Menjadi Animator dengan Kursus Animasi Online, Bisakah?

Keponakanku, Maia, pada suatu sore mengirimkan sebuah pesan kepada grup percakapan. Bukan gambar hasil corat-coretnya, melainkan animasi pendek. Animasi itu masih kasar dan gambarnya begitu sederhana. Meski demikian yang membuatku dan pasangan merasa takjub, karakter dalam animasi buatannya itu sudah memiliki ekspresi yang umum. Saat karakter itu tertawa, kesal, marah, atau sedih begitu terlihat. Keponakanku nampaknya memiliki bakat menggambar dan membuat animasi.

Adiknya, Kiara, juga ikut-ikutan. Ia juga mulai belajar menggambar secara ototidak. Ia lalu ikut-ikutan membuat animasi super pendek, yang hanya terdiri dari beberapa gambar. Animasinya sama seperti kakaknya masih sederhana dan hanya sekian detik. Namun aku mengapresiasinya. Aku sendiri tidak pandai menggambar, apalagi membuat animasi.

Pada era digital ini teknologi memang telah menyentuh anak-anak sejak dini. Anak-anak generasi Z telah bersahabat dengan teknologi, seperti komputer atau gawai seperti handphone, kamera digital, tablet dan sebagainya sejak mereka masih balita, atau mungkin malah sejak bayi. Oleh karenanya mereka lebih piawai dan luwes dalam beradaptasi dengan teknologi dibandingkan paman dan bibinya.

Mengetahui keponakanku suka akan ilustrasi dan komik, aku suka meminjamkan komik dan buku dongeng bergambarku ke mereka. Kakakku juga suka mengajak keduanya menonton film animasi seperti film-film produksi studio Ghibli yang banyak diputar tahun ini. Favorit mereka untuk komik adalah Miko, Doraemon, dan Little Ghost dimana unsur humornya juga banyak. Sedangkan untuk animasi kesukaan mereka adalah tentang putri Disney, Little Pony, Upin Ipin, dan si Ponyo dan Totoro dari animasi Ghibli. Gara-gara keseringan baca Miko dan nonton kartun itulah Maia kemudian terinspirasi menjadi seorang komikus dan animator. Wah menurutku keren juga anak-anak saat ini bisa menentukan cita-citanya sejak kecil. Aku dulu malah ketika sudah duduk di bangku kuliah masih bingung hendak jadi apa kelak.

Baca komik sambil belajar bikin komik strip

Totoro favoritku dan keponakanku

Kakakku dulu berniat mengursuskan anak-anaknya belajar menggambar. Namun meski masih kecil, keduanya lumayan sibuk. Sekolah mereka berlangsung hingga sore sekitar pukul 14.00-15.00, belum lagi jika ada kegiatan mengaji. Pekerjaan rumah juga banyak. Mereka sih nampaknya senang-senang saja dan tidak keberatan dengan aktivitas yang bejibun, tapi jika harus kursus ke tempat yang jauh maka waktu mereka di rumah bakal makin berkurang. Waktu bersama keluarga bakal makin terbatas.

Oleh karenanya ketika mendengar ada kursus komputer online yang juga menyediakan jasa kursus desain grafis online dan kursus animasi online, aku langsung teringat pada dua keponakanku itu. Nama penyedia jasanya adalah Baba Studio dimana mereka memiliki beberapa tempat kursus di Jakarta, seperti di Mal Semanggi Jakarta Selatan, Graha Cempaka Mas Jakarta Pusat, Ruko Sentra Gading Serpong Tangerang Selatan dan sebagainya. Lembaga kursus ini cukup berpengalaman dengan telah memberikan jasa kepada 15 ribu siswa selama 13 tahun mereka beroperasi. Namun, misalkan si siswa tinggal di lokasi nun jauh dan sulit untuk datang ke tempat kursus, mereka tetap bisa menimba ilmu karena sistem belajar-mengajar juga bisa ditempuh secara jarak jauh asal ada koneksi internet.

Ia baru bisa menggambar sedangkan untuk membuat animasi masih kesulitan

Menurutku sistem belajar seperti ini cocok bagi mereka yang tidak ingin terpatok pada waktu dan tempat. Kursus semacam ini pas bagi keponakanku yang tinggal di bilangan Lippo Cikarang, dimana di sana variasi kursusnya tidak sebanyak seperti di Jakarta. Dengan mengikuti kursus animasi online ini maka ia bisa belajar banyak hal seperti menguasai aplikasi yang pas untuk membuat animasi dengan praktis tapi hasilnya maksimal dan sebagainya. Berikut contoh video animasi karya murid Baba Studio.

Selain ketiga jenis kursus tersebut, Baba Studio juga menyediakan kursus SEO online dan kursus internet marketing online yang cocok bagi blogger sepertiku. SEO atau search engine optimization ini merupakan dasar-dasar yang sebenarnya perlu diketahui oleh seorang blogger atau content administrator agar artikelnya banyak dibaca orang dan tiba di tangan yang tepat. Sedangkan internet marketing online cocok bagi mereka yang ingin berjualan secara online, tidak hanya melalui marketplace ataupun memiliki situs e-commerce sendiri, melainkan juga dengan memanfaatkan sosial media dan menguasai strategi pemasaran online lainnya. Wah jadi tertarik nih menambah ilmu yang bisa kapanpun dan dimanapun.

Sumber gambar: dokpri, dok. Maia, dan dok. Babastudio

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada Agustus 30, 2017.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: