November Rain dan Desember Kelabu

Rain

Ada beberapa lagu beken tentang bulan November, terutama November Rain. Jika pada bulan September dikaitkan dengan nuansa ceria dan bersemangat lewat lagu September Ceria, November seolah identik dengan kemuraman lewat hujan. Apakah suasana hati Kalian saat ini juga muram?

Lagu tentang November berjudul November Rain dibawakan oleh band rock Amerika yang dulu begitu populer, yakni Guns N’ Roses dengan vokalisnya Axl Rose yang nada jangkauan suaranya lebar. Lagunya berirama lembut dan melankolis jika dibandingkan dengan tembang-tembang lain Guns N’ Roses.

Hujan terkadang dikaitkan dengan kemuraman dan kesedihan. Dalam lagu November Rain tergambarkan sebuah pertanyaan ke seseorang apakah ia siap mengakhiri kesendiriannya dan membuka hatinya, saling mencintai, atau sebaliknya hidup dengan jalan masing-masing?

Setiap orang perlu waktu untuk sendiri. Dan ada banyak orang yang menikmati kesendiriannya. Tapi tentunya ada masa-masa keinginan untuk menikmati suasana bersama seseorang yang dicintai.

If we could take the time to lay it on the line
I could rest my head
Just knowin’ that you were mine, all mine
So if you want to love me then darling don’t refrain
Or I’ll just end up walking
In the cold November rain

Do you need some time on your own
Do you need some time all alone
Everybody needs some time on their own
Don’t you know you need some time all alone

Dalam video klipnya si perempuan nampak mendua dan hatinya belum siap untuk melabuhkan hati ke yang lain. Pasca pernikahan turun hujan lebat dan kemudian si pengantin perempuan meninggal, bunuh dirikah? Keterkaitan lagu ini dengan video klipnya bisa dimaknai berbeda bergantung persepsi. Setiap orang bisa berubah, begitu juga dengan masalah hati.

November memang bisa dikaitkan antara nuansa yang muram karena hujan yang terus mengguyur hampir sepanjang hari. Selain November Rain, lagu bernuansa muram tentang November juga dipopulerkan oleh Meggy Z berjudul Kabut November.

Kabut gelap
Awal bilan November
Bagaikan sebuah mimpi belaka

Pasca November, hujan semakin deras mengguyur bumi sehingga pada Desember tercipta lagu berjudul Desember Kelabu yang dicipta tahun 80-an dan kemudian dipopulerkan kembali oleh Yuni Sarah. Lagunya juga mendung tentang kekecewaan karena si pasangan menggantung perasaan kekasihnya. Ia berlaku kejam meninggalkan kekasihnya tanpa kejelasan.

Sinar cinta seterang rembulan
kini pudar sudah
Desember kelabu selalu menghantui
setiap mimpiku

Meski hujan itu mendung, hati tak seharusnya terus kelabu. Hujan bisa tetap membuat manusia bersemangat. Yuk tetap bersemangat dan menjaga agar mood selalu ceria pada bulan November ini.

Gambar dari quotesgram

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada November 23, 2016.

3 Tanggapan to “November Rain dan Desember Kelabu”

  1. “November seolah identik dengan kemuraman lewat hujan. Apakah suasana hati Kalian saat ini juga muram?”
    saya kok langsung teringat dengan sikon negeri tercinta kita ini, suasana hati bangsa lagi diselimuti mendung begitu derasnya sentimen sara menghujani ibu pertiwi. Saya kok jadi teringat lagi tersadar (dari tadi pingsan yak…#eaak) tentang lagu hujan milik salnk yang -semoga- bisa mengusir kemuraman yg bergelayut.
    Hujan…siramilah
    Hujan…basahi kemarau
    Hujan…siramilah
    Hujan…sejukkan ‘Indonesiaku’
    anyway, btw, busway…ahh sayang di surabaya nggak ada busway, apa hubungannya…hehehe
    pokoknya 4 jempol dehh…tulisan sampeyan apik

    • Salam kenal Kanal Kota,
      wah terima kasih banyak sudah mampir ke blog ini. Iya ya suasana di Indonesia lagi mendung sejalan dengan hujan yang tak berhenti mengguyur di berbagai kota. Tapi mudah-mudahan mendung yang menggelayuti suasana sosial politik di Indonesia cepat berlalu dan Indonesia kembali damai tentram. amiin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: