak payah dalam mengingat nama orang Asia Timur dan Thailand, alhasil saya kurang menyukai jika diminta membuat ulasan bacaan dan film dari negara tersebut. Aduh susah banget melafalkan nama dan menghafalnya. Oleh karenanya saya di awal-awal membaca Summer in Seoul karya Ilana Tan saya mulai pusing. Berhubung ceritanya cukup menarik ya akhirnya saya catat di notes nama-nama pemerannya agar mudah mengingatnya.

Novel ini sebenarnya buku pertama dalam rangkaian tetralogi musim Ilana Tan. Jadinya urutannya adalah Summer in Seoul, Autumn in Paris, Winter in Tokyo dan Spring in London. Perekat antara kisah ini dengan kisah lainnya adalah sosok Danny Jo yang kemudian muncul di Spring in London dan tokoh Tara Dupont yang menjadi pemeran utama di Autumn in Paris.

Kisah bermula ketika seorang gadis yang bekerja dengan desainer kondang sekaligus mahasiswi, Sandy alias Han Soon-Hee merasa ponselnya tertukar dengan pria tampan yang bertemu dengannya di sebuah minimarket. Gara-gara ponselnya terbawa oleh Park Hyun-Shik,ia berkenalan dengan penyanyi Korea terkenal, Jung Tae-Woo. Rupanya Hyun-Shik adalah manajer Tae-Woo dan ia sedang membawakan ponsel Tae-Woo yang habis diservis.

Tak diketahui mereka, ada yang memotret ketika dua pria itu mengantar Sandy ke halte bus. Hyun-Shik berpikir artikel tersebut membantu Tar-Woo yang dikabarkan gay karena tidak pernah menjalin hubungan dengan wanita manapun. Hyun-Shik mengulang idenya tentang pacar palsu itu dan mengaitkannya dengan Sandy.

Ketika berjumpa lagi dengan Sandy di butik tempat Sandy bekerja maka Tae-Woo menawarkan kerja samanya.

“Aku hanya ingin memintamu berfoto denganku sebagai pacarku,” kata Jung Tae-Woo pada gadis di hadapannya. Sandy pun setuju asal wajahnya tak terlihat.

Hubungan pura-pura itu awalnya berjalan lancar hingga ibu Tae-Woo tak sengaja membocorkan nama si gadis misterius itu. Lalu ada kawan Sandy, Young-Mi, yang mencurigainya. Juga ada sekelompok fans yang mempergokinya sedang hendak menemui Tae-Woo dan memotretnya. Alhasil niat Sandy menjadi pacar pura-pura tanpa wajah pun gagal.

Tae-Woo juga merasa hubungannya dengan gadis ini rumit karena ibunya menyukai Sandy dan ia gelisah ketika mengetahui apartemen Sandy terbakar dan tanpa pikir menawarinya tinggal sementara di rumahnya. Dan ternyata Sandy bukan gadis biasa, ia memiliki saudara yang meninggal di sebuah acara yang tidak ingin diingat Tae-Woo. Para fansnya pun menganggap Sandy memang beralasan mendekati Tae-Woo untuk membalas dendam. Benarkah?!

Membaca novel ini membuat saya membayangkan bintang Korea yang beberapa tahun lalu begitu hip di Indonesia. Beberapa waktu lalu saya juga mengobrol dengan teman yang pernah menonton pertunjukan bintang Korea dan terkejut melihat euforia penonton. Para fans bintang Korea memang gila-gilaan dalam hal menyukai idolanya dan rela merogoh jutaan rupiah demi menonton idolanya. Alhasil membaca novel ini membuat saya membayangkan bagaimana posisi Sandy di antara para fans yang bisa ‘mengerikan’ jika menganggap idolanya tersakiti.

Saya menyukai sosok Sandy di sini yang sederhana, biasa banget seperti para perempuan kebanyakan, dan tidak mata duitan. Meskipun memiliki kawan seorang artis terkenal ia biasa saja dan tidak memanfaatkannya.

Saat membaca sepertiga buku saya memang merasa Sandy memiliki misi khusus dengan langsung mengiyakan menerima perjanjian konyol menjadi pacar bohongan Tae-Woo. Dan cara pengarangnya memaparkan masa lalu Sandy dan keluarganya terkait dengan rahasia itu cukup halus. Memang sih saya sama seperti Sandy pasti bertanya-tanya apakah Tae-Woo benar-benar gay? Soalnya banyak artis Korea yang berpenampilan seperti pretty boy jadinya agak membingungkan bagi saya yang bukan penggemar lagu dan bintang Korea.

Sosok Tae-Woo entah kenapa kurang membuat saya terkesan. Saya malah lebih suka dengan sosok manajernya yang dewasa hahaha.

Nah bagaimana akhir hubungan Tae-Woo dan Sandy? Apakah tetap menjadi pacar pura-pura atau kembali menjadi saling asing.

Detail Buku:
Judul: Summer in Seoul
Pengarang: Ilana Tan
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Rating : 7,8/10
Gambar dari bukupedia. Oh ya bukunya juga bisa didapatkan di toko buku online tersebut di tautan ini.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada September 19, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: