Pisang, Mudah Didapat Kaya Manfaat

Wahai pisang cavendish yang nikmat dan sehat, hari ini Kamu mau disantap langsung atau diolah dulu kah? Pisang cavendish dari Sunpride memang mantap. Rasanya enak dan kaya zat bergizi, bisa dimakan langsung setelah dikupas kulitnya, maupun diolah dulu untuk sarapan dan teman saat terasa lapar. Ia memang kawan setia untuk menemani keseharian.

Buah pisang sudah biasa kutemui di meja makan sejak aku masih kecil. Awalnya aku menganggap buah ini buah yang biasa saja karena hampir selalu tersedia. Buah yang murah dan merakyat.

Jika buah pisang bosan dimakan langsung, maka oleh ibu atau nenek kemudian diolah menjadi pisang bakar, pisang goreng ataupun kolak pisang. Sama-sama enak.

Baru ketika kenal Sunpride, aku baru paham manfaat lebih dari satu buah pisang. Apalagi buah Sunpride paling beken dan seolah-olah yang menjadi ikon Sunpride adalah pisang, terutama pisang cavendish. Sehingga ada julukan pisang pasti Sunpride. Sejak mengenal lebih dalam manfaat dari pisang Sunpride, aku menganggap buah pisang adalah salah satu buah yang istimewa. Buahnya enak, mudah didapat dan kaya manfaat.

Apa sih manfaat dari sebuah pisang? Ada banyak lho. Pisang itu kaya akan mineral dan vitamin. Pada sebuah pisang terdapat 15 persen vitamin C yang sangat baik untuk menjaga daya tahan tubuh. Pisang cavendish juga memiliki kandungan vitamin A,  E dan K. Vitamin A itu baik untuk daya penglihatan dan kekebalan tubuh,  vitamin E sebagai antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas dan mengatasi penuaan dini, ia juga berperan sebagai nutrisi kulit dan meningkatkan kesuburan pada pria dan wanita, sementara vitamin K itu bermanfaat untuk membantu tubuh mempercepat menyembuhkan luka (membantu pembekuan darah).

Sedangkan mineral yang dikandung dalam sebuah pisang yaitu zat besi untuk membantu pembentukan sel darah merah. Selain itu juga terdapat mineral berupa kalsium, kalium, fosfor, zinc, mangan, magnesium, dan selenium yang baik untuk pembentukan tulang dan gigi, serta pembentukan kerangka tubuh juga rambut. Selain mineral yang telah disebutkan, masih ada berbagai mineral lainnya yang terkandung dalam sebuah pisang.

Pisang juga mengandung zat dopamin dan serotonin yang pintar untuk membangun mood yang baik. Oooh makanya usai menyantap buah pisang rasanya aku senang, bahagia dan seharian berpikiran positif. Jadi makin produktif deh.

Selain itu, pisang mampu meningkatkan kekebalan tubuh dengan adanya zat tumor necrosis factor (TNF). Zat TNF ini mampu menangkal sel-sel kanker mematikan juga menghasilkan sel darah putih delapan kali lebih tinggi. Bagi perokok yang ingin menghentikan kebiasaan buruknya, pisang juga efektif sebagai kawan karena membantu mengurangi stress.

Pisang cavendish ini berpenampilan kuning cerah nan mulus yang menarik perhatian. Terkadang ada bintik-bintik hitam yang menandakan pisang itu matang dan manis.

Pisang cavendish itu menurutku yang paling mengundang selera karena penampilannya yang sedap dipandang dan rasanya yang lembut. Perpaduan masam manis yang pas yang disukai banyak kalangan. Buah ini enak disantap langsung, dicampur dengan buah dan bahan lainnya menjadi jus, dikombinasikan dengan cereal untuk sarapan pagi, atau diolah seperti yang biasa dilakukan oleh ibu dan nenekku. Pisang juga enak dibuat smoothie, campuran es krim, sebagai topping dalam seporsi yoghurt atau dibuat cake pisang.

Pisang selain enak dibuat sarapan pagi juga pas sebagai menu sahur karena juga mengandung karbohidrat, lemak, protein dan juga kaya serat. Pisang ini memiliki kandungan glukosa, fruktosa, dan sukrosa sehingga cepat mengganti energi yang telah menguap, namun di satu sisi penyerapannya lambat dan mengenyangkan. Alhasil pisang juga pas sebagai menu diet atau sebagai teman ketika lapar sebelum bertemu dengan nasi dan lauk pauknya.

Aku beberapa kali berkreasi minuman dengan bahan pisang cavendish. Di suatu saat kucampur separuh pisang dengan satu buah tomat tanpa gula, dimana rasanya jadi lebih segar. Di hari lain pisang kubuat jus dengan kopi instan plus susu, dimana hasilnya adalah jus kopi pisang susu yang mantap dan mengenyangkan. Enak diseruput saat pagi hari atau jelang pulang kerja pada jam-jam rawan kantuk.  Pada jus kopi dan pisang terdapat perpaduan rasa kopi yang sedap dengan aroma khasnya dan rasa pisang yang lembut. Kopi pisang ini juga efektif membangkitkan mood baik dan cocok bagi penggemar minuman kopi.

Harga pisang cavendish ini menurutku terjangkau dan bisa dibeli di pasar maupun supermarket. Kalian bisa membelinya satuan (single), dua buah (finger), atau dalam satu sisir (cluster). Harga pisang cavendish Sunpride cluster kubeli di supermarket di Depok Mall adalah berkisar belasan ribu.

Di agen-agen Sunpride di dekat rumah juga dijual pisang cavendish karena peminatnya memang paling banyak. Menurutku hal tersebut merupakan hal yang positif karena akan semakin banyak yang sehat dan senang karena pisang itu bikin happy. Jika warga selalu merasa bahagia maka pikiran jahat dan rasa malas akan bisa tersingkir dengan sendirinya. Yuk tambahkan pisang dalam menu keseharianmu.

Iklan

~ oleh dewipuspasari pada September 5, 2017.

2 Tanggapan to “Pisang, Mudah Didapat Kaya Manfaat”

  1. jadi lebih banyak tahu tentang pisang nih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: