Terlarut Baca Pustaka iJakarta

Setelah menikah ada kebiasaan yang mulai terkikis, yaitu membaca buku. Dulu aku bebas membaca kapan saja, apalagi saat sendirian di kosan. Seharian, saat akhir pekan, aku bisa mabuk bacaan. Tapi setelah menikah, ada banyak kerjaan, sehingga rasanya susah membaca dengan santai. Alhasil kegiatan membaca jadi me time yang sangat berharga.

Dulu aku suka berkunjung ke Kwitang dan Terminal Senen, mencari komik dan novel, baik yang kondisinya bekas maupun baru. Banyak komik jadul yang bagus-bagus, sedangkan novel di sana rata-rata harganya miring. Kalau di Malang aku juga suka dulu ke jalan Majapahit, sayangnya setelah toko-toko tersebut pindah aku belum pernah lagi ke sana.

Sudah lama ku tidak pernah singgah lagi ke Terminal Senen. Kejauhan. Akhirnya aku berlabuh ke acara obral buku. Jika beruntung aku mendapat buku-buku bagus, seperti Abarat dan 5 cm yang masing-masing menjadi Rp 30 dan 20 ribu. Hehehe dewi fortuna sedang menghampiriku.

Akhir-akhir aku sedang berperang melawan rayap. Duh mereka penjahat yang menyeramkan, tidak pandang buku, semua bisa dilahap. Koleksi majalahku pun jadi sasaran, sampai sesak melihatnya.

Karena sedang bersih-bersih rak dan koleksi buku, maka kuputuskan untuk tidak banyak-banyak menambah koleksi buku untuk sementara waktu. Rasanya sedih juga, belum ada lagi buku baru yang membuatku antusias membacanya.

Kemudian entah kenapa aku tertarik berkenalan dengan iJakarta, aplikasi perpustakaan mobile. Padahal, aplikasi mobile ini sudah hadir sejak dua tahun lalu, tapi aku baru tergerak mengunduh dan meng-install-nya. Setelah mendaftar sebagai anggota, aku terpukau dengan koleksi bukunya, ada ribuan judul. Rasanya aku tak tahan untuk menahan diri. Di antaranya juga koleksi novel klasik dan buku-buku terkenal. Ada karya Charles Dickens, Ahmad Tohari, Ayu Utami, Paulo Coelho, Agatha Christie, dan masih banyak lagi. Wah senangnya, ada banyak buku yang belum kupunyai dan bisa kubaca dengan sepuas-puasnya. Ternyata meminjam buku dan membaca di perpustakaan online itu menyenangkan.

Aku pun membaca tiga buku tebal dan larut di dalamnya. Ada Set to a Watchman yang merupakan kelanjutan dari To Kill a Mockingbird. Buku karya Harper Lee ini sangat populer, berkisah tentang masalah rasial di sebuah negara bagian Amerika. Aku juga menuntaskan membaca buku novelis Indonesia favoritku, Ahmad Tohari yang berjudul Lingkar Tanah, Lingkar Air. Buku ini tentang masa-masa pemberontakan DI/TII. Buku Critical Eleven karya Ika Natasha pun kulahap. Aku curi-curi waktu, bahkan mengorbankan waktu tidurku. Duh membaca itu rasanya menyenangkan, pikiran bisa refreshing sejenak, melalang buana ke tempat-tempat dan menjelajahi kisah dalam buku tersebut.

iJakarta ini bisa diunduh melalui Google Play Store untuk smartphone berbasis android. Setelah di-install, maka masukkan nama dan alamat email. Setelah aktivasi maka Kalian disarankan untuk melakukan donasi terlebih dahulu. Donasi ini untuk membeli buku, nilainya juga terserah sesuai dengan buku yang ingin Kalian sumbangkan. Setelah itu bebas deh meminjam.

Sehari ada ketentuan maksimal tiga buku. Tapi aku pernah juga meminjam empat buku dan baru ditolak ketika akan menambahkan buku kelima. Jangan tamak kayak saya hahaha karena waktu peminjamannya dibatasi dua hari, setelah itu Kalian pun harus mengajukan pinjaman lagi. Jika salinan kosong, maka Kalian akan masuk daftar antrian.

Kalian bisa memberikan skor buku tersebut dan pendapat Kalian akan isi buku tersebut. Ini nanti akan berpengaruh ke badge Kalian, apakah pemula, kutu buku dan mereka yang suka bersosial.

Buku ini bisa dibaca secara offline, asal Kalian telah mengunduhnya. Aku coba membaca tanpa sambungan internet memang bisa sehingga aktivitas membaca tanpa terdistraksi membalas pesan dari apps chating ataupun berseluncur ke dunia maya.

Kalau saya sih sedang suka-sukanya baca novel klasik seperti Great Expectation. Tapi sayangnya baru baca 200 dari 600-an halaman. Wuih tebalnya.

Sejauh ini saya puas dengan iJakarta. Wah mudah-mudahan kategori komiknya makin bertambah.

 

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 21, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: