Kastil Penyihir Howl yang Unik dan Menakjubkan

Sebuah kastil yang nampak seperti makhluk hidup dengan memiliki mulut, gigi dan lidah setinggi 8.5 meter menarik perhatian pengunjung The World of Ghibli Jakarta. Kastil itu juga memiliki kaki yang penampakannya seperti kaki ayam. Ada banyak barang rongsokan menempel di sana sini. Bagi Kalian para penggemar anime Ghibli pasti tahu pemilik kastil unik tersebut? Ya, pemiliknya adalah Howl, seorang penyihir sakti dan tampan dalam Howl’s Moving Castle.

Dalam animenya yang dirilis tahun 2004 dikisahkan seorang penjahit topi bernama Sophie secara tak sengaja berpapasan dengan Howl lalu kemudian dikutuk olehnya menjadi seorang nenek-nenek. Kesal dan sekaligus penasaran akan sosok penyihir itu ia pun mencarinya dan kemudian berhasil masuk ke kastilnya dengan menyamar sebagai tukang bersih-bersih. Tapi di beberapa kesempatan, tubuh gadis mudanya kadang-kadang terlihat. Howl sendiri awalnya tidak mencurigainya tapi kemudian membiarkannya.

Howl sendiri mendapat masalah karena tidak mau bergabung dengan penyihir istana untuk membantu melawan tentara musuh kerajaan. Ia pun diburu. Selain itu kastilnya yang memerlukan energi api, Calcifer, untuk terus dapat bergerak, mulai kehilangan kekuatannya.

Kastil ini selain dapat bergerak juga memiliki keajaiban lainnya. Ia punya beberapa pintu, jika dibuka akan menuju ke beberapa tempat berbeda. Howl dan asistennya memang suka membantu masyarakat dengan obatan-obatan dan ramuannya. Sophie merasa penasaran dan mencoba membuka berbagai pintu tersebut.

Ceritanya menarik meskipun agak sedikit rumit. Sosok Howl digambarkan kehilangan kehangatan hatinya dan kemudian menjadi sosok yang susah dipahami. Ia rupanya memiliki hubungan dan perjanjian dengan hantu api, Calcifer, tersebut sehingga nampak dingin.

Film ini termasuk salah satu kisah favoritku karena gambarnya indah dan ceritanya imajinatif. Kisah ini diadaptasi dari novel karya Diana Wynne Jones berjudul sama.

Kastil di eksibisi Ghibli ini detail dan merupakan karya yang paling rumit. Menurut Bob Saputra, ketua tim pembuatnya, ia mengaku sangat gembira dan puas ketika berhasil menyelesaikan instalasi ini. Wah memang spektakuler sih dan pihak Ghibli juga memujinya.

Kredit: Ghibli

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 16, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: