True Grit: Ketika Gadis Remaja Membalas Dendam

true-grit-kuda

Di dunia ini kamu harus membayar segala sesuatunya, dengan cara apapun. Karena tidak ada yang gratis. Kecuali belas kasihan Tuhan.

Mungkin Kalian sulit percaya ada seorang gadis berusia belasan tahun berani melakukan apa saja untuk membalaskan kematian ayahnya. Namun itulah yang terjadi, seorang gadis 14 tahun bernama Mattie Ross rela melakukan pengejaran dengan berkuda berhari-hari untuk menangkap si pembunuh ayahnya, Tom Chaney.

Mattie (Hailee Steinfeld ) memang tidak seperti gadis remaja lainnya. Ia sangat keras kepala. Ia sedih sekaligus kecewa mendengar kematian ayahnya. Selain dibunuh, kuda dan dua logam emas ayahnya pun dicuri.

Usai meminta tolong agar jenazah ayahnya diantar ke rumah, ia pun mengurus surat kematian dan harta ayahnya. Ia tahu ibunya tidak akan setegar dirinya mendengar kematian ayahnya. Lalu ia berjanji kepada dirinya sendiri untuk menemukan pembunuh ayahnya dan melihatnya digantung.

death

 

aah-meningal

Ia membayar Deputy Marshall AS Reuben J. “Rooster” Cogburn (Jeff Bridges) yang dikenal tangguh dan kejam untuk menemaninya mengejar Tom Chaney. Lalu datanglah Texas ranger, LaBoeuf (Matt Damon), yang juga mengejar orang yang sama dengan tuduhan membunuh senator Bibs di Waco Texas.

true-grit-ngotot

 

ngotot

Keduanya, Rooster dan LaBoeuf berencana pergi bersama tanpa Mattie dengan uang imbalan akan dibagi berdua, namun Mattie sangat bersikeras dan mengejar mereka. Ia memaksa kudanya menyeberangi sungai dimana LaBoeuf memandangnya marah dan menganggapnya hanya sebagai beban. Ia memukulnya agar jera dan kembali pulang. Namun, Cogburn memberinya kesempatan sehingga LaBoeuf sangat kesal.

Akhirnya ketiganya pun berpetualang, melakukan perjalanan pengejaran pada musim dingin. Rupanya ada banyak yang harus dikorbankan untuk pengejaran Tom Chaney (Josh Brolin) tersebut.

Film ini sudah agak lama, yakni dirilis tahun 2010 namun baru tadi malam saya tertarik menonton yang mendapat 10 nominasi Oscar tersebut. dua pemerannya, Jeff Bridges dan Hailee Steinfeld juga mendapatkan dua nominasi sebagai aktor terbaik dan aktris pendukung terbaik, namun gagal meraih pialanya.

Saya suka karakter Mattie di sini. Ia gadis yang sangat pemberani tapi begitu keras kepala. Ia seolah tak takut atau mungkin tidak ingin tahu jika perjalanan berkuda untuk mengejar buronan itu tak hanya melelahkan bagi perempuan, namun juga berisiko kehilangan nyawa, apalagi saat itu musim dingin.

rue-grit

Akting Hailee di sini memang jempolan, tak heran jika ia meraih nominasi Oscar di usianya yang masih belia. Hemmm apakah saat adegan Mattie berkuda, menyeberangi sungai dengan kudanya dan menembak itu dilakoninya sendiri? Jika ya, tak salah ia berhasil menyisihkan 15 ribu pesaingnya untuk mendapatkan peran Mattie Ross. Chemistry antara Mattie dan Cogburn di sini juga pas. Hubungan saling benci kemudian saling menghargai antara Mattie dan LaBeouf juga tergambar dengan baik.

Film berdasarkan True Grit karya Charles Potis ini sebenarnya pernah dibuatkan filmnya pada tahun 1960-an dan cukup sukses. Film remake-nya juga tak kalah dengan prestasi pendahulunya bahkan berhasil mendulang banyak prestasi meskipun di ajang Oscar sebatas nominasi, gambar-gambarnya indah, aksi penyergapan dan saling tembaknya mendebarkan. Setting wild west dan juga kostumnya digarap dengan detail.

Detail Film:
Judul : True Grit
Sutradara : Joel dan Ethan Coen
Pemeran : Jeff Bridges, Matt Damon, Josh Brolin, Barry Pepper, dan Hailee Steinfeld
Genre : wild west, petualangan, laga
Rating : 7,6/10

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 7, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: