7 Alasan Kamu Perlu Nonton Filosofi Kopi 2!

Kamu pasti sudah tahu kan sekuel Filosofi Kopi yang bertajuk Ben & Jody rilis hari sejak Kamis, 13 Juli. Film yang dibintangi Chicco Jerikho dan Rio Dewanto ini mengundang euforia penikmat film Indonesia sejak official teaser-nya dirilis 14 April silam. Bagi Kamu baik yang penggemar berat maupun yang sama sekali bukan fans Filosofi Kopi ada tujuh alasan Kamu perlu menonton Filosofi Kopi 2: Ben & Jody.

Para Karakternya Masih Sama dengan Film Perdananya
Film Filosofi Kopi kali pertama dirilis pada tahun 2015. Film ini merupakan adaptasi dari kumpulan cerpen laris karya Dewi Lestari. Meskipun hanya berupa cerita pendek, berkat tangan dingin penulis skenario Jenny Jusuf dengan penasihat Dewi Lestari maka film ini bisa dibuat versi layar lebar dengan cerita yang lebih kompleks. Pada film pertamanya, Ben (Chicco Jerikho) dan Jody (Rio Dewanto) berupaya memenangkan sayembara meracik kopi terbaik. Ben berhasil memenangkannya. Tapi kegembiraan Ben pupus ketika seorang blogger kuliner, El (Julie Estelle), berkata ada kopi yang lebih enak dari Perfecto. Ben dan Jody pun kemudian berpetualang mencari kopi terenak .

Dalam film lanjutannya ini, tokoh utamanya tetap Ben dan Jody dengan pemeran yang sama, Chicco dan Rio. Para kru kedai Filosofi Kopi juga tak berubah, yaitu trio Westny Dj, Muhammad Aga, dan Aufa Assagaf. Kakak Jody yang cerewet juga tetap diperankan oleh Mellisa Karim. Dengan karakter yang sama ini membuat para penonton akan merasa akrab dan terlihat benang merah antara film perdana dan film sekuelnya.

Pemerannya masih sama dengan sebelumnya (dok. IMDB//Visinema Pictures)

Yang sudah menonton webseries dan mendengar sandiwara radio Ben & Jody juga akan makin lekat dan rasanya akan sayang untuk melewatkan film ini. Kamu pasti penasaran dong apalagi yang akan menjadi lahan eksplorasi Ben dan Jody.

Ada Dua Sosok Wanita Cantik yang Tak Sekedar Pemanis
Kalian yang sudah telanjur jatuh hati dengan karakter El (Julie Estelle), jangan merasa kecewa karena sebagai penggantinya ada dua wanita cantik yang tak sekedar pemanis. Keduanya adalah Luna Maya dan Nadine Alexandra yang masing-masing berperan sebagai Tarra dan Brie.

Brie dan Tarra yang masing-masing diperankan Nadine Alexandra dan Luna Maya (dok. id.bookmyshow)

Tarra merupakan partner bisnis Ben & Jody. Ia tidak hanya investor pasif, melainkan juga turut andil dalam membesarkan kedai Filosofi Kopi lagi. Sedangkan Brie menjadi sosok perempuan tangguh dalam jajaran barista kedai Filosofi Kopi. Kira-kira siapa yang lebih mahir dalam meracik kopi, Ben atau Brie?

Antusiasme Ben Terhadap Kopi Membuatmu Ingin Seruput Kopi
Dewi Lestari menggambarkan Ben sebagai coffee snob. Ia sangat gandrung akan kopi dan menganggap kopi adalah bagian dirinya. Saat menyiapkan sebuah kopi bagi pelanggannya, ia memulainya dari memilih bijih kopi terbaik kemudian meraciknya dengan hati. Ketika Ben menyiapkan menu kopi andalannya seperti Perfecto dan Tiwus, maka Kamu dijamin penasaran dan ingin menyeruputnya. Tak heran jika sejak film perdana Filosofi Kopi rilis maka meminum kopi di kedai kopi semakin ngetren di kalangan masyarakat urban.

Ben selalu antuasias dengan kopi (Webseries Visinema Pictures)

Kamu Jadi Ingin Jelajah Negeri
Pada film sekuel ini, Angga Dwimas Sasongko sebagai sutradara memilih lokasi syuting di enam daerah. Seperti yang dilansir Detik.com (26/6) daerah yang ada dalam cerita Ben & Jody adalah Jakarta, Denpasar, Yogyakarta, Lampung, Makassar, dan Toraja. Jakarta merupakan lokasi kedai Filosofi Kopi sebelum mereka kemudian berpetualang berkeliling negeri dengan kombi. Lantas apa kira-kira adegan yang pas ketika Ben & Jody di Bali dan Yogyakarta? Kalau Kalian menebak pasti tak jauh-jauh dari kedai kopi, perkebunan kopi, dan panorama alam yang indah di sana sih bisa jadi tidak salah. Pastinya panorama yang tersaji dalam film tersebut membuat Kamu ingin mengepak pakaian dan kemudian napak tilas perjalanan Ben & Jody.

Lagu-lagu dalam Film Asyik Didengar
Keberadaan soundtrack tak bisa dilepaskan dalam sebuah film. Lagu dalam film bisa menambah ruh dalam sebuah adegan. Oleh karenanya Chicco dan Rio yang juga menjadi produser Filosofi Kopi 2 ini tak main-main dalam memilih musisi dan lagu yang termuat dalam film ini. Bahkan keduanya turut menyumbangkan suara dengan menyanyikan ulang lagu milik Sheila on 7 bertajuk Sahabat Sejati. Hehehe memang pas sih mendukung bromance antara Ben dan Jody.

Zona Nyaman salah satu OST Filkop 2 (dok. youtube)

Para musisi lainnya yang berkontribusi dalam film ini seperti yang dilansir Jawapos.com (6/7) yaitu Leanna Rachel, Fourtwnty, Robi Navicula, Banda Neira, dan FSTVLST. Fourtwnty membawakan lagu berjudul Zona Nyaman yang seperti judulnya menyiratkan agar seseorang berani untuk keluar dari zona nyamannya. Lagunya lembut dan asyik didengar sambil melamun.

Ada Kedai Kopi Nyatanya
Yang membuat Filosofi Kopi unik karena kedai kopinya bukan hanya di cerpen dan film melainkan ada wujud riilnya. Pasca perilisan Filosofi Kopi (2015), kedainya yang terletak di kawasan Melawai, Jakarta Selatan dibuka untuk umum dan laris-manis. Nah, karena pada film sekuelnya juga mengisahkan tentang kedai Filosofi Kopi di Yogyakarta maka beberapa saat sebelum film Filosofi Kopi 2 ini tayang di bioskop, kedai kedua Filosofi Kopi di Yogyakarta juga sudah melayani masyarakat umum. Wow seru ya, sesuatu yang ada di dunia fiksi bisa jadi riil.

Kedai kopinya nyata (dok. @filosofikopi)

Ada Misi Sosialnya
Filosofi Kopi bukan hanya tentang film tentang dua sahabat dalam menjalankan bisnis kedai kopi. Ada misi sosialnya. Di dalam film digambarkan berbagai perkebunan kopi yang petaninya masih kurang sejahtera dan perlu uluran berbagai pihak karena kopinya sebenarnya berkualitas, hanya kurang tersorot. Di film ini penonton diajak mengenal berbagai jenis kopi di Indonesia juga lokasi perkebunannya. Oh ya setiap Kamu menonton film Filosofi Kopi 2: Ben & Jody maka Kalian juga berkontribusi membantu para petani kopi di Yogyakarta. Kopi Indonesia itu berkualitas lho, Kalian akan lebih mengenalnya lewat film Ben & Jody ini.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 17, 2017.

2 Tanggapan to “7 Alasan Kamu Perlu Nonton Filosofi Kopi 2!”

  1. Untungnyaaa aku baca artikel ini setelah nonton ahaha tp anywayy emng bagus bgt filmnyaa.. Aku suma karakter bri, dan bahkan aku juga nangis di akhir akhir. Hiks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: