Choju Giga Terinspirasi Anime Tertua di Jepang

anime-unik-4

Sebuah anime singkat bertajuk Choujuu Jinbutsu Giga Emaki (Choju Giga) menarik perhatian. Gambarnya menarik dan kurang umum, yaitu seperti gambar di gulungan kuno tentang cerita fabel. Anime berdurasi sekian detik ini menceritakan hubungan antara manusia dan hewan tapi lebih banyak dari sisi si hewan, kelinci dan kodok.
Anime ini merupakan produksi studio Ghibli bekerja sama dengan grup Marubeni. Animenya unik. Hanya ada dua warna, tapi goresan gambarnya cukup detail dan menarik. Konon anime jenis ini adalah anime tertua di Jepang yang diciptakan abad 12-13.

Suatu ketika hujan deras dan angin kencang. Seekor kambing dengan berpenampilan ala petani sudah merasa aman dengan berteduh di cerukan. Sementara si kelinci masih kebingungan mencari tempat yang menghindarkannya dari hujan.  Ia ingin berteduh bersama kambing tersebut tapi si kambing nampaknya keberatan dan cuek akan keberadaannya.

anime-unik-1

anime-unik-2

anime-unik-3
Saat ia menggigil kedinginan di dekat cerukan tersebut, si kodok melihatnya. Ia memberikan payungnya berupa daun lebar kepada si kelinci yang diterima si kelinci dengan segan karena kuatir si kodok kebasahan. Si kelinci pun kemudian menuju rumahnya.

anime-unik-5

anime-unik-6
Angin kencang membuat payung berupa daun lebar itu tertiup angin, si kelinci kesulitan memegangnya. Payung itu seolah menyeretnya. Beberapa hewan yang berpapasan dengannya menyaksikannya dengan beragam ekspresi antara kasihan dan keheranan. Hingga ia berpapasan lagi dengan si kodok yang lagi-lagi membantunya. Keduanya kemudian berpayung bersama. Kedua tikus mengamati keduanya seolah-olah keheranan karena kodok dan kelinci bisa berteman.

anime-unik-7

anime-unik-8
Anime ini disiarkan di Jepang pada 1 April dan Kalian bisa menikmatinya via youtube. Maksud iklan ini yaitu untuk mempromosikan tenaga listrik baru yang disebut Plan G, dari kata ‘green’ dan ‘ghibli’. Tenaga listrik ini menggunakan sumber alam seperti angin, air, dan matahari untuk mengurangi tingkat polusi. Perusahaan ini berniat mendukung konservasi alam.

Anime ini dikomandani oleh Katsuya Kondo yang waktu itu memimpin pembuatan anime Kiki’s Delivery Service dan Ponyo. Studio Ghibli memang telah beberapa kali ikut membuat video promosi yang dikemas ala anime dan tentunya menarik.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada November 4, 2016.

2 Tanggapan to “Choju Giga Terinspirasi Anime Tertua di Jepang”

  1. Keren…keren…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: