Akankah Perfilman Nasional Tahun 2017 Mengungguli Kesuksesan 2016?

Istirahatlah kata-kata

Tahun 2016 membuat sineas perfilman Indonesia tersenyum cerah. Seperti yang diprediksikan Film Cek Toko Sebelah berhasil melewati angka keramat satu juta penonton. Itu berarti ada 10 film Indonesia yang dirilis tahun 2016 berhasil menjaring lebih dari satu juta penonton. Akankah kesuksesan tahun 2016 ini dilampaui pada tahun ini?

Ketika lapak DVD bajakan merajalela dan semakin banyak yang sanggup berlangganan TV kabel, banyak yang memperkirakan bioskop akan segera tamat. Namun, rupanya tidak demikian, bioskop masih banyak peminatnya. Yang menggembirakan, penonton Indonesia juga terus mengalami peningkatan. Bisa jadi hal tersebut dikarenakan kualitas film yang semakin bagus dan genrenya yang makin beragam, selain juga basis fans yang kuat.

Tahun 2016 bisa dibilang merupakan tahun yang cemerlang bagi perfilman nasional. Ada 10 film yang di atas satu juta penonton dan banyak film yang berhasil menjaring penonton di atas 100 ribu. Jika dihitung-hitung ada lebih dari 30 juta penonton film Indonesia pada tahun 2016. Jika dikalikan dengan pendapatan kotor tiket tiap penonton dimana berkisar Rp 35 ribu, maka pendapatan dari tiket mencapai Rp 1,05 Triliun. Lumayan menggiurkan kan pendapatan dari sektor kreatif, sehingga sineas film nasional sebaiknya juga tetap bersemangat menghasilkan film berkualitas.

Film terlaris 2016 (sumber: filmindonesia.or.id)

Film terlaris 2016 (sumber: filmindonesia.or.id)

Menilik daftar film yang bakal rilis tahun ini, ada yang menyebut tahun 2017 itu tahun film sekuel. Oleh karena ada berbagai film yang dulunya laris bakal dibuat lagi sekuelnya dengan berharap kembali mengulang sukses. Film-film tersebut di antaranya Filosofi Kopi 2 yang berjudul Ben dan Jody, Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss 2, Ayat-ayat Cinta 2, dan Surga yang Tak Dirindukan 2.

Ben dan Jody melanjutkan sepak terjang keduanya dalam mengelola bisnis yang sesuai passion mereka, yaitu kopi dalam Filosofi Kopi. Dalam film sekuelnya ini akan ada dua aktris jelita yang digandeng, yaitu Luna Maya dan Nadine Alexandra.

Sekuel Filosofi Kopi (sumber: ziliun)

Sekuel Filosofi Kopi (sumber: ziliun)

Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss 2 akan melanjutkan petualangan trio Dono Kasino Indro mencari harta karun untuk membayar denda atas perbuatan mereka. Jika tidak dibayar pada waktunya mereka akan mendekam di balik terali. Untuk Ayat-Ayat Cinta 2 dan Surga yang Tak Dirindukan 2 apakah tetap mengangkat isu poligami atau tidak, rasanya tetap akan lumayan banyak penontonnya seperti film pendahulunya.

Selain film sekuel tersebut, beberapa
film yang dinanti-nanti pada tahun 2017 di antaranya Istirahatlah Kata-kata yang mengisahkan perjuangan Wiji Thukul pada masa orde baru. yang terkenal dengan ‘Hanya Satu Kata, Lawan’. Film ini meraih nominasi piala citra tahun 2016.

Ada juga film Salawaku yang berlatar keindahan pulau Seram dan juga menarik perhatian dewan juri FFI 2016. Tak tanggung-tanggung film yang disutradarai oleh Pritagita Arianegara ini berhasil meraup delapan nominasi dan berhasil membawa pulang piala citra sebagai aktris pendukung terbaik untuk Raihaanun.

Juga ada film biopik yaitu Kartini yang diperankan Dian Sastro dan Chrisye yang dimainkan Vino G. Bastian, dimana sudah santer promonya sejak 2016. Apakah Kartini versi Dian Sastro bakal lebih menarik dan pas dibandingkan versi di Surat Cinta untuk Kartini? Juga, apakah Vino bakal bernyanyi sebagai Chrisye?

Film Firegate tentang misteri Gunung Padang yang ditunda perilisannya tahun lalu juga kemungkinan bakal diputar tahun ini. Film yang dibintangi Julie Estelle ini bertema misteri dan horor. Saya bertanya-tanya apakah penundaan perilisan dikarenakan kekuatiran akan adanya protes dari para sejarahwan dan masyarakat sekitar jika sejarah yang dimuat dalam film ini kurang akurat?

Dari genre percintaan, film romantis yang menghadirkan Reza Rahadian dan Adinia Wirasti berjudul Critical Eleven ditunggu-tunggu, dimana diangkat dari novel laris berjudul sama karya Ika Natasha. Kisahnya berfokus pada hubungan Ale dan Anya.

Film Critical Eleven (sumber: bookmyshow)

Film Critical Eleven (sumber: bookmyshow)

Sedangkan film The Last Barongsay yang berkisah tentang pelestarian budaya Tionghoa akan diputar saat imlek mendatang. Film Last Barongsay diperankan Dion Wiyoko yang tampil cemerlang di Cek Toko Sebelah dan disutradarai Ario Rubbik.

Apakah kiranya film sekuel dan film yang dinanti-nanti tersebut bakal mendulang kesuksesan baik dari kualitas maupun kuantitas penonton? Kita tunggu saja.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Januari 15, 2017.

2 Tanggapan to “Akankah Perfilman Nasional Tahun 2017 Mengungguli Kesuksesan 2016?”

  1. Menurut saya sekuel film-film yang laris di 2016 tidak akan sesukses film pertamanya, terutama Warkop DKI Reborn.

    Prediksi saya Critical Eleven akan sukses besar. Jangan lupakan juga film animasi Si Juki yang baru mulai dibuat saja sudah heboh di sosial media.

    • Yup kita tunggu saja. Kalau melihat film Rudy Habibie memang perolehannya tak sebesar Habibie Ainun. Tapi AADC 2 melampaui AADC. Oh iya lupa masukkan si Juki. Animasi ini kayaknya ditunda perilisannya ya? Soalnya sudah lama pernah nonton trailer-nya diiklankan di bioskop. Komiknya juga laris.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: