Linkin Park, Xero dan Mark Wakefield

Linkin Park mulai populer lewat tembang Crawling. Sejak itu popularitas Linkin Park seolah tak terbendung dan penggemarnya semakin bejibun. Para penggemar sendiri, termasuk saya, sebagian besar mengira Chester Bennington dan Mike Shinoda adalah duo vokalis Linkin Park sejak awal berdiri. Tapi ternyata ada vokalis lain yang tidak populer. Ia bernama Mark Wakefield.

Nama Mark Wakefield kembali diperbincangkan pasca kematian Chester yang mengejutkan para fans. Menemani Mike Shinoda untuk tur dan agar Linkin Park tetap eksis, sebagian fans berharap Mark kembali bergabung bersama Linkin Park. Apalagi Mark dan Mike pernah berkolaborasi dalam lagu parodi Barack Your World yang dirilis tahun 2008. Lagu dan suara Mark memberikan corak lagu seperti lagu metal tahun 90-an.

Jauh sebelum Chester Bennington bergabung, Mark Wakefield menjadi vokalis utama bersama Mike Shinoda. Saat itu Linkin Park masih bernama Xero kemudian berubah nama lagi menjadi Hybrid Theory. Xero dibentuk tahun 1996, mereka kemudian merilis album demo berjudul Xero, namun tidak sukses.

Konon mereka bersiteru. Mark merasa frustasi atas kegagalan tersebut dan merasa lebih cocok di balik layar. Maka ia pun keluar dan menjadi manajer band Taproot.

Ketika ku mendengar lagu Barack Your World, kualitas suara Mark lumayan bagus. Memang tidak setinggi dan unik seperti Chester, tapi tidak buruk untuk vokalis sebuah band yang mengusung genre rock. Dan ketika bersama Mark, lagu mereka memang bernuansa heavy metal ala tahun 90-an.

Lagu-lagu dalam album demo Xero ada empat, yaitu Rhinestone, Reading My Eyes, Fuse, dan Stick N’ Move. Ada juga Ground Zero yang dikirim oleh Mark. Ground Zero ini ear catchy, di awal agak seperti lagu-lagu ala Pearl Jam dan Soundgarden digabungkan lagu punk seperti Simple Plan. Pada lagu ini karakter vokal Mark agak-agak mirip dengan vokalis Simple Plan. Intronya kepanjangan dan terdengar suram. Lagunya sedikit datar.

Lagu Rhinestone kemudian berubah menjadi Forgotten. Jika dibandingkan kedua lagu ini memiliki musik yang sama dengan bagian rap Mike yang juga sama. Tapi perbedaan karakter vokal Mark dan Chester membuat lagu ini terasa berbeda. Sama-sama bagus sih menurutku.

Setelah mendengar kelima lagu Linkin Park bersama Mark menurutku yang terkeren adalah Fuse. Fiuh musik dan cara Mike Shinoda ngerap kece banget. Di sini kemampuan Mike ngerap benar-benar tereksplorasi.

Selain album Xero, Mark membantu menuliskan lagu Runaway dan a Place for My Head. 

Kira-kira bersediakah Mark kembali ke Linkin Park jika diminta? Atau mungkin bakal ada audisi vokalis baru Linkin Park.

Gambar dari LastFM dan LinkinPark Wikia.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 10, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: