Rogue One: A Star Wars Story yang Epik dan Sentimentil

Rogue One

Seberapa ngefans Kalian dengan Star Wars? Itu pertanyaan yang mungkin perlu Kalian jawab sebelum menonton Rogue One: a Star Wars Story. Pasalnya, film ini bisa dibilang kurang penting karena terjadi pada masa lalu, dimana timeline-nya antara Anakin Skywalker memilih kubu kegelapan sebagai Darth Vader dan sesaat jelang Leia Organa menjadi salah satu pemimpin kaum pemberontak. Akan tetapi jika Kalian penggemar sejati Star Wars tentunya wajib nonton.

Baru tahun lalu film Star Wars VII: Force Awakens dirilis, Rabu lalu (14/12) Star Wars kembali hadir. Awalnya saya mengira film ini adalah sekuel, eh ternyata bukan. Film ini bisa disebut spin off juga bisa juga disebut prekuel. Mengapa film ini cukup penting ditonton? Oleh karena film ini merencanakan upaya merebut denah senjata mematikan di dunia Star Wars, yang dikenal dengan nama Death Star.

Film berawal dari keluarga Erso yang didatangi oleh Orson Krennic (Ben Mendelsohn) dan pasukan Imperial. Ia sebenarnya sudah enggan bekerja dengan Imperial, ia ingin menyepi tapi mereka memaksa. Putrinya, Jyn Erso, sudah bersembunyi dan kemudian dibesarkan oleh Saw Gerrera (Forest Whitetaker).

Cerita bergeser dua dekade kemudian ketika situasi semakin memanas. Pertentangan antara Imperial dan The Rebels semakin terlihat. Jyn (Felicity Jones) pun kemudian direkrut kaum pemberontak untuk menunjukkan lokasi ayahnya. Mereka mendengar Galen Erso (Mads Mikkelsen) mengirim pesan penting via pilot Imperial yang berbelot, Bodhi Rook (Riz Ahmed) yang ditangkap pasukan Saw Gerrera.

Jyn erso

Singkat cerita bersamaan dengan Jyn bertemu dan mendapatkan pesan dari ayahnya, pada saat itu Imperial tengah melakukan uji coba senjata baru yang mampu menghancurkan sebuah planet. Akhirnya planet yang dihuni Saw Gerrera Jedha, hancur lebur.

Saat menuju lokasi ayahnya bekerja, Krennic juga menuju ke sana untuk mengetahui pengkhianat di sana. Terjadi pertempuran antara kaum pemberontak dan imperial force. Galen kemudian tewas sehingga Jyn tidak punya bukti bahwa ayahnya tak bersalah dan selama ini menanamkan kelemahan di sistem death star.

Menyadari bahaya tersebut, Jyn memberitahukan kepada senator agar segera mengambil denah death star di pusat keamanan Imperial, planet Scariff. Terlalu berisiko sehingga ide itu ditolak. Akhirnya Jyn bersama kawannya dan sekelompok pejuang pemberani pun berangkat dengan misi mengambil denah Death Star. Mereka adalah Cassian Andor (Diego Luna), Chirrut Imwe (Donnie Yen), pilot Bodhi Rook, Baze Malbus (Wen Jiang), droid K-2SO (Alan Tudyk). Pergolakan pun tak bisa dihindari.

Film ini meskipun spin off dan timeline-nya berada di antara film ketiga Revenge of The Sith dan film keempat A New Hope, tetap menarik. Ada beberapa karakter baru yang meskipun kemudian tidak muncul di film berikutnya tetap mencuri momen.

Karakter tersebut adalah Galen Erso, ilmuwan di balik senjata mematikan. Mads Mikkelsen, favorit saya ehem meskipun adegannya sedikit ia berhasil menunjukkan siapa dia sebenarnya dan maksud ia kembali bergabung bersama Imperial. Lalu ada droid K-2SO yang juga unik, cerewet, pintar dan memiliki daya tempur. Ada pula space monkey bernama Bistan yang pemberani dan penuh semangat.

Android protokol

Namun yang paling mencuri perhatian adalah Donnie “IP Man” Yen dengan perannya sebagai pejuang buta yang percaya pada force tapi bukan jedi. Ia tampil memukau berkat kemampuan bela dirinya yang mampu mengalahkan para stromtrooper.

Donnie yen

Desain setting-nya di tiap lokasinya benar-benar ciamik. CGI-nya juga keren. Ada sosok deathtroopers yang desain kostumnya lebih keren dan kemampuannya lebih daripada stromtroopers.

Kisahnya mulai menarik sekitar sepertiga akhir cerita. Final battle-nya benar-benar menggugah dan epik juga terasa sentimentil.

Final battle

Oh ya ada beberapa karakter terkait dengan film Star Wars ketiga dan keempat. Seperti Dart Vader hehehe, gubernur Imperial Tarkin, senator Bail Organa dan satu lagi yang muncul di akhir.

Darth vader

Tentang the Rebels sebenarnya juga ada versi animasinya dimana karakternya berbeda dengan di The Rogue One. Dengar-dengar musim ketiga serial animasi The Rebels akan memiliki kaitan dengan Rogue One. Yuk kita tunggu seperti apakah musim ketiga The Rebels, apakah nantinya bakal ada crossover karakterkah?

Di film ini terasa banget inspirasi Nazi dalam kostum, gaya kepemimpinan dan juga stromtroopers yang sebenarnya mirip dengan Waffen SS.

Animasi rebels

Detail Film
Judul : Rogue One: a Star Wars Story
Sutradara: Gareth Edwards
Pemeran: Ben Mendelsohn, Forest Whitetaker, Mads Mikkelsen, Felicity Jones, Riz Ahmed, Diego Luna, Alan Tudyk, Wen Jiang, Donnie Yen, Jimmy Smith,
Genre : Fantasi, petualangan
Rating : 8,5/10
Gambar dari IMDB dan Hero Complex

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Desember 17, 2016.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: