Bermimpi dan Base Jam

Kadang ingin pergi, kadang ingin sendiri. Sampai kini ku tak tahu pasti, aku hanya bisa bermimpi… Mereka yang merasakan tahun 90-an pasti tahu lagu ini. Ya, lagu yang dibawakan kumpulan remaja menamakan dirinya Base Jam ini lumayan beken pada masa itu. Aku yang masih kecil pun merasa kagum pada Anya, si keyboardis cantik Base Jam, dan sampai saat ini ada beberapa lirik lagu mereka yang kuingat.

Ada banyak lagu lokal tahun 90-an yang bagus dan sampai saat ini terus diingat. Masa-masa tersebut memang kejayaan musik lokal dan musik mancanegara. Lagu-lagunya memiliki mutu jempolan baik dari segi nada maupun syairnya.

Masa itu lahir banyak band. Ada yang sukses hanya satu lagu yang kemudian dijuluki One Hit Wonder, tapi ada juga yang eksis hingga menelurkan beberapa album. Base Jam, termasuk yang eksis cukup lama hingga personelnya telah dewasa dan memiliki jalan hidup masing-masing.

Base Jam didirikan tahun 1994. Para personelnya adalah Sigit Wardana (vokal), Adon Saptowo (vokal) Anya atau Intan Putri Werdiniadi (keyboardis), Adnil Faisal (gitar), Ardi Isnandar (gitar) Bambang Sutanto (drum), dan Ardhini Citrasari alias Sita (bas).  Album pertama mereka dirilis Musica Studio tahun 1996 dengan tembang andalan “Bermimpi”. Lagu dengan iringan nada yang sederhana namun mudah diterima di telinga ini langsung sukses dan memuncaki tangga lagu. Lagu ini banyak disukai kalangan remaja, sederhana dan lagunya memiliki lirik khas remaja.

Musik yang indah dan lugas, serta perpaduan vokal Sigit yang ngebas dan Adon yang tenor saling mengisi. Lagu ini menjadi karya Base Jam yang paling populer dan terkenal.

Kadang aku bermimpi, ingin aku miliki
Khayalan yang ada di hati
Bukanlah mimpi

Masa itu aku bermimpi apa ya? Sepertinya masa dulu dan sekarang tidak jauh berbeda, dikelilingi kucing-kucing dan buku.

Album berikutnya  dirilis hanya beda satu tahun. Wah aji mumpung nih. Meskipun proses produksinya cepat, mereka berhasil menyelesaikan 10 lagu. Masih berada di bawah naungan Musica Studios, lagu andalan mereka “Jatuh Cinta” pun gencar dipromosikan di televisi dan radio. Namun, saya lebih suka lagu berjudul “Rindu” yang berirama sendu.

Walau jarak memisahkan kita
Berdua
Ku selalu… dekat di hatimu
Simpanlah rasa rindumu hanya
Untukku
Kukan datang… untukmu… oh
Rinduku

Album ketiga, Ti3a,menghasilkan lagu “Aku Bukan Pujangga” yang video klipnya digarap cantik di Taman Prasasti.  Gara-gara video klip ini aku jadi ngebet bertandang ke makam Belanda ini, patung-patung malaikatnya indah.

Lagu “Aku Bukan Pujangga” memang digarap cukup matang. Liriknya menawan dan lebih puitis dibandingkan lirik-lirik lagu Base Jam sebelumnya. Musiknya memiliki dinamika yang apik dan berkesan romantis. Selain “Bermimpi”, lagu ini menjadi lagu Base Jam paling populer.  Sayangnya pasca album ketiga yang dirilis tahun 1999 ini, dua personelnya, Adnil dan Anya mengundurkan diri. Nama Base Jam mulai kendur.

Ku ingin kau tahu isi di hatiku
Ku tak akan lelah jaga hati ini
Hingga dunia tak bermentari

Album berikutnya, Sinergi Base Jam Emp4t memang masih lumayan sukses dengan lagu unggulan “Anggun” dan “Juwita Hati”. Mulai menurun kepopulerannya pada album kelima yaitu Dari Hati. Album Best of The Best yang diluncurkan tahun 2002 hanya menambahkan dua lagu baru, “Denganmu Tanpamu” dan “Hujan Tanpa Awan”. Menurutku lagunya mirip-mirip dengan lagu sebelumnya. Sebelum mereka vakum, pada tahun 2003 Base Jam sempat merilis album Dua Sisi dengan “Pelukan Terakhir”. Seperti judul lagunya, seolah ada firasat lagu ini menjadi lagu terakhir sebelum mereka berhibernasi.

Dua tahun lalu Base Jam kembali bereuni. Album  yang menandai 21 tahun perjalanan Base Jam adalah Base Jam Reunion 21 Tahun. Album ini berisi 12 lagu, 11 lagu lawas dengan “Jatuh Cinta” dan “Rindu” diaransemen ulang. Plus, satu lagu baru berjudul “Sayang” . Sedangkan personelnya ada tujuh, yaitu lima di antaranya personel lawas, Adnil, Sita, Sigit, Aris, dan Bambang, dan dua personel baru Oni dan Alvin.

Penasaran dengan lagu Sayang? Menurutku lagunya lumayan meski liriknya kurang ‘wah’.  Kualitas vokal Adon masih tetap enak didengar.

Sayang hatiku tahu yang terbaik
Hatiku bilang kau terindah
Dirimu cinta yang terakhir, hanya untukku

Kredit: twitter Base Jam (@Base_Jam) dan youtube.com

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 15, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: