Hanya Mie dan Kopi untuk Sahur?

Apakah Kalian hanya menyantap mie dan kopi untuk sahur pada bulan Ramadhan? Wah kalau begitu Kalian tipe mahasiswa atau anak kos-kosan nih yang ingin segala sesuatunya praktis dan masuk dalam anggaran bulan ini.

Mie instant dan kopi memang tipe makanan dan minuman yang praktis. Hanya perlu beberapa menit maka makanan dan minuman ini siap disajikan.

Kopi memang minuman yang hangat, bisa bikin mata melek dan menyemangat diri. Namun ada sesuatu yang harus diingat minuman ini bisa bikin dehidrasi, sama halnya seperti teh. Oleh karenanya selain kopi maka Kalian juga perlu menyeruput air putih untuk mencukupi kebutuhan air dalam tubu

Untuk mie memang makanan instan yang enak. Saya sendiri jika sudah hampir telat sahur jika tidak menyantap biskuit juga mie. Mie memang mudah dan murah, akan tetapi makanan ini minim gizi, sehingga perlu dapat tambahan seperti susu, gula, sayur, telur rebus atau lainnya.

Masyarakat memang suka masakan yang praktis dan hangat untuk sahur. Biasanya mereka yang kerja juga tidak tidur pasca sholat Subuh agar tidak kebablasan sehingga perlu kopi untuk obat melek mata.

Menurut berbagai pakar kesehatan, menyantap mie instant boleh tapi jangan keterusan, bisa jadi hanya selingan. Mereka yang berpuasa tetap perlu nutrisi cukup dari segi gizi, seperti vitamin, protein, lemak, karbohidrat dan mineral dimana hal tersebut tidak dipenuhi oleh mie instant.

Untuk itu sebaiknya menu makan juga lengkap. Jika malas makan sahur maka bisa menyantap makanan seperti oat dan buah-buahan, oleh karena beberapa buah punya kandungan lemak, vitamin, dan mineral. Buah yang cocok jadi teman sahur seperti pisang dan alpukat. Penting juga menyiapkan susu untuk menu sahur karena susu juga mengandung mineral dan beragak vitamin yang diperlukan oleh tubuh.

Wah seminggu lagi akan lebaran. Ada rasa sedih juga bulan penuh berkah ini akan berlalu. Mumpung masih ada waktu, yuk siapkan menu sahur dan berbuka juga melakukan berbagai aktivitas dengan sebaik-baiknya.

Gambar dari shutterstock

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juni 18, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: