Tanda Tanya dalam Vanishing on 7th Street

Film Vanishing on 7th Street yang baru diputar di sebuah saluran televisi nasional menyisakan tanda tanya. Apa yang sebenarnya terjadi pada orang-orang yang menghilang di kota Detroit tersebut. Apakah mereka diculik alien ataukah diculik kegelapan itu sendiri?

Film yang diputar tahun 2010 di layar lebar ini mendapat rating buruk karena akhir filmnya yang kurang memuaskan banyak pihak. Ada banyak tanda tanya. Apa yang sebenarnya terjadi pada orang-orang yang ditelan kegelapan tersebut? Apakah fenomena aneh ini hanya terjadi di sebuah kota ataukah juga merembet ke kota lain?

Awal kisah menyoroti seorang petugas bioskop bernama Paul (John Leguizamo) yang berhubungan dengan proyektor di bioskop tersebut. Saat lampu bioskop padam dan kemudian menyala lagi, Paul terkejut karena mendapati seluruh penonton lenyap, hanya menyisakan pakaian. Ia selamat karena ada lampu sorot di kepalanya. Saat ia melakukan investigasi bersama penjaga bioskop yang juga selamat karena membawa senter, ia melihat kejadian itu dengan lebih jelas. Si penjaga lenyap setelah senternya mati. Si Paul sendiri kemudian was-was ketika lampunya mulai padam dan kegelapan menyelimutinya.

Hal serupa juga terjadi pada Luke (Hayden Christensen), seorang wartawan. Ketika terbangun ia mendapati seluruh jalanan sepi dan mobil-mobil ditinggalkan tanpa ada penumpangnya. Ia melihat kekasihnya lenyap dan seseorang di jalan lenyap ketika kegelapan menghampirinya. Ia menyadari jika waktu matahari bersinar semakin singkat. Ia pun berjuang mencari baterai dan menemukan orang yang selamat.

Di sebuah bar, Luke berhenti. Ia melihat bar itu menyala karena memiliki generator. Di sini ia bertemu remaja bernama James (Jacob Latimore), anak bartender. Ia mengaku menunggu ibunya yang belum pulang dari gereja. Kemudian masuk seorang wanita yang kebingungan mencari anaknya. Ia adalah Rosemary (Thandie Newton) seorang pekerja di rumah sakit. Ia bercerita seisi penghuni rumah sakit lenyap ketika lampu padam. Anaknya juga hilang di rumah dimana membuatnya frustasi. Anehnya ketiga orang ini kemudian menemukan Paul yang selamat.

Keempat orang itu sadar jika peluangnya semakin terbatas. Bahan bakar generator akan semakin habis dan bar akan padam. Mereka harus terus mencari pertolongan atau mencari sumber penerangan. Akankah mereka berhasil?

Film ini banyak mendapat hujatan. Akan tetapi saya sendiri lumayan menyukainya. Ada beberapa misteri di sini dan ada petunjuk di sana sini jika diperhatikan dengan seksama.

Pada awal film disebutkan jika ada koloni yang lenyap pada abad ke-16. Koloni Roanoke itu lenyap dalam semalam dan kemudian ada guratan tulisan CROATOAN di tempat tersebut ketika kapal tiba di tempat tersebut.

Dalam film terlihat ada sosok-sosok gelap seperti bayangan manusia sebelum kemudian kegelapan itu menyerbu dan membuat yang diserangnya menjadi lenyap dan hanya menyisakan pakaian. Jadi menurutku bayangan gelap itu adalah manusia yang sudah ditelan kegelapan, kemudian ia mengajak ‘teman’ berupa manusia yang berada di tempat gelap. Mereka dianggap hilang atau tewas di dunia nyata tapi di dunia yang gelap mereka masih ada, tapi entah bagaimana mereka hidup di dunia tersebut.

Di sini terlihat jika kegelapan itu hanya menyentuh kaum manusia. Para hewan seperti kuda masih hidup dan berkeliaran.

Dari segi akting Hayden yang namanya bersinar sebagai Darth Vader muda di prekuel Star Wars hanya berakting datar. Yang mencuri perhatian malah sosok Thandie Newton dan John Leguizamo sebagai Rosemary dan Paul. Musik skoringnya juga biasa saja, kurang mendukung atmosfer film yang misterius.

Film besutan Brad Anderson yang beken lewat film Machinist yang dibintangi Christian Bale ini sebenarnya menarik meski memang tidak bagus-bagus amat. Ceritanya dibiarkan menggantung dan penonton dibuat untuk berpikir pasca menontonnya. Benarkah kegelapan itu sesuatu yang menakutkan dan bagaimana jika matahari suatu saat benar-benar sekarat?

Detail Film:
Judul : Vanishing on 7 Street (2010)
Sutradara : Brad Anderson
Pemeran : Hayden Christensen, Thandie Newton, John Leguizamo, Jacob Latimore
Genre : Misteri, thriller
Skor : 7/10

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Juli 31, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: