Ini Pilihanku untuk Mudik Nyaman dan Aman

Jika disuruh memilih, transportasi umum manakah yang paling favorit untuk mudik? Kami berdua pasti kompak mengatakan pesawat terbang. Bukan hanya relatif lebih aman dibandingkan transportasi darat dan laut, namun faktor kecepatannya juga menjadi bahan pertimbangan. Pasalnya kampung halamanku, di Malang Jawa Timur, terletak lebih dari seribu kilometer dari tempat tinggal di Jakarta Timur.

Sudah semua transportasi darat saya cobai untuk melakukan mudik. Mulai dari motor dan bus (tapi hanya dari Surabaya ke Malang), kereta api, juga menumpang mobil milik kakak. Naik motor saat mudik untuk jarak dekat masih sah-sah saja. Tapi pengalaman masa itu, pantat pun kaku dan pundak pegal ketika mudik dengan motor pada malam takbiran. Dari yang biasanya hanya dua jam maka menjadi 4-5 jam. Asli, capek banget deh. Kapok rasanya.

Kalau untuk naik bus, jarak dekat juga masih menyenangkan, apalagi jika berangkatnya sebelum puncak mudik. Waktu itu sih saya sering mudik naik bus jaman masih kuliah di Surabaya.

Tapi waktu sudah tinggal di Jakarta, bus dan motor tentu sudah saya coret dari daftar transportasi untuk mudik. Ngirit sih boleh, tapi yang penting nyaman. Naik bus paling nyaman 12 jam ke bawah, lebih dari itu bisa pegal dan bosan. Saya pernah sekali naik bus dari Malang ke Jakarta, duh rasanya bosan dan pegal. Terasa tidak sampai-sampai. Total perjalanan masa itu 22 jam. Kalau untuk masa mudik entahlah, jalanan yang macet mungkin bisa menyebabkan durasi perjalanan lebih dari sehari.

Awal-awal dulu suka numpang kakak dengan mobil pribadinya. Capek sih tapi karena bareng keluarga jadinya asyik-asyik saja. Berhubung anak kakak sudah dua dan besar maka ruang di mobil pun terbatas. Saya pun berpindah ke kereta.

Naik kereta lumayan nyaman. Paling permasalahannya hanya bosan berjam-jam di kereta. Jika ada teman ngobrol sih enak. Tapi 17 jam di kereta dengan kawan sebangku yang tak asyik bisa menyiksa.

Tidak perlu seharian sudah tiba si bandara Malang (dokpri, pernah dipakai di kompasiana)

Yang paling cepat dan nyaman tentunya naik pesawat terbang. Apalagi sudah ada rute penerbangan langsung dari Jakarta ke Malang. Cukup 90 menit sudah sampai deh di Bandara Abdurahman Saleh Malang. Yang lebih mengasyikan Bandara Halim Perdanakusuma sudah terbuka untuk umum dan salah satu tujuannya adalah ke Malang. Dari rumah tidak sampai satu jam ke Halim. Jadi total waktu dari keberangkatan ke bandara Halim hingga tiba di rumah orang tua di Malang tidak lebih dari empat jam. Cepat kan?

Bandara Halim Perdanakusuma (dokpri pernah dipakai di indoblognet)

Mudik Selamat, Aman, dan Nyaman Menggunakan Transportasi Udara
Sudah lebih dari lima kali perjalanan mudik, saya menggunakan transportasi udara. Tujuan mudik itu melewatkan lebaran bersama keluarga besar jadi badan harus dijaga baik-baik agar selamat, aman dan nyaman.

Banyak yang bilang perjalanan dengan transportasi udara itu mahal. Sebenarnya relatif sih. Biasanya kami pesan jauh-jauh hari. Bahkan terkadang sejak awal tahun kami memesan tiket pesawat untuk lebaran.Dengan demikian kami bisa mendapat tiket dengan harga normal dimana pernah harga tiketnya lebih murah daripada tiket kereta api.

Untuk tahun ini berhubung kami melakukan renovasi rumah maka tidak sempat berburu tiket pesawat murah. Akhirnya kami harus puas dengan harga lumayan tinggi, tapi kami senang karena keberangkatannya di bandara Halim yang tak jauh dari rumah. Dengan demikian kami tidak harus berangkat berjam-jam lebih awal dimana biasanya cukup.menyiksa dan bikin deg degan karena kemacetan Jakarta yang makin sulit diprediksi. Jika masih ngantuk maka kami bisa tidur di dalam pesawat setelah pesawat take off dan sebelum pesawat mendarat.

Naik pesawat juga relatif lebih aman karena jumlah kecelakaan transportasi udara dan korban lebih sedikit dibandingkan kecelakaan dan korban transportasi laut dan transportasi darat. Namun memang tetap perlu kehati-hatian karena pada tahun 2016 terjadi kenaikan kecelakaan terutama rute menuju Indonesia Timur. Padahal di bawah tahun 2014, kecelakaan pesawat terbang relatif minim tapi kemudian naik hampir dua kali lipat pada tahun 2016, dimana berdasarkan data Komite Nasional Keselamatan Transportasi yang dilansir detik.com (30/11/2016) dan beritagar (7/3/2017) umumnya dikarenakan kelalaian pilot. Faktor lainnya adalah masalah teknis, lingkungan dan sebagainya.

Data Laka Transportasi Udara berdasar Komite Nasional Keselamatan Transportasi (sumber: beritagar)

Siapa sih yang tidak ingin mudik selamat? Tentunya kita semua berharap agar dapat ke tujuan dan kembali dengan selamat. Untuk itu juga perlu upaya dan kewaspadaan dari diri sendiri.

Yuk Bergabung Menjadi #Sobat Aviasi
Oleh karena saya fans transportasi udara maka saya pun bergabung dengan komunitas #SobatAviasi. Apa itu? Sobat aviasi merupakan komunitas bentukan Kementerian Perhubungan Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Apa saja manfaat bergabung? Manfaat utama adalah paham dengan berbagai istilah yang biasa ditemui di bandara, tips sebagai penumpang, menambah pengetahuan akan dunia pesawat terbang Indonesia seperti sejarah bandara Kemayoran dan paham akan hak kewajiban sebagai penumpang.

Hak sebagai penumpang misalnya mendapatkan fasilitas naik dan turun pesawat, informasi status penerbangan apakah ditunda atau dibatalkan, dan sebagainya. Larangan bagi penumpang misalnya membawa benda tajam dan benda-benda tertentu, dan bercanda tentang bom, dan sebagainya. #SobatAviasi juga akan dapat banyak pengetahuan tentang anjuran menggunakan fasilitas check in online, berbagai istilah dunia penerbangan seperti baggage tag, juga tips agar tidak ketinggalan pesawat dan sebagainya. Kalian bisa mendapatkan informasi tersebut dengan bergabung di akun @djpu151 di facebook dan instagram.

#SobatAviasi apa yang wajib diketahui penumpang dekat pintu darurat? (Sumber: akun instagram @djpu151)

Ingin nyaman, aman dan selamat bermudik maka lakukanlah berbagai persiapan termasuk memilih transportasi yang tepat.

Ket: gambar cover milik @djpu151

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 15, 2017.

8 Tanggapan to “Ini Pilihanku untuk Mudik Nyaman dan Aman”

  1. Bergabung dengan #SobatAviasi ini memang banyak memberikan informasi ya mbak, terlebih bagi saya yang pemula dalam menggunakan transportasi udara ini.

  2. Standar keamanan pesawat paling tinggi. Yg bisa jd pilot jg gak sembarangan. Makanya aman lah naik pesawat

  3. Hai mba. Aku juga ingin nih mudik nyaman dan selamat 🙂

  4. Saya udah gabung juga jadi sobat aviasi 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: